From Korea With Love Concert

Tips Untuk Membersihkan Tenda Dome Yang Kalian Gunakan Untuk Berkemah

Ada banyak jenis – jenis tenda yang dapat kalian gunakan saat ingin berkemah, salah satunya adalah tenda dome. Tenda dome ini sendiri cukup sering digunakan oleh para camper saat ingin melakukan aktivitas berkemah. Saat kalian berkemah tenda tentu menjadi salah satu hal yang sangat vital bagi kalian karena menjadi tempat untuk kalian beristirahat.

Karena perannya yang sangat penting tentu saja kalian harus tetap menjaga kebersihannya agar dapat kalian gunakan dengan nyaman. Kalian tidak mau dong tenda yang kalian gunakan untuk tidur di alam bebas kotor sehingga membuatnya tidak nyaman. Tidak hanya nyaman, akan tetapi dengan menjaga kebersihannya tenda dome milik kalian juga akan menjadi lebih awet.

nah, di bawah ini kami akan memberikan kalian beberapa tips yang dapat kalian gunakan untuk membersihkan tenda dome kalian. Dengan begitu kalian dapat menggunakannya dengan nyaman saat ingin melakukan aktivitas berkemah. Penasaran?

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Kalau begitu kalian dapat mengikuti dan menyimak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas.

Dirikan Terlebih Dahulu Tenda Dome Kalian

Sumber Gambar: YouTube

Agar kalian dapat membersihkan setiap sudut dari tenda dome milik kalian maka hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan mendirikan tenda dome kalian. Selain kalian mulai menggunakan peralatan untuk bersih – bersih, kalian dapat membersihkan kotoran berupa daun atau sampah lainnya.

Perhatikan juga apakah ada sisa – sisa makanan yang berada di sudut – sudut tenda sehingga dapat kalian bersihkan.

Cuci Tenda Bagian Luar

Sumber Gambar: The Spruce

Setelah bagian dalam bersih dengan kotoran – kotoran kalian dapat mulai mencuci bagian luar tenda dome kalian. Untuk mencuci tenda dome kalian, jangan gunakan deterjen karena akan membuat tenda kalian menjadi tidak dapat berdiri dengan kuat. Yang tentu saja akan sangat merepotkan ketika kalian mendirikannya di alam terbuka nantinya.

Cuci saja bagian luar tenda dome kalian dengan menggunakan sabun biasa karena akan lebih baik. Saat mencuci jangan gunakan air dengan tekanan tinggi ya, cukup dengan tekanan air yang rendah saja sehingga tidak akan merusak bagi luarnya. Setelah selesai dicuci lap bagian luar tersebut dengan menggunakan spon atau alat gosok lain yang memiliki permukaan yang halus.

Bersihkan Bagian Dalam Tenda

Sumber Gambar: Hikematic

Setelah bagian luar bersih, saatnya kalian membersihkan bagian dalam tenda dengan menggunakan spons yang sudah kalian lumuri dengan sabun. Bersihkan setiap sudut dengan baik sehingga bagian dalam tenda kalian akan benar – benar bersih. Dengan begitu kalian dapat menggunakannya dengan nyaman nantinya.

Mengeringkan Tenda Kalian

Sumber Gambar: Dicide Outside

Setelah proses pembersihan sudah selesai kalian lakukan, berikutnya kalian harus mengeringkan tenda dome kalian. Tidak ada teknik khusus untuk mengeringkan tenda yang kalian miliki ini. Kalian hanya perlu memastikan untuk tidak mengeringkannya dengan menjemurnya di bawah terik matahari langsung.

Hal ini dikarenakan dapat merusak tekstur dari tenda yang kalian miliki dan tentu saja akan membuat kenyamanan kalian berkurang nantinya. Cara mengeringkan cukup menggunakan kanebo atau kain halus kering. Setelah itu kalian dapat mengangin – anginkan agar dapat benar – benar kering.

Bersihkan Bagian Frame Dari Tenda

Sumber Gambar: Alpkit

Setelah membersihkan bagian luar dan tenda kalian tidak boleh melupakan untuk membersihkan bagian dari frame tenda. Hal ini perlu kalian lakukan agar kotoran – kotoran yang ada pada frame dapat kalian bersihkan. Dengan begitu kalian tidak akan meninggalkan karat yang jika dibiarkan berlama – lama dapat membuat frame melemah dan bahkan rusak.

Apalagi tenda kalian sering terkena air hujan, yang mana mengandung zat asam dan sangat buruk bagi frame tenda milik kalian. Dengan membersihkannya secara rutin maka tidak hanya membuatnya nyaman untuk digunakan akan tetapi juga membuatnya tetap awet. Selain itu, kalian juga harus menyimpan tenda yang sudah kalian cuci ini ditempat yang kering dan sejuk.

Jangan simpan di tempat yang lembab dan terkena dengan sinar matahari secara langsung karena dapat membuat kualitas dari tenda dome kalian menurun dengan drastis.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kalian gunakan untuk mencuci tenda dome kalian sehingga membuatnya nyaman untuk kalian gunakan nantinya. Selain itu umur pakai dari tenda dome kalian juga akan menjadi lebih panjang jika selalu kalian bersihkan secara teratur.

From Korea With Love Concert

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.