OUR NETWORK

Pasar Kaget Binjai yang Bikin Lupa Waktu!

Sumber Gambar: tempatwisataseru.com

Jalan-jalan naik Bajai, macetnya bikin si Abang greget! Yuk jalan-jalan ke Binjai, dan jangan lupa ke Pasar Kaget!

Sumber Gambar: travelingyuk.com

Ini dia yang bikin Warga Binjai betah nongkrong sampai malam hari tanpa liat jam alias lupa waktu, Pasar Kaget Sumatra Utara, Binjai. Tepatnya pasar ini berlokasi di Jalan Jendral Ahmad Yani No. 172, Pekan Binjai, Binjai Kota, Sumatra Utara 20713.

Pasar ini terkenal dengan ramainya para pedagang yang menjual produk dan jasanya dengan harga rakyat tapi kualitas dan rasanya super nikmat, hihi. Para pedagang akan mulai buka lapak sekitar pukul 5 sore hingga 12 malam tiap harinya, jadi di jam 4 sore para pedagang sudah mulai mempersiapkan ini dan itu. Terkhususnya di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu Pasar banjai akan ramai dengan anak-anak milenial yang mencoba melepas penat dengan teman senasibnya.

Adapaun para pedagangnya menjual berbagai macam pernak pernik, fashion, dan yang menjadi favorit para pengunjung adalah wisata kulinernya karena menyajikan berbagai macam makanan dan minuman unik dan lezat. Kurang lebih jumlah para pedagang berkisar ratusan kaki lima saat ini. Dan yang mendominasi memang si para pedagang kulinernya.

Nah, kamu mau tau beberapa kulineran andalan di Pasar Kaget Binjai ada apa saja? Yuk cobain!

1. Martabak Mesir

Sumber Gambar: Wikipedia

Ini dia, cemilan rekomendasi dari Anak Medan. Martabak sederhana yang diolah dengan beberapa jenis sayur seperti bombai, daun bawang, irisan cabai dan sedikit cincangan daging. Yang unik dari martabak mesir ini, sipedagang menggunakan kuah kari. Wah, kaya apa ya rasanya? Untuk pilihan daging kamu bisa request Guys!

2. Kerang Rebus

Sumber Gambar: Tripadvisor

Malam-malam sambil ngobrol sambil ngemil kerang rebus, wuah pasti nikmat banget ya. Belom lagi sepoy-an angin malam kota binjai, dijamin bikin males pulang hihi. Kerang rebus ini enaknya dicocol dengan sambal nanasnya yang manis-manis asam. Harga kerang rebus berkisar belasan ribu rupiah.

3. Roti Canay

Sumber Gambar: Facebook @Warong Makan De Binjai

Meski roti canay adalah makanan khas India, tapi rasa lokal Roti Canay di Medan tidak kalah enaknya loh.Karena racikannya menggunakan telur, sayur-sayuran, dan berbeda dari roti canay biasanya. Harganya pun terbilang standart murah dan berbeda jauh dari harga restoran. Warga medan sering menyebutnya Roti Jala.

4. Kodok Hijau Goreng

Sumber Gambar: Cookpad.com

Masyarakat Medan meyakini kalau Kodok bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, jadi banyak sekali peminat si kodok Hjau Goreng satu ini. Kalian kudu wajib sabar antri buat cobain menu satu in ya. Harganya hanya Rp 35.000/ porsi. Dagingnya super empuk, dan kokinya sungguh piaway loh!

5. Menu Minuman

Sumber Gambar: Instagram @
tekotarik

Nah untuk minumannnya kamu harus cobain Bandrek/ TST (Teh Susu telur), racikan minuman teh yang dicampur dengan susu dan telur. Supaya pas, bandrek dipasangkan dengan jagung susu kental manis, wiw!

Selain Bandrek, ada juga kedelai hangat yang perlu kamu cobain gengs. Biar gak masuk angin begadangnya hihi. Harga Kedelai hangat Cuma Rp 1000 loh. Manteb kan?

Pada tahun 2014 silam, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Langkat telah membagikan 10 unit tenda secara gratis untuk para pedagang di Pasar Kaget Binjai. Ukuran tenda sepanjang 4×8 meter ini diperkhususkan untuk para pedagang kuliner, yang akan cukup menampung sebanyak 23 pedagang. Jadi jangan khawatir, biar dikaki lima tapi tetap nyaman dan bersih kok!

Bantuan ini juga sebagai bukti kepedulian pemerintah terhadap para pelaku usaha kecil khususnya pedagang kaki lima kuliner, dan sebagai bukti akan keedulian Pemerintah terhadapa wisata kota Indonesia yang perlu dibaharui untuk menarik para wisatawannya. Yuk ajak geng kamu kulineran hemat disini!

Sumber Gambar: tempatwisataseru.com

Tidak hanya pusat perbelanjaan, Pasar Binjai juga menyediakan aneka permaian sederhana yang diperuntukan untuk anak-anak usia dini. Seperti bianglala ukuran mini, ayunan, serta kursi mainan goyang yang bakalan bikin sikecil juga betah nongkrong di Pasar Kaget satu ini. Ayah dan Bunda juga bisa menikmati malamnya kota Binjai bersama sikecil dengan mobil/ kereta alun-alun loh, dimana para drivernya siap menemani mu untuk mengitari Pasar Binjai sampai melewati Lapangan Merdeka. Sambil dialun-alun, sambil tonton aktvitas hiburan rakyat juga ya.

Setelah puas kulineran, yuk nonton hiburan rakyat. Hiburan Rakyat seperti tari-tarian khas Sumatra Utara yang dikombinasikan dengan pakaian adatnya adalah tontonan ritual paling digemari oleh Masyarakat Binjai. Diharapkan dengan adanya hibuan rakyat ini mampu memperkenalkan adat isitiadat kepada para generasi. Tidak jarang tari-tariannya juga dimainkan oleh anak-anak usia dini yang memang sudah dilatih oleh sebuah sanggar tari-tarian. Dan FYI, semua pertunjukan disini Free tanpa pungut biaya loh.

Yap! Ini dia tongkrongan hemat anak muda di Medan, hihi. Tapi gak hanya anak muda kok, dari anak kecil sampai orang tua pun hobi banget kemari. Yuk sisihkan watu berkunjung ke Pasar Kaget di Binjai! Jangan lupa pasang alarm ya. LOL.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…