in

Warung Koboi Baturaden, Cita Rasa “Ndeso” Yang Siap Menggoyangkan Lidah

Sumber Gambar: Google Maps @Robert Silaen

Mendengar namanya mungkin sebagian besar orang bingung dan terheran – heran. Nama “Warung Koboi” seolah – olah menjadi perbincangan karena namanya unik dan agak asing terdengar bagi sebagian orang. Warung Koboi merupakan warung makan yang tak jauh berbeda dari warung makan pada umumnya. Warung Koboi terletak di daerah Baturaden, Banyumas.

Banyumas nampaknya menyimpan banyak sekali list wisata kuliner dengan nama yang unik di dengar serta khas dari mulai pengolahannya hingga penyajiannya. Tak heran jika dari waktu ke waktu daerah ini semakin berkembang sehingga menarik banyak wisatawan pula.

Daerah Banyumas yang sejuk pun mungkin menjadi salah satu nilai plus bagi para wisatawan. Apalagi jika wisatawan yang datang ke Banyumas dapat menyempatkan diri berkunjung ke daerah wisata Baturaden. Daerah wisata Baturaden terkenal dengan banyaknya warung makan yang menjual mendoan. Memang tak heran tempat wisata Baturaden menjadi spot favorite warga lokal untuk mengisi waktu luang dengan menyeruput teh hangat sembari menyantap mendoan kriuk ditemani udara yang sangat dingin.

Selain terkenal dengan warung mendoan ternyata di Baturaden pun ada sebuah warung makan unik yang dikenal dengan Warung Koboi. Yuk kita simak ulasan berikut tentang Warung Koboi Baturaden!

Warung Koboi

Sumber Gambar: Google Maps @Eko Nurhadi

Warung makan ini terlihat tak begitu besar dan nampak seperti warung makan rumahan pada umumnya. Warung Koboi menyediakan menu makanan rumahan khas ndeso.

Warung Koboi sendiri sudah buka sejak tahun 80 an di tempat yang sama hingga saat ini. Bagi wisatawan yang mungkin baru pertama kali kesini mungkin heran mengapa dinamakan dengan Warung Koboi namun ternyata sang pemilik pun juga tidak tau pasti mengapa warung makannya dikenal dengan Warung Koboi karena yang mencetuskan nama tersebut adalah para pelanggan yang sudah sering makan di warung ini. Untuk menu disini terlihat tak terlalu banyak namun rasanya sungguh lezat terbukti dari banyaknya pengunjung yang selalu datang kembali ke tempat ini.

Sumber Gambar: Google Maps @nayz denay

Menu yang disediakan di warung ini hanya seperti nasi putih, sayur pakis, sayur nangka, sayur oseng kacang panjang, petai goreng, tahu, tempe dan menu andalannya yakni ayam goreng tak lupa dengan sambal ulek. Ayam goreng di warung ini terkenal enak karena jenis ayam yang digunakan adalah ayam kampun dan penyajiannya patut diacungi jempol karena akan disajikan dalam keadaan panas. Ayam goreng di warung ini sebelumnya telah direbus terlebih dahulu lalu akan digoreng ketika ada pesanan. Keunikan lainnya yaitu tempe yang disediakan disini adalah tempe hitam atau tempe yang terbuat dari benih kedelai Malika yang biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan kecap.

Di warung ini sistem memesannya terbilang cukup unik karena ketika traveler datang maka cukup menyebutkan berapa jumlah orang yang datang dan nantinya akan dibuatkan hidangan sesuai dengan jumlah orangnya.

Sumber Gambar: Google Maps @higia agustina

Misalnya, jika traveler datang membawa keluarga besar sebanyak 10 orang maka sang pemilik akan menyediakan hidangan sesuai untuk 10 orang per porsi untuk tiap menu nya. Namun, khusus untuk ayam goreng hanya dihitung berdasarkan berapa jumlah yang dimakan. Jika porsi 10 orang akan diberika 20 potong ayam goreng namun yang di santap hanya 8 saja maka yang dihitung hanya 8 potong ayam tersebut.

Semua menu di Warung Koboi benar – benar berbeda dari warung makan lain karena cita rasa nya tak dapat dibohongi. Sajian nya semua diolah secara tradisional langsung di dapur yang juga berada tepat di area belakang dari warung ini. Alat – alat memasaknya pun masih tradisional seperti kayu bakar sehingga cita rasa ndeso pun akan terasa di lidah penikmatnya.

Sumber Gambar: Google Maps @Chya Achyca

Mengenai harga nya ternyata sang pemilik tak mematok harga untuk hidangan selain ayam goreng. Sang pemilik hanya akan menghitung jumlah porsian ayam goreng serta minuman alias gratis untuk menu seperti sayur pakis, sayur nangka, sambal, petai goreng, serta tahu dan tempe. Harga ayam goreng dengan nasi per 1 porsi dihitung Rp 15.000 sudah lengkap dengan sajian tahu dan tempe 1 porsi, aneka sayur dan sambal.

Jangan lupa untuk memesan teh manis hangat atau pun juga Kopi Jowo untuk melengkapi makan traveler di warung ini.

Warung Koboi berlokasi di sekitar daerah wisata Baturaden tepatnya di Dusun I Karangmangu, Baturaden persis di belakang Restoran Pringsewu Baturaden. Buka mulai pukul 09.00 pagi hingga 20.00 malam tak heran jika mulai dari waktu makan pagi, makan siang hingga makan malam warung ini ramai dikunjungi pelanggan.

Jika traveler sudah kenyang menyantap hidangan rumahan di Warung Koboi maka traveler wajib menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata di daerah Baturaden yang lokasinya tak jauh dari warung ini. Suasana dinginnya Baturaden pasti akan membuat traveler merasa relax dan rasanya ingin datang kembali.