in

Memancing Sembari Menikmati Keindahan Alam Bukit Toursina, Lampung

Sumber Gambar: Google Maps @dan Danar

Bukit Toursina, Lampung saat ini menjadi banyak tujuan para wisatawan. Lokasi wisata alam yang masih dalam tahap pembangunan ini sudah mulai memperlihatkan pesonanya. Bukan hanya untuk menikmati indahnya pemandangan, wisawatan berkunjung ke Bukit Toursina pun dengan tujuan lain.

Memancing! Danau yang ada di dalam lingkungan wisata Bukit Toursina rupanya menjadi tujuan para wisatawan yang gemar memancing. Ada banyak sekali jenis ikan di dalam dua danau di kawasan wisata tersebut. Para wisatawan yang hadir pun bisa melepas penat dengan melakukan hobi memancing sembari juga menikmati pemandangan alam nan indah.

Asal muasal Bukit Toursina

Sumber Gambar: Instagram @afriyantoryan

Lokasi wisata Bukit Toursina rupanya tak terbangun begitu saja. Sebaliknya, Bukit Toursina menjadi tujuan wisata berkat dedikasi dan juga gotong royong masyarakat sekitar. Sampai akhirnya menarik perhatian dari pemerintah daerah hingga diresmikan sebagai lokasi wisata kebanggaan di Kabupaten Pringsewu, Lampung.

H. Emri, merupakan seorang pengusaha berusia paruh baya berasal dari Pringsewu, Lampung. Ia mulai berencana untuk membangun lokasi wisata setelah membeli lahan seluas setengah hektar. Meski saat itu, lahan masih digunakan untuk menanam kopi dan cokelat, namun harapan untuk menjadikan tempat wisata sudah sangat besar.

Sampai akhirnya, sedikit demi sedikit lahan di daerah bukit ini pun dibeli oleh H. Emri. Hingga saat ini mencapai 20 hektar. Ia pun akhirnya mulai membangun lahan tersebut menjadi tempat wisata. Salah satu alasannya karena di daerah Kabupaten Pringsewu memang belum banyak lokasi wisata yang dikelola secara profesional.

Pembangunan ini pun mendapatkan perhatian dari Bupati Pringsewu H. Sujadi, yang akhirnya meresmikan tempat wisata dengan nama Bukit Toursina. Bukan hanya untuk menghadirkan sebuah lokasi wisata untuk warga sekitar serta wisatawan di luar Pringsewu, Bukit Toursina pun diharap mampu memberikan kesejahteraan untuk masyarakat.

Lokasi Bukit Toursina

Bukit Toursina terletak di Pekon Bumiayu, Kecamatan Pringsewu. Lokasinya tak terlalu jauh dari beberapa tempat wisata terkenal lain di daerah tersebut seperti Goa Maria, dan juga dari lima buah Talang Air raksasa. Akses menuju ke lokasi wisata ini pun sudah mulus dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi atau pun transportasi umum. Untuk masuk ke lokasi wisata, diwajibkan membayar tiket Rp 5,000 per orang. Tiket ini diluar biaya parkir dan tambahan biaya lain bila ingin melakukan kegiatan di dalam objek wisata nantinya.

Wisata alam dengan berbagai kegiatan

Sumber Gambar: Harianlampung.com

Ada banyak kegiatan yang nantinya bisa dilakukan di Bukit Toursina. Para wisatawan yang hadir bukan hanya bisa menikmati pemandangan pedesaan yang indah dan masih asri. Terdapat sederet lokasi Instagramable yang pas menjadi spot foto di sekitar tempat wisata.

Salah satu yang terbaru, ada lapangan tembak. Lapangan tembak yang baru saja diresmikan tersebut bisa digunakan untuk melatih menembak bagi masyarakat secara umum.

Para wisatawan juga bisa menjelajahi dua bukit yang terhubung dengan talang air. Bangunan talang air warisan Belanda yang dijadikan jembatan penyebrangan antara dua bukit di Bukit Toursina ini melewati rimbunan tanaman yang masih sangat asri. Jembatan ini pun menjadi salah satu spot foto favorite para pengunjung.

Selain jembatan antara dua bukit dan juga lapangan tembak, juga terdapat dua danau. Danau dengan luas masing-masing sekitar setengah hektar tersebut menjadi lokasi memancing favorite. Terdapat beberapa gundukan “pulau” di antara danau yang bisa menjadi tembat duduk bagi para pemancing. Maupun untuk wisatawan yang ingin menikmati indahnya pemandangan danau.

Masih akan dibangun lebih banyak fasilitas menarik

Menurut keterangan yang dihimpun dari sang pemilik, H. Emri dan juga Bupati Pringsewu H. Sujadi, pembangunan lokasi wisata ini belum sepenuhnya selesai. Nantinya akan ada lebih banyak lagi fasilitas serta kegiatan menarik yang disediakan untuk pengunjung.

Beberapa fasilitas hiburan yang nantinya diharapkan akan ada di Bukit Toursina seperti kolam renang sampai water boom dan juga fasilitas untuk kegiatan out bound. Lokasi alami dengan perbukitan cantik di daerah ini pun dinilai akan sangat pas untuk out bound.

Sedangkan fasilitas lain yang sedang dalam pembangunan seperti ruang meeting atau pertemuan, rumah makan serta penginapan, dan juga tempat berteduh atau gazebo untuk pengunjung. Selain juga tambahan MCK di dalam lokasi wisata.