OUR NETWORK

Oleh-Oleh Khas Mahakam Ulu

Sampe

Sumber: Instagram @Nuansatuproject_domi

Sampe adalah salah satu alat musik tradisional Mahakam Ulu. Dalam bahasa Dayak Sampe artinya memetik dengan jari. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik sama seperti gitar, hanya saja bedanya memiliki gagang yang lebih pendek.Senarnya dibuat dari serat pohon Enau. Pada bagian ujung Sampe yang dihiasi dengan banyak ukiran yaitu kepala Burung Enggang.

Jika anda termasuk yang suka mengoleksi alat musik tradisional atau pandai bermain gitar, maka Sampe wajib untuk dibeli. Selain itu ada juga Sampe dalam bentuk miniatur yang keren dan lucu-lucu cocok untuk nangkring di ruang tamu atau kamar anda.

Roti Mantau

Sumber: Instagram @Cyndimaria82

Roti ini digoreng sampai kering dan terasa sangat renyah dibagian luar, namun lembut dibagian dalam. Biasanya Roti Mantau dicocol dengan saus lada hitam ataupun saus balado.

Harganya pun tidak terlalu mahal, anda bisa mendapatkan 1 porsi berisi 10 Roti Mantau dengan harga dibawah 50K saja. Harganya akan jauh lebih tinggi jika anda juga membeli dengan saus cocolannya,

Amplang Ikan

Sumber: Instagram @Warisandriedfood

Sesuai namanya amplang ini terbuat dari bahan dasar Ikan Pipih. Walaupun sekarang sudah banyak yang menjajakan amplang dari Ikan Tenggiri, namun amplang dari Ikan Pipih dua kali lipat lebih enak dan gurih. Anda bisa membeli amplang ikan sebagai camilan selama perjalanan ataupun sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah

Onde-Onde Ubi Ungu

Sumber: Instagram @Rotikuebolu

Selama ini mungkin anda lebih mengenal Onde Onde yang terbuat dari tepung, namun jika pergi ke Mahakam Ulu maka akan berkenalan dengan Onde-Onde versi baru yaitu dari ubi ungu, dan yang membuatnya lebih istimewa lagi wijen yang dipakai pun adalah wijen hitam.

Rasa Onde-Onde ini tidak perlu diragukan lagi, karena mampu menghadirkan cita rasa yang sangat lezat. Selain itu, tersedia juga beragam toping yang dioles atau ditaburkan di atas Onde-Onde seperti kacang hijau, keju dan cokelat.

Kepiting Tauco

Sumber: Instagram @Queenollay1023

Kalimantan Timur memang kaya akan hasil lautnya. Salah satu yang menjadi favorit masyarakat Mahakam Ulu adalah Kepiting Tauco, yang penampakannya dapat anda lihat seperti gambar di atas. Terlihat menggiurkan bukan?

Rasanya sangat lezat, terlebih ketika anda mengigit daging kepiting yang sudah dilumuri sambal pedas, uh, pasti bikin nagih, deh. Lidah anda pun pasti menyukainya. So, jangan lupa dibungkus untuk oleh-oleh, ya.

Kue Akar Sampai

Kue Akar Sampai termasuk ke dalam varian kue kering. Bentuknya menyerupai akar kelapa. Berbeda dari daerah lain, Kue Akar Sampai khas Mahakam Ulu ini rasanya lebih gurih dan manis karena melibatkan bahan dasar kelapa yang tumbuh disekitar pantai. Menurut pendapat para pelancong yang sudah mencicipinya, rasa kelapa yang tumbuh di Mahakam Ulu memiliki cita rasa khas tersendiri, loh.

Keripik Ubi Jalar

Sumber: Instagram @Vshopsnack12_

Keripik ini terbuat dari ubi jalar yang diperoleh dari hutan di Mahakam Ulu. Ubi tersebut diiris tips lalu digoreng setelah dibumbui. Rasanya asin dan memiliki aroma bawang yang gurih. Termasuk jajanan sehat sebab kandungan ubinya kaya akan gizi dan nutrisi.

Batu Mulia

Sumber: Instagram @Borneogemstone123

Jika buah tangan seperti gantungan kunci sudah biasa, maka membawa buah tangan batu mulia tentunya lebih istimewa. Di Kaltim memang banyak pengrajin batu mulia, diantaranya mereka berasal dari Mahakam Ulu.

Bentuk batu mulia bermacam-macam. Begitu pula dengan harganya. Tidak hanya hadir dalam bentuk batu namun juga cincin dan  kalung. Warnanya pun sangat beragam. Setidaknya ada dua jenis, yaitu batu mulia masak yang terbuat dari bahan campuran lalu diukir hingga tampilannya terlihat sangat cantik dan elegan, dan batu alami yang terbuat oleh alam dengan sisi keindahan yang begitu memikat. Sesuaikan saja dengan keinginan anda.

Bingka Kentang

Sumber: Instagram @Qhiqhio

Bingka ini terbuat dari bahan dasar kentang. Bentuknya seperti mahkota bunga. Dengan tektur yang lembut dan rasa yang lezat, sangat wajar jika makanan ini menjadi idola masyarakat Mahakam ulu. Walaupun Biasanya Bingka Kentang hanya dijumpai pada saat bulan puasa saja, tapi sekarang sudah banyak di toko oleh-oleh.

Gence Ruan

Sumber: Instagram @Dunia.etam

Memiliki warna yang merah merona sehingga membangkitkan selera makan, itulah pesona Gence Ruan.  Gence artinya sambal goreng dan Ruan artinya Ikan Gabus, jika digabung maka artinya Ikan Gabus yang dibakar kemudian disiram sambal goreng pedas.

Rasanya tentu saja saja pedas, namun hadir juga sensasi manis dan asam yang tipis dari bumbu yang meresap ke dalam ikan. Harganya juga sangat bersahabat, satu kotak Gence Ruan dibawah 50K saja

Comments

Loading...