in

Melihat Keindahan Gunung Merbabu Melalui Jalur Pendakian Cunthel

Sumber Gambar Dari Instagram @rahmiazumi

Siapa yang pernah mendaki ke Gunung Merbabu? Gunung yang saat ini statusnya sudah tidak aktif ini memang menarik untuk dikunjungi. dengan ketinggiannya yang mencapai 3.157 Mdpl ini memiliki daya tarik tersendiri. Karena, merupakan satu dari sekan banyak Gunung yang direkomendasikan untuk pemula.

Dari Jalur Cunthel ini, kamu bisa mencapai beberapa puncak sekaligus lho. Menarik sekali bukan, untuk bisa mencapainya. Kamu harus menguras tenaga setidaknya selama 4 jam sampai 7 jam lamanya. Dengan tanjakan dan trek yang memberikan pengalaman tersendiri untuk kamu.

Menuju Basecamp Cunthel

Basecamp Cunthel terletak di Jl. Umbul Songo Km.3, Desa Cunthel Rt.01, Rw.01, Kopeng, Kecamatan Getasan, kabupaten Semarang. Menuju ke lokasi kamu bisa masuk melalui terminal Tingkir Salatiga. Kemudian, naik bus menuju ke Kopeng. Dari sini, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek.

Basecamp Cunthel sendiri berupa rumah yang cukup bagus, dengan berbagai macam fasilitas yang tersedia. Seperti, wifi, area parkir yang cukup luas, disini juga menjual beberapa kebutuhan pendaki seperti mie dan juga air minum. Selain itu, kamu juga bisa menyewa berbagai peralatan mendaki seperti HT, tenda, atau lampu senter dengan harga mulai dari 10 ribuan saja.

Untuk harga simaksinya mulai dari 10 ribu rupiah per pendaki. Ditambah dengan biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah per kendaraan bagi yang kamu membawa motor. Dan 10 ribu rupiah bagi yang membawa mobil.

Menuju ke Pos 1 dan Pos 2

Menuju ke pos 1, kamu bisa melalui jalur ladang yang mengesankan. Disini pula ada banyak satwa liar yang bisa kamu jumpai mulai dari kera, ayam hutan dan banyak burung-burung yang cukup mengesankan. Sayangnya, di jalur ini pula banyak pemburu liar yang seharusnya tidak diizinkan untuk berburu.

Selepas pos bayangan 1 menuju ke pos bayangan 2 kamu akan disuguhkan dengan jalur tangga yang memudahkan kamu naik keatas. Sampai di pos 1 memakan waktu kurang lebih 1 jam 10 menit. Areanya tidak terlalu luas. Tetapi, setidaknya kamu bisa beristirahat sebentar menuju ke pos 2. jalur masih tetap menanjak tetapi, tidak terlalu menanjak. Hanya saja cukup menguraa tenaga

Menuju Ke Pos 3

Sumber Gambar: Instagram @selvycemut

Masuk ke pos 3, kamu akan disuguhkan dengan area yang luas. Disinilah kamu bisa melihat lautan awan yang mengesankan. Pesona gunung sindoro dan sumbing terlihat begitu mengesankan di belakang kamu.

Di pos 3, ada area yang cukup luas dan bisa untuk mendrikan 20 tenda. dari sini, kamu bisa melihat pos puncak pemancar. Banyak pendaki yang memilih untuk beristirahat cukup lama disini. Kamu bisa membuka bekal yang sudah dibawa dari bawah.

Menuju ke Semua Puncak Merbabu

Sumber Gambar: infopendaki.com

Menuju ke Pos Pemancar kamu akan disuguhkan dengan jalanan yang tidak mudah lho. Selain tanjakannya yang bisa membuat lutut kamu lemas. Angin yang berhembus juga bertiup cukup kencang. Tidak jarang bila terjadi badai. Di Pos pemancar kamu akan bertemu dengan pendaki lain dari jalur pendakian Wekas.

Sumber Gambar: infopendaki.com

Disini, kamu bisa mendirikan tenda. Tetapi, bila turun hujan tidak disarankan karena sangat berbahaya. Karena, pemancar telepon ini kamu bisa tersambar petir. Melanjutkan perjalanan menuju ke puncak selanjutnya, jalanan masih menanjak. Kamu akan bertemu dengan jalan perbatasan kabupaten, heliped, dan kawah yang sudah mati.

Tidak jauh dari sini kamu akan dihadapkan di sebuah pertigaan. Ada tiga puncak sekaligus yang bisa kamu pilih. Puncak Syarif, Ondo Rante menuju ke Kenteng Songo. Kamu juga bisa camp di Puncak Syarif lho, dengan jalanan berupa bebatuan yang cukup menyulitkan.

Sumber Gambar: Instagram @raynardthanpontoh

Bila kamu memilih Puncak Ondo Rante, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Kenteng Songo. Tetapi kamu harus melewati Jembatan Setan, kamu harus merangkak dengan tali untuk bisa menempuh puncak tertinggi Merbabu ini. Dari Kenteng Songo, kamu bisa menuju ke Trianggulasi. Jadi, mana puncak yang akan kamu pilih. Semuanya mempunyai pemandangan yang mengesankan lho.

Kesimpulan

Gunung Merbabu via Cunthel memang menjadi sajian yang tidak bolej kamu lewatkan sedikit pun. Walaupun, ada banyak tanjakan yang harus dilalui. Namun, semua bisa tersamarkan karena, pemandangannya yang mempesona membuat semua rasa lelah ini akan tersamarkan dengan sendirinya. Jadi, sudah siap mendaki ke Puncak Merbabu melalui Cunthel?