OUR NETWORK

Kenalan Yuk! Bukit Wantiro, Tempat Terbaik Menikmati Senja di Kota Baubau

Source Image: pariwisataku.com

Sore hari adalah waktu yang tepat untuk bersantai, merelaksasikan diri dari kejenuhan aktifitas yang telah dilalui sepanjang hari. Untuk kamu yang bermukim di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, ada satu tempat yang sangat ideal untuk bersantai di sore hari, namanya adalah Bukit Wantiro. Bukit yang dulunya dikenal angker ini kini disulap menjadi salah satu lokasi favorit warga kota Baubau untuk menghabiskan sore hari, bersantai menenggak secangkir kopi panas dengan ditemani pemandangan birunya Teluk Baubau.

Arti Dibalik Nama Bukit Wantiro

Sumber: Instagram @wiwinaprilia14

Ya, Bukit Wantiro, begitulah tempat ini biasanya disebut. Nama tersebut diambil dari kata bahasa setempat, ‘Wantiro’, yang berarti ‘memandang ke bawah’, merujuk pada keindahan alam di bawah bukit tersebut, yang membuat para pengunjung harus memandang ke bawah untuk bisa menikmati pesonanya. Di bawah Bukit Wantiro kamu bisa melihat Teluk Baubau yang eksotis, Pulau Makassar, ditambah dengan Pantai Warumusio yang menawan.

Sempat Jadi Lokasi yang Angker

Sumber: Instagram @bayu_saputra87

Dibalik keindahan yang dimilikinya, Bukit Wantiro dulunya dikenal sebagai lokasi yang angker. Sebelum tahun 2010, bukit yang satu ini kondisinya jauh berbeda dari yang sekarang, di mana kawasan tersebut berupa jurang yang cukup dalam dan ditumbuhi banyak semak belukar. Namun, berkat kreatifitas Walikota Baubau pada saat itu, tempat ini kemudian disulap menjadi Bukit Wantiro yang menawan seperti saat ini.

Bersantai Sejenak di Bukit Wantiro

Sumber: Instagram @uncle_syaf

Waktu terbaik untuk menikmati Bukit Wantiro adalah pada sore hingga malam hari. Ketika sinar matahari mulai menyingsing, di saat itulah geliat kehidupan di Bukit Wantiro semakin ramai. Para pedagang mulai menyiapkan warung dan dagangannya, sementara para pengunjung mulai mencari tempat terbaik untuk bersantai sejenak di Bukit Wantiro. Warung-warung di sekitar bukit menjual minuman dan makanan yang beragam, mulai dari jagung bakar, gorengan, ubi rebus, mie rebus, kopi, teh hangat, hingga saraba. Saraba adalah minuman khas Kota Baubau yang memiliki cita rasa unik dan khas. Soal harga tidak perlu khawatir, karena dijamin murah dan sangat bersahabat di kantong. Biasanya para pedagang di Bukit Wantiro hanya akan mematok minuman dan makanan dengan harga sekitar 10 hingga 20 ribu rupiah.

Sumber: Instagram @misskalonk

Para pedagang di sekitar bukit telah menyediakan kursi dan meja yang bisa digunakan para pengunjung untuk duduk-duduk besantai sambil menikmati hidangan yang dipesan. Pedagang seakan sudah tahu bahwa para pengunjung pasti akan berlama-lama di Bukit Wantiro, menikmati senja dan pesona alam yang mengesankan.

Keindahan di Bukit Wantiro

Sumber: Instagram @angkelbay

Tepat di Bukit Wantiro, para pengunjung akan disuguhi beragam pesona alam yang cukup cantik. Semburat sinar senja yang berwarna kuning kemerahan akan berpadu dengan birunya Teluk Baubau dan hijaunya pegunungan di sekitar. Di malam hari, lampu nelayan dan kapal-kapal yang bersantai di Teluk Baubau akan semakin mempercantik suasana. Bagi para pengunjung yang berencana berkunjung ke Bukit Wantiro pada malam hari, jangan lupa untuk membawa jaket atau pakaian yang hangat, karena udara malam di sana cukup dingin menusuk tulang.

Spot Foto Favorit di Bukit Wantiro

Sumber: dagrinizar.blogspot.com

Dengan pesona alam yang cantik, tentunya banyak spot foto yang instagramable di Bukit Wantiro. Namun, yang menjadi favorit para pengunjung adalah susunan balok angka yang membentuk tulisan ‘BUKIT WANTIRO’, yang berada tepat di tepi bukit. Tulisan tersebut semakin menarik karena colorfull, dicat dengan berbagai warna yang cerah. Untuk berfoto di tulisan tersebut para pengunjung tidak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis.

Lokasi Bukit Wantiro

Sumber: Instagram @xaverius_endro

Bukit cantik yang satu ini berada persis di tepi Jalan raya Anoa, yang mana lokasinya masuk dalam kawasan Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Buton, Sulawesi Tenggara. Dari pusat Kota Buton, hanya dibutuhkan waktu tempuh selama 20 menit dengan jarak sekitar 10 km untuk sampai di Bukit Wantiro yang menawan tersebut.

Bagaimana, tertarik menghabiskan sore harimu di Bukit Wantiro? Liburan tidak perlu jauh-jauh ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, karena setiap daerah di Indonesia pasti memiliki bentang alam yang cantik untuk dinikmati. Ya, begitulah Indonesia, negara di garis khatulistiwa yang dianugrahi dengan bentang alam yang sungguh menawan.

Selamat berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…