OUR NETWORK

Gunung Sorik Marapi, Keistimewaan di Balik Sebuah Perjuangan

Sumber Gambar: correcto.id

Menjelajah Indonesia memang membutuhkan waktu yang panjang. Karena kondisi geografis dan bentang alamnya yang membuat negeri ini wajib untuk dijelajahi dari sudut ke sudut. Hampir semuanya indah tidak hanya diatas puncaknya saja melainkan, di bawah lautnya yang tidak boleh dilewatkan.

Di Sumatera Utara saat ini sedang viral sebuah lokasi wisata dengan pesona kawah biru nan apik. Menghadirkan pemandangan khas Indonesia. Hanya saja, anda harus mempersiapkan tenaga lebih untuk bisa menikmati keindahan abadi Gunung Sorik Marapi.

Mengenal Gunung Sorik Marapi

Sumber Gambar: Instagram @adventure_sumut

Bisa di bilang ini adalah Gunung kebanggaan warga Sumatera Utara yang konon katanya memiliki jalur pendakian yang cukup menantang dan menguras tenaga. Tetapi, setelah sampai di atas, kita akan disajikan dengan suguhan luar biasa. Sehingga, semua keringat dan lelah akan terbayar lunas.

Sumber Gambar: plesirankotatua.blogspot.com

Termasuk dalam kategori gunung  berapi aktif sehingga, saat mendaki ke sana anda diwajibkan membawa masker agar terhindar dari sengatan belerang yang cukup menyengat. Ketinggiannya mencapai 2.145 mdpl. Menurut Catatan sejarah Gunung Sorik Marapi pernah meletus sebanyak tujuh kali. Dimana, letusan terakhirnya terjadi pada tahun 5 Juni 1986

Alamat dan Rute Lokasi

Sumber Gambar: Instagram @vsco_sumut

Gunung Sorik Marapi terletak di Taman Nasional Batang Gadis, Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Ada beberapa jalur yang bisa kita tempuh menuju ke objek wisata ini.

Bila anda dari medan, Gunakan bus umum jurusan medan – panyabungan. Lalu, turun di simpang jembatan merah. Selanjutnya, gunakan angkutan kota atau desa dengan jurusan Panyabungan – Desa Sibanggor Julu. Total perjalanan yang anda butuhkan untuk rute ini kurang lebih 12 jam hingga 15 jam lamanya.

Harga Simaksi

Sumber Gambar: Instagram @m.zulfahmisyahputra_17

Untuk mendaki Gunung Sorik Marapi memang tidak dibutuhkan biaya untuk tiket masuknya. Tetapi, dibutuhkan perizinan yang cukup rumit. Sehingga, setelah tiba di Desa Sibanggor Julu kita wajib melaporkan diri ke kepala desa.

Ada sejumalh peraturan yang wajib ditaati. Peraturan ini dibuat karena, Gunung yang dianggap keramat. Sehingga, melanggar aturan sama saja dengan bunuh diri. Warga sekitar percaya bila ada norma yang di langgar gunung ini akan mengamuk dahsyat. Gempa akan terjadi tanpa henti bahkan letusan dahsyat pun juga bisa terjadi.

Untuk memastikan para pendaki mematuhi norma tersebut anda diwajibkan membawa pemandu. Harganya antara 300 ribu hingga 400 ribu rupiah.

Jalur Pendakian

Sumber Gambar: wartawisata.id

Gunung Sorik Marapi hanya mempunyai satu jalur pendakian saja. Dengan Track yang cukup curam dan tajam dengan sudut kemiringan kurang lebih 70 derajat. menuju puncak yang membutuhkan waktu kurang lebih 5 sampai 7 jam ini. Kita akan disuguhkan dengan beberapa pesona seperti bekas galian tambang belerang.

Menariknya, sebelum kita memasuki hutan kita disarankan untuk mengumandangkan adzan sebagai tanda bahwa kita akan memasuki area hutan tropis yang mengesankan. Disini pula ada rotan yang saat anda potong akan mengeluarkan air yang rasanya tawar tetapi sangat menyegarkan.

Untuk membantu anda dalam mendaki, pihak pengelola sudah memberi tanda pita merah yang bisa anda ikuti agar tidak keluar dari jalur. Ada pula tumbuhan pandan dan perdu yang bisa menjadi teman selama perjalanan menuju ke atas puncak.

Siap fisik dan mental anda karena, ada sebuah jalan yang hanya bisa dilalui dengan cara merangkak, menunduk, serta merayap. Ada juga kerikil-kerikil yang bila diinjak akan jatuh ke bawah, bila tidak hati-hati anda akan terjatuh. Sungguh, Jalur pendakian yang tidak mudah memang.

Pesona Puncak

Sumber Gambar: correcto.id

Setelah melewati berbagai macam rintangan yang ada di depan mata. Akhirnya, sampai juga di puncaknya. Dimana, kita bisa melihat sebuah kawah belerang berwarna putih. Selain itu, seluruh rumah di Desa Sibanggor Julu juga tampak mempesona.

Sumber Gambar: brilio.net

Di sekitar kawah pula, ada sebuah mata air yang rasanya cukup asam bila diminum. Penduduk sekitar pun percaya bahwa air minum ini adalah obat yang oaling mujarab.

Tidak hanya keindahan alamnya saja yang memang bisa anda nikmati. Melainkan, pesona rumah adat yang terbuat terbuat dari kayu berbentuk rumah panggung. Beratapkan ijuk dan terawat dengan baik.

Jadi, masih enggan berkunjung ke salah satu surganya Mandailing Natal? Satu lagi yang harus diingat. Bila, Gunung Sorik Marapi ini tidak boleh didaki oleh perempuan. Karena, adat dan peraturan.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…