OUR NETWORK

Berkunjung ke Pantai Kaluku, Serasa Milik Pribadi

Source Image: Instagram @abd_raahmat

Alam Indonesia itu cantik dan unik, jadi tidak perlu lagi berlibur ke luar negeri. Bagi kamu yang bermukim di Sulawesi Tengah, ada pantai yang sangat cantik dan masih sepi pengunjung, namanya adalah Pantai Kaluku. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Palu, sehingga sangat cocok buat kamu yang ingin refreshing. Mari berkenalan dengan Pantai Kaluku!

Dibalik Nama Pantai Kaluku

Sumber: Instagram @arnashari_arif27

Bagi kamu yang berasal dari luar provinsi, mungkin nama Pantai Kaluku tidak terdengar unik di telinga. Namun lain halnya bagi kamu yang tinggal di Sulawesi Tengah, terutama di Kabupaten Donggala, nama Pantai Kaluku pun akan terdengar cukup unik. Menurut bahasa Kaili, ‘Kaluku’ berarti kelapa, sehingga Pantai Kaluku berarti adalah Pantai Kelapa. Pemberian nama tersebut merujuk pada banyaknya pohon kelapa yang berdiri menjulang di tepian Pantai Kaluku.

Pesona Pantai Kaluku

Sumber: Instagram @amier_wallker

Pantai Kaluku adalah pantai di Donggala yang menghadap langsung ke Selat Makassar, sehingga memiliki ombak yang cukup tenang. Airnya juga sangat jernih, dari jauh terlihat berwarna kebiruan, menambah kesan eksotik pantai yang satu ini.

Apabila air laut sedang surut, bibir pantai akan terlihat lebih luas dengan diselimuti oleh pasir putih yang halus layaknya gula pasir. Memang tidak ada terumbu karang yang bisa dinikmati di Pantai Kaluku, namun dijamin kamu tidak akan pernah menyesal berkunjung ke pantai yang satu ini. Terlebih pantai ini bisa dibilang masih sepi pengunjung, terutama pada hari kerja atau week day, sehingga akan memberikanmu suasana yang tenang dan damai. Pantai ini pun cocok bagi kamu yang ingin mengasingkan diri sejenak dari penat dan riuhnya kehidupan di kota.

Bermain Ayunan di Tepi Pantai

Sumber: Instagram @dani_malasai

Ombak yang tenang di Pantai Kaluku sangat memungkinkanmu untuk berenang dan bermain air dengan tenang di laut. Namun, apabila kamu ingin merasakan sensasi yang lain dan tidak ingin basah-basahan, bisa juga mencoba beberapa ayunan yang telah disediakan di sekitar pantai. Memang tidak cukup tinggi, namun berayun-ayun sambil menikmati keindahan pantai ditambah angin yang semilir akan menjadi kenangan yang menarik untuk dipatri dalam ingatan.

Sewa Gazebo dan Berfoto Selfie

Sumber: Instagram @rezaboms

Oh ya, di sekitar Pantai Kaluku kamu juga akan menemukan banyak gazebo yang disewakan dengan harga yang terjangkau. Gazebo-gazebo di sana dibangun secara tradisional, menggunakan kayu dengan atap yang terbuat dari jerami sehingga menambah kesan artistik. Kamu pun bisa dengan leluasa melepas lelah di gazebo tersebut, atau pun menyantap kudapan yang telah disiapkan dari rumah.

Di sekitar Pantai Kaluku juga telah dibangun banyak spot-spot selfie dengan tulisan yang romantis, yang bisa kamu manfaatkan untuk latar belakang foto terbaikmu, berpadu dengan birunya laut. Untuk menggunakan spot-spot foto selfie tersebut kamu tidak akan dipungut biaya tambahan.

Berkemah di Pantai Kaluku

Sumber: Instagram @andika_arbie

Bagi kamu yang ingin lebih lama menikmati keindahan Pantai Kaluku sembari bercengkrama dengan alam, bisa juga mendirikan tenda dan berkemah di tepi pantai. Namun untuk melakukannya kamu harus membawa tenda dan peralatan penunjang lainnya dari rumah, karena belum ada tempat penyewaannya di sekitar pantai. Untuk menambah keseruan berkemah, kamu juga bisa membawa hammock untuk kemudian diikatkan di antara batang pohon kelapa, untuk digunakan bersantai sambil berayun-ayun.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Sampai saat ini para pengunjung belum dipungut biaya sepeser pun untuk bisa menikmati Pantai Kaluku, alias gratis. Menariknya lagi, di sana mereka juga tidak akan ditarik biaya untuk parkir kendaraan. Bagaimana, sangat menarik bukan?

Meskipun demikian, bukan berarti di sana tidak ada fasilitas, karena kamu masih bisa menjumpai toilet yang bersih, tempat pembuangan sampah, hingga warung-warung sederhana yang menjual aneka minuman dan makanan. Soal harga tidak perlu khawatir, karena dijamin akan sangat bersahabat di kantong.

Lokasi Pantai Kaluku

Sumber: Instagram @ivan_jonadie

Setelah mengenal Pantai Kaluku, saatnya untuk mengetahui lokasi pantai yang satu ini. Pantai Kaluku berada di Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Jaraknya kira-kira sejauh 50 km di sebelah barat laut Kota Palu, ibu kota Sulawesi Tengah, dengan lama perjalanan 1 hingga 1,5 jam. Akses menuju ke sana sudah cukup memadai, hanya kira-kira 200 meter sebelum sampai lokasi jalanan masih rusak. Walau pun demikian, kamu sudah bisa menggunakan mobil untuk menuju ke Pantai Kaluku.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…