in

Air Terjun Tahee Gantee di Kawasan Hutan Lindung Tiro

Air Terjun Tahee Gantee

Air Terjun Tahee Gantee di Kawasan Hutan Lindung Tiro merupakan sebuah air terjun setinggi 20 meter yang memiliki arti terpukau. Lokasinya berada di hutan lindung setelah melewati kawasan perkampungan Panten Beunoet kemukiman Blang Keudah Kecamatan Tiro.

Air terjun tersebut tepatnya  berada di hulu sungai Tiro, yang langsung berasal dari Gunung Halimoen, Kecamatan Tangse. Jika kamu berkunjung kesana, dijamin kamu akan dibuat tahe gante atau artinya terpukau dengan keindahan alamnya.

Selama perjalanan dipastikan kamu akan disuguhi pemandangan alam yang sangat memukau. Pemandangan berupa padang savana, bukit, dan spesies burung rangkong yang sesekali berkicau dan terbang bebas diantara pepohonan.

Terdapat juga suara gemericik air disela batu besar, udara sejuk diantara pepohonan dan gemericik air sungai yang menemani selama perjalanan. Suasana di lokasi air terjun dan sekitar masih sangat alami karena belum terjamah akan keramaian pengunjung dan keasriannya pun masih sangat terjaga.

Akses Ke Air Terjun Tahee Gantee di Kawasan Hutan Lindung Tiro

Aksibilitas dan insfrastruktur jalan dusun maupun desa masih belum memadai serta medan dipenuhi dengan tanjakan. Oleh karena  itu, wisatawan diharuskan mempersiapkan kondisi badan yang sehat. Untuk bisa menuju lokasi Air Terjun Tahee Grantee, kamu bisa mengaakses menggunakan jalan kaki maupun roda dua hingga roda empat.

Setelah tiba melewati kawasan perkampungan Panten Beunoet kemukiman Blang Keudah Kecamatan Tiro, kamu kemudian dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki hingga ke objek wisata air terjun.

Pada tempat wisata ini, kamu bisa menikmati sejuknya bermain air hingga berenang pada aliran air di Air Terjun Tahee Grantee. Disana juga terdapat berbagai spot foto bernuansa alam sehingga dapat membuat para wisatawan betah untuk berselfie hingga groofie.

Biasanya wisata ini  ramai dikunjungi pada akhir pekan atau hari libur nasional. Berkunjung dan menikmati wisata air terjun ini, kamu tak dipungut biaya apapun alias gratis dan hanya perlu mematuhi peraturan yang berlaku, seperti tidak membuang sampah sembarangan.

Tips Berlibur di Air Terjun Tahee Gantee

Liburan merupakan suatu kegiatan yang dinanti-nanti setelah melakukan rutinitas monoton sehari-hari. Liburan menjadikan otak kamu tenang, rilex dan refreshing dari segala hiruk pikuk rutinitas yang sibuk.

Dengan mengesampingkan segala pekerjaan yang melelahkan untuk sementara waktu. Bukan hanya sekadar bersenang-senang saja, liburan juga dapat memberikan kesehatan, mulai dari menyehatkan jantung hingga meningkatkan imunitas tubuh.

Ada banyak sekali destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi, salah satunya air terjun “Tahee Grantee”. Berlibur ke alam terbuka memang suatu kesan yang bermakna. Yuk mari simak tips berlibur di air terjung “tahee gantee” agar liburanmu tetap aman dan nyaman.

  1. Membawa Pakaian Seperlunya

Membawa pakaian dengan jumlah banyak tentu saja bukan pilihan tepat. Sebaiknya. membawa pakaian seperlunya, mengingat kamu akan berenang di air terjun “Tahee Grantee”

  1. Mempersiapkan obat-obatan

Tidak ada yang tahu apa yang bisa terjadi di alam, maka dari itu persiapan obat-obatan juga tak kalah penting. Bawalah persediaan obat-obatan P3K hingga obat alergi atau obat lain yang biasanya kamu perlukan.

  1. Membawa bekal makanan dan minuman

Membawa bekal makanan dan minuman yang dapat mengganjal perut, contohnya seperti roti ataupun biscuit serta air mineral. Karena belum tentu kamu akan menemukan pedagang makanan disana. Maka dari itu, jika perut lapar, tidak bingung mencari makanan dan minuman untuk mengganjal perut. Terlebih lagi, hal ini membuat keuanganmu lebih hemat.

  1. Siapkan fisik dan mental agar selalu prima

Sebelum kamu berangkat, kamu harus memastikan kondisi kesehatanmu dalam keadaan prima. Karena kesehatan fisik sangat mempengaruhi mental, begitu juga sebaliknya.

  1. Membawa kamera

Kamera merupakan salah satu barang yang wajib dibawa. Patinya kamu tidak mau kan kehilangan momen-momen indah dan berkesan saat mengeksplor air terjun “Tahee Grantee” bukan? Sangat disayangkan jika momen itu tidak kamu abadikan dalam bentuk potret.

  1. Membawa Pemandu

Pilihlah pemandu local yang benar-benar paham kondisi tempat wisata tersebut supaya kegiatan liburan kamu menjadi lebih aman dan nyaman.

Nah itulah beberapa tips agar liburan kamu aman dan nyaman. Nikmati setiap keindahan Air Terjun “Tahee Gantee” di Kawasan Hutan Lindung Tiro dan sekitarny. Rasakan rintangan yang kamu lewati selama perjalanan. Karena sejatinya rintangan tersebutlah yang akan memberikan kesan, kenangan dan kepuasan tersendiri.

Geomedia - JFK 2022