in

Pesona 7 Tingkat Air Terjun Tanimpo di Tojo Una-una

Air Terjun Tanimpo
Sumber Gambar : Celebes.co

Sebagian teman-teman traveler mungkin masih sangat asing mendengar salah satu nama kepulauan di Indonesia yang satu ini. Tapi jangan salah, berbeda dengan Namanya yang belum terlalu terkenal, Tojo Una-una menyimpan banyak keindahan alam yang memukau. Salah satunya adalah Air Terjun Tanimpo.

Air Terjun Tanimpo termasuk dalam kawasan alam Taman Nasional Kepulauan Togean di Provinsi Sulawesi Tengah. Taman nasional ini diresmikan pada tahun 2004 dan sampai sekarang pemerintah daerah setempat sedang berjuang untuk memperkenalkan keindahan alam yang ada ke seluruh penjuru dunia.

Kepulauan Togean sangat terkenal dengan terumbu karang dan banyaknya biota laut yang hidup disekitarnya. Dikarenakan kepulauan ini terbentuk akibat adanya aktivitas vulkanis Gunung Colo, tak heran daerah disekitar kepulauan Togean menjadi begitu subur. Selain ekosistem terumbu karangnya yang sangat penting, salah satu tempat yang bisa traveler kunjungi jika mampir ke Tojo Una-una adalah Air Terjun Tanimpo.

Nah penasarankan apa saja keindahan yang ada di Air Terjun Tanimpo? Baca selengkapnya di Wisato.id

Cara ke Lokasi Air Terjun Tanimpo

Sebelum traveler berpergian, salah satu aktivitas penting yang harus dilakukan adalah menghitung budget dan akses untuk pergi ke destinasi yang traveler inginkan. Sehingga mari kita membahas terlebih dahulu bagaimana cara untuk bisa sampai ke lokasi air terjun serta ongkos yang harus traveler sediakan untuk menikmati kekayaan alam di Tojo Una-una.

Air Terjun Tanimpo terletak di desa Wakai, Kecamatan Una-una, Kabupaten Tojo Una-Una Sulawesi Tengah. Sama halnya jika traveler ingin mendaki Gunung Colo. Untuk pergi ke daerah ini hanya bisa diakses melalui jalur laut.

Agar mempermudah traveler menghitung berapa budget yang dikeluarkan kita asumsikan traveler memulai perjalanan dari Kota Jakarta. Kepulauan Togean tidak memiliki bandar udara, sehingga alternatif paling mudah yang traveler bisa lakukan adalah pergi ke bandara terdekat yaitu Ampana.

Cukup dengan uang Rp 1.1 juta traveler sudah bisa terbang dari Jakarta langsung ke bandar udara Tanjung Api, Ampana. Kira-kira perjalanan menggunakan pesawat membutuhkan waktu sekitar 3 jam jika tanpa transit. Atau sekitar 4 jam jika traveler transit terlebih dahulu di Palu barulah menuju Ampana.

Baca Juga : Liburan Romantis di Surga Tersembunyi Danau Randano Ghage
Sumber Gambar: Instagram @vitriyantinento_95

Sesampainya di Ampana, traveler melanjutkan perjalanan via laut. Cukup merogoh kocek sekitar Rp 65 ribu, traveler bisa langsung berangkat menuju Wakai. Perlu dicatat, jadwal keberangkatan kapal dari Ampana ke Wakai hanya ada di hari Senin, Rabu dan Sabtu.

Namun sayangnya belum terlalu banyak maskapai yang menyediakan penerbangan ke Ampana, bahkan terkadang dalam satu hari tidak ada sama sekali maskapai yang terbang menuju daerah tersebut. Tapi tenang, jika traveler menghadapi masalah serupa.

Traveler bisa terbang menuju Gorontalo ataupun Luwuk. Dari Gorontalo traveler melanjutkan perjalan via laut dengan ongkos hanya Rp 65 ribu langsung menuju Wakai untuk kelas ekonomi. Jika traveler tidak ingin terlalu berdesak-desakan dengan penumpang lain, traveler cukup menambah Rp 20 ribu untuk bisa naik di kelas bisnis.

Perlu diingat, keberangkatan kapal ke Ampana tidak setiap hari. Kapal hanya berangkat di hari Minggu, Selasa dan Jumat jadi catat ya agar traveler tidak salah jalan. Khusus untuk perjalanan dari Luwuk, traveler harus menggunakan jalur darat sekitar 3 jam sampai kepelabuhan daerah Luwuk untuk bisa melanjutkan pelayaran ke Ampana barulah traveler bisa lanjut ke Wakai.

Untuk mencapai lokasi utama air terjun, sangat disarankan traveler menggunakan sepeda motor. Karena satu-satunya akses menuju Air Terjun Tanimpo hanya bisa digunakan dengan sepeda motor. Jangan takut disekitar banyak penyewaan motor yang bisa traveler manfaatkan.

Harga sewa motor cukup bervariasi, sekitar Rp 500 ribu per hari untuk biasa sewa motor dengan type matic. Jika traveler ingin menggunakan kendaraan jenis lain, tentu perlu menambah sedikit biaya sewa. Jangan lupa keluarkan skill negosiasi traveler ya.

Suana Air Terjun Tanimpo

Sumber Gambar: Instagram @iponk_salelang

Ketika sampai kelokasi utama air terjun, traveler akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat eksotis. Perpaduan antara warna biru dan hijau membuat air terlihat berwarna tosca nan cantik. Menariknya air terjun ini memiliki tujuh tingkatan dari dasar sampai puncak air terjun. Wah tentunya sangat seru mencoba mandi ditiap tingkatan yang ada di air terjun ini. Jangan sampai kedinginan ya teman-teman traveler.

Keunikan lainnya dari Air Terjun ini adalah tersimpannya mineral nanindah. Proses geologi yang terjadi secara alami ditempat ini membuat dasar kolam air terjun dan daerah sekitar dipenuhi banyak baru mineral (Akik) yang cantik.

Sumber Gambar: Instagram @miqen_rieyanti

Wah jangan-jangan traveler udah berencana mengambil batu akik yang ada disana untuk dijual kembali nih? Tidak boleh ya teman-teman traveler semua, keindahan alam cukup dinikmati dan dibawa pulang dalam bentuk sebuah foto. Jangan sampai rasa cinta kita yang berlebih untuk memiliki apa yang ada di alam justru membuat alam jadi hancur. Bagaimana apakah traveler tertarik untuk melihat air terjun nan indah ini?

Ikuti terus Wisato.id untuk mendapatkan informasi dan rekomendasi tempat wisata terbaik di Indonesia.