Riam Bedawan, Perjalanan Sebenarnya Menuju Surga Di Landak

Kabupaten Landak menjadi tempat selanjutnya di Kalimantan yang bisa kamu kunjungi. Dimana, kamu bisa melihat eloknya Riam Bedawat atau Air Terjun Bedawan yang menyajikan keindahan yang luar biasa berbeda dari tempat lainnya.

Sumber: Instagram @rioharismannn

Tempat ini memang masih sangat tersembunyi. Hal ini ditunjukkan dengan ditemukannya kawasan ini akibat para pekerja yang selalu mencari kayu. Mendengar suara angin yang bergemuruh. Kemudian, melalui cerita, kawasan ini saat ini menjadi sebuah objek wisata seperti saat ini.

Mengenal Riam Bedawat

Objek wisata ini pasti tidak akan membuat kamu lupa. Mempunyai keindahan yang sangat menawan dengan hadirnya tingkatan yang berjumlah 7. Kondisi alamnya memang sangat mengesankan. Apalagi, bagi kamu yang menyukai fotografi. tempat ini memang layak digunakan sebagai tempat tujuan.

Sumber: Instagram @pejalan.pelan

Objek wisata ini berada di ketinggian kurang lebih 200 mdpl sampai 400 mdpl. Tidak heran bila banyak para petualang mencoba untuk menaklukkan kawasan ini. Selain menantang, udaranya cukup bersih, membuat stress kamu sedikit berkurang.

Cara Menuju ke Riam Bedawat

Objek wisata ini terletak di Desa Dange Aji, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Bila kamu memulai dari Kota Ngabang kamu akan menempuh waktu kurang lebih 3 jam lamanya menuju ke Desa Dange Aji. Bila kamu naik kendaraan, silahkan titipkan kendaraan kamu ke Dange Pijang.

Sumber: Instagram @pantatbotolx

Dari sini, kamu sudah harus mempersiapkan tenaga, berjalan hingga ke Dange Aji lalu menuju titik lokasi kurang lebih menempuh waktu 4 jam 15 menit sampai 5 jam 25 menit.

Daya tarik

Sumber: Instagram @kusnardi_70

Selama perjalanan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang cukup lebat. Dengan udara sejuk dan dingin yang kadang menghinggap. Selain itu aliran sungai juga harus kamu lalui. Tetapi berbeda dengan yang di perkotaan, sungai disini sangat bersih dan asri lho.

Pepohonan ini seperti sebuah kanopi, dimana kamu bisa melihat betapa indahnya tanaman anggrek langsung dari alam. Ada juga pohon perdu yang bisa kamu nikmati. Setibanya di titik lokasi, kamu bisa melihat surga yang tidak pernah ingkar.

Sumber: Instagram @sabar_hutapea

Pemandangan bebatuan kecil yang merupakan Sungai Bedawan. Dengan tebing menjulang tinggi. Debit airnya cukup deras, dan sangat segar bila tersentuh oleh kulit. Bagi kamu yang beruntung, kamu bisa melihat Burung Enggang yang akan bertengger di Riam tersebut.

Bagi kamu yang menyukai kegiatan memancing, jangan lupa bawa kail pancingnya. Di sepanjang aliran sungai dari air terjun ini, kamu bisa menemukan ikan Tangis yang merupakan spesies endemik. Hanya saja, jangan diburu semuanya ya.

Tips Menuju ke Riam Bedawan

Sumber: Instagram @haryanto_ryan123

Baiklah ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat ingin menjelajah kawasan ini. Pertama adalah fisik kamu Maklum saja, perjalanan panjang bisa mencapai 9 jam lamanya, membuat tenaga dan fisikmu pasti akan terkuras habis. Jangan lupa bawa air minum berlebih, karena disini belum ada warung sekali pun.

Jangan pernah memaksakan untuk jalan. Kontur yang bergelombang dan sedikit tanjakan naik serta turun akan menguras tenaga. Bila istirahat jangan sampai duduk, cukup berdiri dan mengatur nafas. Cukup 5 menit saja maksimal 10 menit agar kamu punya tenaga kembali. 

Bila terlalu lama, rasa malas akan menghinggap sehingga kamu gagal menuju ke tempat ini. Perhatikan benar langkahmu, karena jalanannya sedikit licin, apalagi setelah kamu melewati aliran sungai.

Sumber: Instagram @nekadtraveler__

Bawalah baju ganti, tempat ini menyusuri aliran sungai yang membuat kamu basah kuyup. Hati-hati dengan kehadiran pacet atau lintah yang cukup banyak. Selanjutnya, persiapkan perlengkapan selengkap mungkin. Termasuk juga obat-obatan sendiri dari rumah.

Perjalanan yang cukup jauh ini membuat kamu diwajibkan untuk membawa tenda dan bermalam di tempat ini. Karena, terlalu berbahaya bila melanjutkan perjalanan di tengah malam menyusuri hutan. Kalau sudah sampai sini, jangan lupa telusuri jalan ke atas lagi menuju ke Riam Unga yang menempuh waktu sekitar 3 jam dari Riam Bedawan.

Kesimpulan

 

Riam Bedawat menjadi saksi dimana, Indonesia masih mempunyai keindahan yang tersembunyi di dalam hutan. Belum semua bisa dieksplor dengan baik. Bagaimana, sudah siap menjelajah Riam Bedawan yang kurang lebih menempuh waktu hampir 12 jam ini?

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.