spot_img

Melihat Goa Gala-Gala di Nusa Lembongan Dan Kisah Di Baliknya

Kesibukan yang orang – orang lalui mulai dari hari Senin hingga Jumat nampaknya membuat lelah dan penat hingga akhirnya ketika akhir pekan datang banyak orang beramai – ramai pergi untuk liburan atau sekedar rehat sejenak. Pergi liburan ke pantai, gunung, pusat perbelanjaan, kebun binatang atau mungkin ke kebun buah dengan mengajak anak – anak nampaknya adalah hal yang biasa.
Kali ini, Wisato.id ingin mengajak kamu ke sebuah wisata yang beda daripada yang lain dan pastinya aman bila berpergian bersama si kecil dan keluarga besar. Letak destinasi wisata yang satu ini ada di Nusa Lembongan yang lokasinya tak jauh dari Pulau Bali. Apakah kamu pernah membayangkan untuk liburan di sebuah goa? Jika tak pernah terbayang oleh mu maka kali ini kamu wajib mencobanya! Wisata di Nusa Lembongan ini sangat unik karena mengusung wisata alam di dalam goa yaitu di Goa Gala.

Goa Gala

Sumber Gambar: Instagram @Kyle D

Bernama Goa Gala atau biasa dikenal dengan “Wisata Bawah Tanah Goa Gala – Gala”. Mendengar namanya seperti aneh dan unik karena pasti yang ada di benak mu adalah wisata di bawah goa dengan suasan mistis dan gelap tanpa penerangan. Sebenarnya apa yang kamu pikirkan pertama kali tentang Goa Gala ini tak sepenuhnya salah karena memang yang di unggulkan dari wisata ini adalah wisata alam di dalam Goa.

Sumber Gambar: Google Maps @Sohail Salehi

Sebuah goa di Nusa Lembongan ini pada dulunya sengaja dibentuk atau dibuat untuk tempat tinggal oleh almarhum Mangku Byasa atau Mangku Dalang yaitu seorang petapa Hindu, dalang, pendeta sekaligus petani. Goa dengan posisi 7 meter di bawah tanah ini dibangun Mangku Byasa selama 15 tahun terhitung sejak tahun 1961 hingga 1976. Mangku Byasa menggunakan alat – alat sederhana untuk membuat goa tersebut misalnya linggis dan juga kotoran sapi yang sudah dibakar untuk melunakan batuan kapur yang ada di bawah tanah.

Sumber Gambar: Google Maps @hamid swift

Ketika kamu tiba tepat di area goa yang memiliki luas 500 meter persegi ini kamu akan melihat ada 6 lobang sebagai pintu masuk sekaligus pintu keluar yang bisa digunakan untuk memasuki goa dan keluar dari goa. Tak perlu takut, walaupun di dalam goa tetapi pengunjung tetap masih bisa bernapas dengan leluasa dan tidak kepanasan dan karena terdapat fentilasi nya bagus sejumlah 3 buah. Selain itu, pengunjung juga tetap mendapatkan sedikit sinar penerangan baik dari sinar matahari dan maupun beberapa lampu yang dipasang di dalam goa.

Sumber Gambar: Google Maps @Cahayani Agustiningrum

Untuk bisa masuk ke dalam goa pengunjung di bebaskan memilih untuk masuk dari lobang yang mana saja namun harus sedikit merunduk saat turun kebawah khususnya bagi pengunjung dewasa. Goa ini dikenal dengan rumah bawah tanah karena saat masih ditinggali oleh empunya tempat ini keadaan goa ini sama seperti rumah pada umumnya yaitu ada ruang tamu, dapur, ruang tidur dan juga ruang meditasi.

Sumber Gambar: Google Maps @YunnSr

Selama di dalam goa kamu bisa berkelana menyusurinya walau goa ini tak begitu sempit namun bila kamu datang bersama rombongan baiknya untuk masuk ke dalam goa harus antre atau maksimal 4 orang saja dan di dampingi tour guide yang merupakan warga yang tinggal sekitar goa. Kegiatan yang dapat kamu lakukan di dalam goa memang tak banyak hanya sekedar mengabadikan moment dengan berfoto atau video saja namun rasa ingin tau mu pasti akan terbayarkan apalagi sambil mendengar cerita tentang goa ini dari para tour guide.
Sejauh ini untuk biaya masuk hanya sekitar Rp 10.000 saja dan bila kamu berkenan maka sempatkan untuk memberi tips bagi tour guide yang memandu mu dan jangan lupa mampir ke warung yang menjual oleh – oleh di area dekat pintu masuk Goa Gala. Walaupun wisata ini hanya sekedar goa namun pastikan ketika memasuki area ini kamu tetap menjaga kesopanan dan tidak membuat onar ya, traveler!

Rute ke Goa Gala

Goa Gala – Gala atau dikenal dengan Gala – Gala Underground House berada di Desa Jungutbatu, Nusa Lembongan. Menuju Nusa Lembongan sendiri hanya bisa menggunakan transportasi laut melalui wilayah terdekatnya yakni Pulau Bali tepatnya dari Pelabuhan Sanur. Di Pelabuhan Sanur kamu bisa memilih ingin menyebrang dengan fast boat atau dengan kapal tradisional yang pastinya keduanya aman namun berbeda di waktu tempuh dan biaya saja.
Pilihlah transportasi sesuai budget mu lalu pastikan tujuannya yaitu Pelabuhan Jungut Batu. Setibanya di Pelabuhan Jungut Batu maka lanjutkan perjalanan dengan menyewa kendaraan roda 2 agar lebih simple dan bergegas menuju ke Goa Gala yang berjarak sekitar 2,5 km dengan waktu tempuh 8 sampai 10 menit saja.
close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.