in

4 Hal yang Bisa Kamu Temui di Pantai Jamursba Wedi

Pantai Jamursba Wedi
Sumber Gambar: lpsplsorong.wordpress.com

Papua adalah salah satu Pulau di Indonesia yang menyimpan berbagai jenis tempat wisata alam yang sangat indah. Salah satu tempat yang bisa kamu kunjungi saat ke Papua adalah Pantai Jamursba Wedi yang tepatnya berada di Kecamatan Sausapor, Kabupaten Sorong. Pantai ini memiliki panjang hingga 15 Km yang membentak dari Desa Saubeba hingga Warmandi.

Inilah Beberapa Hal yang Bisa Kamu Temui di Pantai Jamursba Wedi

Saat Kamu ke sini ada beberapa hal yang bisa ditemui dan tidak ada di pantai atau tempat yang lain. Penasaran apa saja? Simak penjelasan di bawah ini:

  1. Penyu Belimbing

Pantai Jamursba Wedi merupakan salah satu tempat perkembangbiakan spesies Penyu Belimbing. Penyu yang satu ini termasuk hewan langka yang hidup dan harus dilindungi. Ada beberapa tempat yang disukai oleh Penyu Belimbing dalam berkembang-biak seperti Malaysia dan Mexico tetapi yang terbesar ya di pantai ini.

Penyu yang satu ini diketahui hanya dapat hidup pada kedalaman laut hingga 600 meter. Penyu ini memiliki panjang hingga 2 meter dengan bobot sampai 500 sampai 700 kg. Penyu yang satu ini berwarna hitam biru dan memiliki lapisan kerak yang sangat besar.

Penyu-penyu tersebut datang ke pantai ini untuk bertelur sehingga tak jarang kita akan menemukan telur-telur penyu tersebut. Untuk lebih tepatnya, biasanya penyu belimbing akan bertelur pada bulan Maret hingga bulan Oktober. Untuk puncak peneluran terjadi pada sekitar bulan Mei dan Juni.

  1. Penyu Sisik, Penyu Sisik Semu, Penyu Hijau

Tak hanya penyu Belimbing saja yang bisa kamu temukan di pantai ini. Ada banyak sekali penyu jenis lain yang bisa kamu temukan di sini. Ada Penyu Sisik, Penyu Sisik Semu, hingga Penyu Hijau.

Bagi kamu yang benar-benar jatuh cinta dengan penyu-penyu tersebut pasti akan dimanjakan dengan banyaknya jenis penyu tersebut. Hal ini karena pasir pantai tersebut sangat cocok untuk mengerami telur-telur penyu.

Nah, jika kamu mendapatkan kesempatan maka bisa melepaskan penyu secara langsung pada saat-saat tertentu. Dengan seperti itu maka penyu akan hidup dengan bebas walaupun tentunya beberapa di antaranya tereliminasi oleh keadaan,

  1. Berbagai Fauna Darat

Kamu tak hanya akan menemukan penyu yang merupakan hewan amfibi cantik itu. Kamu juga akan menemukan fauna darat yang jika banyak terdapat di sana. Ada beberapa hewan yang bisa kamu temui di sana.

Hewan-hewan tersebut antara lain adalah Cenderawasih dan burung Rangkok. Kedua hewan yang satu ini bisa kamu lihat dengan mata kepala sendiri dan hidup bebas di sekitar kamu.

Burung tersebut biasanya hanya bisa kita lihat di kebun binatang yang tentunya terlihat tak bahagia karena terkurung terus menerus. Tapi, untuk melihatnya tentunya tergantung pada keberuntungan.

Terdapat Berbagai Flora Langka

Tak hanya hewan amfibi maupun unggas saja yang bisa kamu temui di sini. Di pantai ini kamu juga akan menemukan flora langka seperti anggrek yang sangat langka. Bahkan mungkin saja kamu belum mengetahui bunga anggrek dan flora lainnya sehingga ini bisa jadi motivasi terbaik.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu temui di Pantai Jamursba Wedi yang ada Papua Barat. Karena pantai yang satu ini digunakan untuk melestarikan alam maka bawa pulang seluruh sampah yang kamu bawa ya. Jangan sampai meninggalkan sampah yang akan mengotori pantai dan membuat penyu-penyu enggan bertelur di sini.