OUR NETWORK

Bukit Gebang, Tempat Terbaik untuk Menikmati Keindahan Alam Pulau Bangka

Membahas keindahan Pulau Bangka memang tidak akan ada habisnya. Karena sama seperti pulau tetangga, yakni Pulau Belitung, di Pulau Bangka kamu pun akan menemukan banyak tempat yang sangat menarik dan menawan. Mulai dari deretan pantai yang eksotis, air terjun yang damai, hingga perbukitan hijau yang dapat memanjakan pandangan mata. Kini di Bangka juga mulai banyak bermunculan destinasi wisata alam baru yang menawan dan memiliki keunikan tersendiri, salah satunya adalah Bukit Gebang.

Pokoknya berkunjung ke Bukit Gebang dijamin tidak akan membuatmu menyesal. Tapi ngomong-ngomong ada apa di Bukit Gebang? Ini dia jawabannya untukmu.

Lokasi Bukit Gebang

Sumber: Instagram@tic_basel

Bukit Gebang berada di Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung. Cukup mudah untuk menemukan destinasi wisata yang satu ini. Dari ibu kota Provinsi Bangka Belitung, Pangkal Pinang, para pengunjung hanya perlu menempuh jarak sejauh 72 km menuju ke arah barat laut dengan waktu perjalanan kurang lebih selama 1 jam 30 menit. Ketika sampai di jalan raya Pangkalpinang-Toboali kilometer 72, para pengunjung harus belok kiri dan kemudian masuk menuju Desa Nangka yang jauhnya sekitar 4 kilometer. Meskipun harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, namun perjalananmu dijamin akan terasa menyenangkan karena bakal disuguhi dengan pemandangan alam yang menawan khas Pulau Bangka serta deretan perkebunan kelapa sawit.

Kemudian setelah sampai di kaki bukit, para pengunjung masih harus melanjutkan perjalanan dengan mendaki hingga ke puncak. Jika tidak ingin bersusah payah juga telah disediakan jasa ojek dengan tarif sekitar 5 ribu hingga 10 ribu rupiah. Bagaimana, mau mendaki atau menggunakan jasa ojek? Semua tergantung keinginan dan kemampuanmu.

Daya Tarik Bukit Gebang

Sumber: Instagram@spectanizer

Begitu sampai di puncak Bukit Gebang, para pengunjung akan langsung disuguhi pemandangan hijau dan deretan pohon merica yang menjalar tinggi, di beberapa bagian juga bisa ditemukan batu granit yang menjulang tinggi nan kokoh. Hembusan angin akan memberikan nuansa segar setelah nafas sedikit tersengal karena harus melewati jalanan yang menanjak menuju ke puncak Bukit Gebang. Keindahan yang ditawarkan selalu mampu merayu kaki untuk menapaki setiap sudut bukit. Para pengunjung bisa dengan jelas menyaksikan keindahan alam Pulau Bangka dari ketinggian sekitar 400 mdpl, dan bahkan ketika cuaca sedang cerah mereka bisa melihat lautan serta Pulau Mentawai di sebelah utara bukit. Sedangkan di sebelah selatan pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan yang menawan dari perkebunan milik warga.

Spot Foto Menarik di Bukit Gebang

Sumber: Instagram@aidil_fitrah_tamrin

Untuk lebih menarik minat para wisatawan, pihak pengelola juga membuat beberapa spot foto yang instagramable di tempat wisata yang baru dikembangkan April tahun 2017 tersebut. Mereka mengaku terinspirasi dari konsep yang ada di wisata Kalibiru, Kulonprogo, Yogyakarta. Untuk saat ini ada lima spot foto Instagramable yang berada di Bukit Gebang, di mana 3 di antaranya adalah spot favorit para pengunjung.

Sumber: www.republika.co.id

Dari ketiga spot terfavorit tersebut ada spot foto yang bertuliskan ‘I Love U’ yang terletak di sebelah kiri dari pintu masuk Bukit Gebang. Lokasinya yang berada sedikit di bawah menjadikan spot foto ini menjadi incaran utama para wisatawan. Karena dari sudut pengambilan gambar yang telah disiapkan, wisatawan seolah berada sejajar dengan bentangan alam yang terhampar dari bukit ini. Setelah itu juga ada spot foto berupa jembatan yang menjorok ke depan bukit. Berfoto di tempat yang satu ini bisa memberikanmu sensasi yang menyenangkan, terutama saat senja di mana matahari secara perlahan mulai meninggalkan bumi dan menyisakan seberkas cahaya yang menawan. Kemudian ada spot foto yang bisa memacu adrenalin, yakni rumah pohon. Karena untuk menuju ke rumah pohon tersebut para pengunjung harus merangkak naik ke atas batu granit yang cukup besar sebelum kemudian melanjutkannya dengan menaiki tangga kayu dengan tinggi kurang lebih 2 meter. Namun jangan khawatir, masih cukup aman kok untuk berfoto di rumah pohon.

Sumber: Instagram@lestaridwimaya01

Bagaimana, apakah kamu tertarik berkunjung ke Bukit Gebang? Dengan keindahan dan fasilitas yang ditawarkan, berkunjung ke Bukit Gebang adalah suatu keharusan bagi warga Pulau Bangka atau bahkan Pulau Belitung.

Comments

Loading...