in

Bak Sungai Amazon, Indahnya Menyusuri Sungai Yaweei

Sungai Yaweei
Sumber Gambar: disbudpardeiyai.blogspot.com

Sungai Yaweei merupakan salah satu sungai terbesar yang ada di Papua. Sungai ini mengalir dari danau Paniai dan hilirnya di laut Selatan Papua. Sungai ini melalui beberapa kabupaten yang ada di bagian Selatan Papua. Jika kamu merupakan traveler yang menyukai wisata alam, maka sungai ini akan menjadi salah satu favoritmu. Selain indah, sungai ini juga memiliki aliran air yang cukup jernih lho!

Nama Sungai Yaweei ternyata memiliki makna, kata Yaweei berasal dari bahasa Mee yang artinya silhakan lewat atau ada juga yang mengartikan selamat datang. Arus sungai ini di hulunya tidak begitu deras dan tenang namun di pertengahan seperti pada beberapa kampung yaitu Kokobaya, Yaba dan lainnya memiliki arus sungai yang deras dan berbusa sehingga cukup berbahaya.

Pesona Sungai Yaweei Yang Memberikan Kesegaran

Sumber Gambar: Twitter@yibubutu

Keindahan alam yang ada di wilayah Indonesia bagian timur memang tidak pernah mengecewakan, khususnya Papua. Meskipun berada di ujung timur, namun kekayaan alamnya yang sangat mencolok membuat wilayah ini tidak pernah lepas dari pecinta wisata. Saking indahnya, bahkan sungai yang ada di wilayah ini sangat sayang untuk dilewatkan lho!

Jika sungai-sungai yang ada di Pulau Jawa terkesan biasa dan justru kumuh, maka berbeda dengan sungai yang ada disini! Airnya yang jernih dengan pemandangan alam yang asri dan hijau pasti akan mengundang setiap orang yang melewatinya untuk mampir. Mendengar arus sungai yang tenang dan hawa sejuk dari pepohonan sekitar akan membuatmu nyaman untuk berlama-lama disini.

Penduduk lokal seringkali menyebut Sungai Yaweei ibarat Sungai Amazonnya Indonesia. Ini disebabkan karena aliran sungai yang panjang dan menjadi sumber air untuk beberapa wilayah yang dilewatinya. Selain itu, sungai ini juga dikelilingi oleh bukit dan pepohonan yang membuatnya semakin mirip dengan sungai  Amazon. Jadi kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan sensasi sungai Amazon deh! Untuk lebih lengkapnya, ini dia daya tarik dari sungai Amazon ala Indonesia.

  • Dikelilingi Pepohonan Yang Lebat dan Besar

    Sumber Gambar: lintasmeepago.blogspot.com

Jika kamu sering melihat documenter tentang sungai Amazon, pasti kamu akan fokus dengan pepohonan yang mengelilingi sungai bukan? Nah, kamu juga akan melihat hal yang sama saat berkunjung ke Yaweei. Meskipun suasanya tidak selebat dan segelap sungai Amazon, namun sensasinya sangat mirip lho! Terlebih saat kamu memutuskan untuk menjelajahi sungai ini.

  • Lokasi Yang Sangat Strategis Dan Bisa Diakses Dengan Mudah

Yang membuat sungai ini terkenal salah satunya adalah lokasinya yang strategis. Berada di wilayah Paniai, sungai ini dapat ditempuh dengan sangat mudah. Setiap orang yang melewati sungai ini pasti akan selalu mampir untuk sekedar beristirahat ataupun menikmati keindahan alam.

  • Air Yang Sangat Jernih

Ini merupakan daya tarik utama dari sungai ini. Jika biasanya kamu melihat sungai mayoritas berwarna kecoklatan, maka berbeda dengan sungai ini. Aliran sungainya sangat jernih berwarna hijau alami. Arusnya juga menyenangkan, membuat siapapun yang melihatnya akan tenang dan damai. Jika kamu membasuh muka dengan air sungai, sejuknya air sungai akan membuatmu segar kembali.

Nah, itu dia beberapa daya tarik dan ciri khas dari Sungai Yaweei yang sudah menjadi Sungai Amazonnya Indonesia. Jika kamu berlibur dan mengunjungi sungai ini, pastikan untuk selalu mengamati arus sungai ya! Karena ada saatnya pada beberapa waktu arus akan menjadi sangat deras sehingga para pengunjung disarankan untuk selalu berhati-hati.