in

Air Terjun SKPC, Keindahan Alam Yang Begitu Eksotis

Sumber Gambar: bpbd.subulussalamkota.go.id

Subulussalam adalah salah satu kota yang berada di wilayah perbatasan Aceh dan Sumatera Utara. Kota ini dulunya termasuk dalam kawasan Kota Aceh Singkil, namun sekarang menjadi Kota Madya. Meskipun kurang familiar, namun kota ini memiliki sumber daya alam yang cocok dijadikan sebagai objek wisata. Salah satunya adalah Air Terjun SKPC.

Mendengar namanya saja sudah unik bukan? Selain namanya yang membuat penasaran, air terjun ini konon memiliki keindahan yang sangat menakjubkan lho! Untuk lebih lengkapnya yuk simak apa saja hal istimewa yang dimiliki oleh air terjun ini.

Daya Tarik Air Terjun SKPC Perlu Kalian Ketahui

Namanya yang unik tentu saja akan membuat siapapun yang mendengarnya penasaran. Kata SKPC dari air terjun ini adalah sebuah singkatan dari Satuan Kelompok Pemukiman Blog C Kota Subulussalam. Agar penyebutannya tidak terlalu panjang, maka masyarakat setempat memilih untuk menyingkatnya saja. Selain lebih praktis, singkatan ini juga mampu menjadi daya tarik tersendiri lho!

Sesuai dengan namanya, air terjun ini berada di kawasan kampung SKPC Kecamatan Penanggalan. Letaknya yang tidak begitu jauh dari kota akan membuatmu semakin mudah untuk menemukannya. Berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Air Terjun SKPC yang membuatnya menjadi objek wisata favorit.

  • Terletak Diantara Perkebunan Sawit dan Salak Pondoh

    Sumber Gambar: Google Maps @Irham Anshar

Letaknya yang berada diantara perkebunan sawit dan salak pondoh inilah yang membuatnya berbeda dari air terjun lain. Sepanjang mata memandang kamu akan dimanjakan dengan pohon-pohon sawit dan salak pondoh. Pemandangan seperti inilah yang membuat suasana air terjun ini menjadi lebih khas. Saat berada di pintu gerbang tempat wisata kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan sungai yang jernih dengan bebatuan besar yang mengelilinginya.

  • Memiliki Tinggi Air Terjun Sekitar 20 meter

    Sumber Gambar: Google Maps @BANG DEN CHANNEL

Air terjun dengan ketinggian sekitar 20 eter akan membuat deburan air yang akan tampak indah. Jaraknya yang tidak begitu dekat dengan permukaan akan membuat air yang ada di sungai cukup tenang sehingga aman digunakan untuk bermain. Percikan air dari atas akan terasa sangat sejuk dan menyegarkan. Ditambah lagi air yang jernih membuatmu bisa melihat apa yang ada di dasar kolam air terjun.

  • Bisa Sebagai Sarana Olahraga

Sama dengan air terjun lainnya, untuk bisa mencapai air terjun ini kamu harus menempuh perjalanan yang cukup memakan energi. Meskipun tidak melelahkan namun dibutuhkan usaha untuk bisa sampai. Di SKPC ada anak tangga sebanyak 100  yang wajib kamu lewati. Selain bisa berlibur kamu juga bisa menggunakan kesempatan ini untuk olahraga deh!

Meskipun tidak terlalu banyak namun kamu wajib berhati-hati saat sedang di anak tangga ya! Terutama pada saat musim hujan karena air hujan dapat membuat anak  tangga licin. Perhatikan setiap langkahmu agar tidak jatuh. Lelahmu akan terbayarkan saat sudah sampai di air terjun.

  • Pemandangan Yang Sangat Eksotis

    Sumber Gambar: Google Maps @Ridwan

Sebuah objek wisata akan terkenal jika memiliki pemandangan yang ciamik kan? Tak terkecuali dengan SKPC ini. Air terjun yang dikelilingi oleh pohon sawit dan salak pondoh menghadirkan pemandangan yang begitu eksotis. Air terjun ini seolah menjadi surge tersembunyi di tengah hijaunya pepohonan. Pemandangan semakin sempurna berkat air yang jernih.

Nah, itu dia beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Air Terjun SKPC yang ada di Kota Subulussalam, Provinsi Aceh. Berkunjung ke air terjun akan semakin menyenangkan jika kamu lakukan bersama dengan teman-teman. Pemandangan yang begitu eksotis dan cantik ini akan sangat sayang jika tidak kamu bagikan!