Tidak Mau Diganggu Oleh Binatang Liar Saat Berkemah? Ini Tips Yang Dapat Kalian Lakukan!

Berkemah merupakan aktivitas menyenangkan yang kalian lakukan di alam liar yang terbuka, sehingga tidak aneh jika terkadang kalian bertemu dengan binatang liar. Mungkin jika kalian bertemu dengan hewan – hewan seperti kelinci atau burung, kalian tidak akan merasa “terancam”. Akan tetapi berbeda jika hewan yang kalian temukan adalah hewan dengan ukuran yang cukup besar anggap saja seperti babi hutan.

Tentu saja, kalau begitu kalian tidak hanya merasa terganggu tapi juga terancam apalagi bagi kalian yang baru pertama kali mengalaminya. Walaupun cukup jarang terjadi akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika acara berkemah kalian diganggu oleh hewan liar yang memang habitatnya berada disana.

Agar tidak ada hewan – hewan liar yang mengganggu aktivitas berkemah kalian tentu saja harus memperhatikan beberapa hal saat ingin berkemah. Dan untuk membantu kalian, di bawah ini akan kami berikan kalian beberapa tips yang dapat kalian gunakan. Kalian penasaran? Kalau begitu, ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Dirikan Tenda Sebelum Matahari Tenggelam

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: Sunset Magazine

Penting bagi kalian untuk menghitung waktu pendakian kalian dengan baik karena kalian tidak ingin berakhir dengan mendirikan tenda pada malam hari. Tidak hanya membuat kalian sulit untuk mendirikan tenda milik kalian karena minimnya cahaya akan tetapi dapat menyebabkan gangguan dari hewan. Saat kalian membangun tenda pada malam hari, akan membuat hewan liar menjadi penasaran dengan apa yang kalian lakukan.

Apalagi di alam liar ada begitu banyak hewan – hewan yang memang aktif pada malam hari dan membuatnya dapat mengganggu aktivitas berkemah kalian.

Pilih Lokasi Berkemah Yang Tepat

Sumber Gambar: Huck Adventures

Saat kalian berkemah ada beberapa lokasi yang perlu kalian hindari sehingga kalian akan terhindar dari gangguan hewan liar. Lokasi tersebut adalah tempat yang dipenuhi dengan rumput yang lebat, jauh dari jalur pendakian hingga terlalu dekat dengan sumber air. Daerah yang dipenuhi dengan rumput yang lebat merupakan habitat dari hewan melata seperti ular.

Sedangkan hewan – hewan cenderung berada di dekat sumber air karena mereka akan datang untuk minum. Mungkin mereka tidak dengan sengaja untuk mengganggu kalian dan hanya ingin minum saja. Akan tetapi karena rasa penasaran dari hewan – hewan tersebut aktivitas berkemah kalian akan terganggu dan membuat kenyamanan kalian berkurang.

Jangan Gunakan Parfum Yang Baunya Kuat

Sumber Gambar: Freepik

Jika kalian ingin menghabiskan aktivitas berkemah kalian dengan nyaman maka jangan gunakan parfum yang baunya kuat. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali hewan yang memiliki penciuman yang sangat tajam. Dan jika mereka mencium ada bau asing di daerah yang sudah mereka tandai maka mereka akan mendatangi sumber aroma tersebut. Tentu saja hal tersebut akan sangat mengganggu kalian yang sedang ingin menikmati aktivitas berkemah kalian dengan tenang.

Jangan Meninggalkan Sisa Makanan

Sumber Gambar: Houston Methodist On Health

Sisa makanan juga menjadi salah satu alasan kenapa ada hewan liar yang “mengganggu” aktivitas berkemah kalian. Seperti yang sudah kami singgung di atas jika ada banyak hewan yang memiliki penciuman yang tajam. Hewan – hewan ini biasanya akan tertarik dengan aroma sisa – sisa makanan yang kuat.

Oleh sebab itu selalu bersihkan sisa makanan kalian sebelum kalian mulai tidur sehingga tidak akan menarik perhatian hewan – hewan liar. Kalian dapat memasukan semua sisa makanan yang tidak termakan di sebuah wadah seperti kantong sampah. Agar lebih aman lagi cari pohon – pohon disekitar kalian dan gantungkan sampah berupa sisa – sisa makanan milik kalian.

Akan tetapi, jangan lupa untuk membawa turun sampah kalian tersebut dan membuang di tempat sampah yang sudah disediakan.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kalian gunakan agar dapat terhindar dari gangguan hewan – hewan liar saat sedang berkemah. Tentu ada beberapa hal lain yang dapat kalian lakukan lagi seperti misalnya menaburkan garam di sekeliling tenda untuk mencegah serangga masuk ke dalam tenda. Dengan begitu kalian dapat menikmati aktivitas berkemah kalian dengan lebih nyaman dan tenang.

Selain itu, kalian juga harus menjaga lingkungan berkemah tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan dan membawa sampah kalian turun kemudian membuangnya di tempat sampah.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.