Air Terjun Ie Rhop, Pesona Air Terjun 4 Tingkat Yang Letaknya Tersembunyi!

Bagi kamu warga Aceh atau kamu yang sudah rencana berliburan ke Aceh pastinya sudah tahu bahwa “Negeri Serambi Mekkah” ini kental sekali dengan nuansa Islami. Wisata religi serta wisata sejarah yang ada di dalamnya membuat kota ini layak untuk kamu jadikan tempat refreshing sekaligus dapat menyimak perjalanan kota ini dalam melawan penjajahan di era lampau. Namun tak hanya wisata religi dan wisata sejarahnya yang menjadikan kota ini pantas tuk dikunjungi tetapi juga wisata bahari nya yang sangat banyak mulai dari pulau, pantai, danau, sungai dan tidak ketinggalan yaitu keindahan air terjunnya. Kamu harus menyempatkan diri mengunjungi Kabupaten Bireuen yang mempunyai sejuta list wisata air didalamnya. Bireuen sendiri adalah wilayah yang berada di pesisir Aceh maka tak heran bila keindahan wisata baharinya sangat memukau.

Kali ini Wisato.id tak akan membawa kamu tuk mengenal pantai atau pulau yang ada di Bireun tapi kali ini dijamin kamu akan terpukau dengan keindahan air terjun yang terkenal di Bireuen karena kecantikannya.

Air Terjun Ie Rhop

Air Terjun Ie Rhop mungkin terdengar asing di telinga wisatawan yang datang dari luar Aceh atau bahkan wisatawan yang berada di luar wilayah Bireuen. Memang wisata air terjun ini belum tersohor namanya padahal kecantikannya tak akan membuat mata para pengunjungnya berpaling.

Air Terjun Ie Rhop berada tepat di kawasan Kampung Ie Rhop atau orang Aceh menyebutnya dengan Gampong Ie Rhop, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen.

Perjalanan menuju air terjun ini bisa dibilang cukup mudah awalnya karena bila kamu memulai perjalanan dari pusat kota Bireuen maka waktu yang kamu perlukan sekitar 1 jam namun perjalanan medan perjalanannya agak sulit.

Jika menggunakan roda 2 sebaiknya berhati – hati karena jalur perjalanannya tak begitu mulus lalu jika kamu menggunakan roda 4 pastikan bahwa kendaraan mu cukup tangguh melewati jalanan berbatu dan licin. Sesampainya di ujung jalan tepatnya ketika sudah memasuki jalanan Simpang Mamplam maka kamu tak bisa membawa kendaraan mu masuk ke wilayah air terjun sehingga kamu harus memarkirkan kendaraan lalu lanjut trekking sekitar 1 jam hingga 2 jam menuruni bukit hingga sampai ke pemberhentian pertama yaitu sebuah aliran sungai kecil.

Selama trekking kamu akan disuguhkan indahnya hutan lebat dengan udara yang sejuk tetapi kamu harus tetap waspada karena jalanannya sangat licin dan berbatu sehingga jika tidak berhati – hati kamu bisa terpleset. Setibanya kamu di sebuah aliran sungai baiknya kamu istirahat sebentar sambil menikmati air sungai yang sangat bening ditemani kicauan burung. Perjalanan dilanjutkan kurang lebih 1 jam menyusuri sungai untuk bisa sampai ke Air Terjun Ie Rhop. Cantiknya air terjun ini pasti akan membayar rasa lelahmu untuk mencapai tempat ini.

Daya Tarik Air Terjun Ie Rhop

  • Letaknya tersembunyi

Sumber Gambar: Google Maps @Muhammad Afzal

Perjalanan yang panjang hingga harus trekking 40 menit dan menyusuri aliran sungai adalah bukti lokasi air terjun ini sangat tersembunyi berbeda dari beberapa air terjun kebanyakan yang dimana kamu cukup menuruni ratusan anak tangga untuk bisa mencapainya. Karena letaknya tersembunyi inilah banyak pengunjung yang merasa usaha mereka menuju air terjun ini terbayar setelah melihat pesonanya.

  • Airnya jernih

Sumber Gambar: Google Maps @M M. Zein

Air Terjun Ie Rhop belum terlalu banyak didatangi wisatawan sehingga kebersihan dan kejernihan airnya masih terjaga. Air nya pun dingin cocok sekali untuk sekedar berendam setelah lelahnya perjalanan menuju air terjun ini berada.

  • Mempunyai 4 tingkatan

Sumber Gambar: Google Maps @Iman Sentosa

Salah satu daya tarik yang paling menonjol yakni air terjun ini memiliki 4 tingkatan. Di tiap undakan / tingkatan kamu dapat melihat bening tebingnya yang terkikis aliran air nampak sangat nyata serta gemuruh suara air yang kencang.

  • Cocok untuk berswafoto

Disini kamu bisa berfoto berlatar 4 tingkatan dari Air Terjun Ie Rhop itu sendiri. Selain itu kamu juga bisa berfoto di aliran sungai kecil yang tak kalah indah yang akan kamu temui sebelum tiba di area air terjun. Namun kamu harus tetap berhati – hati dan perhatikan sekitar karena keadaan disekitar air terjun sangat licin.

Sedikit tips untuk kamu yang berminat mengunjungi air terjun ini yaitu :

  • Pastikan tubuhmu dalam keadaan fit
  • Sebaiknya kamu datang beramai – ramai dengan kawan atau keluarga karena perjalanannya¬† bisa dibilang cukup sulit bila kamu hanya seorang diri dan demi keamanan serta menghindari kamu tersesat di kawasan perbukitan.
  • Wisata ini nampaknya tidak cocok bila kamu membawa si kecil karena medan yang akan ditempuh licin sehingga berbahaya untuknya.
  • Pakailah pakaian yang nyaman dan menyerap keringat karena perjalanannya panjang dan menempuh waktu 2 jam hingga 3 jam belum lagi kamu harus menuruni bukit yang pastinya akan membuat tubuhmu akan dibanjiri keringat.
  • Ada baiknya sebelum berangkat kamu mengisi perut agar tidak kelaparan ketika perjalanan menuruni bukit dan menyusuri sungai.
close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.