in

Dam Raman Metro Wisata Bendungan Favorit Dengan Spot Kompleks

Sumber Gambar: Instagram @gerald_abdi_f

Bendungan Dam Raman menjadi wisata unggulan dan juga wisata favorit yang ada di Kota Metro. Dam raman ini merupakan bendungan tua dan dibangun pada masa kolonial Belanda. Tetapi masih berfungsi dengan baik dan menjadi destinasi wisata dengan berbagai macam spot di daratan maupun di bendungan.

Di Provinsi Lampung sendiri dan pulau Sumatra Dam Raman menjad satu – satunya wisata bendungan yang paling kompleks. Hal ini membuktikan bahwa pengelolaan untuk Bendungan Dam Raman sangat baik dengan fasilitas yang sangat memadai.

Walaupun Bendungan Dam Raman ini menyediakan sarana dan fasilitas yang cukup kompleks, tetap I tidak membuat wisata bendungan ini membandrol tarif tiket masuk yang mahal pula. Bahkan wisata bendungan ini sama sekali tidak memberlakukan tarif kontribusi tiket masuk apapun. Dengan kata lain free destination.

Sumber Gambar: sebatin.com

Hal menarik lain dari destinasi wisata ini yaitu merupakan destinasi wisata alam yang mempunyai sarana khusus amal / donasi. Hasil donasi nantinya akan diberikan kepada beberapa siswa melalui program beasiswa kambing ku. Terkadang Dam Raman juga mengadakan perlombaan khusus yang dapat diikuti siapapun, seperti lomba menulis. Dalam perlom juga disediakan berbagai hadiah menarik.

Lokasi Bendungan Dam Raman

Letak dari Bendungan Dam Raman berada di Jl Dam Raman no 1, Purwosari, Metro Utara, kota Metro. Letak dari bendungan tersebut memang tidak berada di pusat Kota Metro. Tetap dapat dijangkau dengan cukup mudah. Terlebih lagi Dam Raman menjad pusat irigasi untuk Kota Metro.

Untuk arah pusat kota Bandar Lampung, waktu perjalanan yang dibutuhkan menuju ke Dam Raman sekitar ±2 jam. Sementara dari arah pusat Kota Metro, hanya membutuhkan waktu perjalanan selama ±20 menit.

Harga Tiket Masuk Bendungan Dam Raman

Destinasi wisata bendungan ini tidak memiliki tiket masuk apapun. Jadi dapat berkunjung dengan bebas. Hanya saja untuk pengunjung yang membawa kendaraan, akan dikenakan tarif parkir. Besarnya tarif parkir untuk sepeda motor yaitu 5000 IDR dan mobil sebesar 10.000 IDR. Selain akomodasi parkir, pengunjung juga harus membayar untuk beberapa spot, seperti perahu bebek, area panahan serta paket outbound. Harga untuk akses spot khusus tersebut tidak begitu mahal, mulai dari 15.000 IDR per orang.

Spot Wisata Bendungan Dam Raman

Wisata Bendungan Dam Raman memiliki berbagai macam spot destinasi wisata yang kompleks. Hal ini membuat wisata ini menjadi tujuan utama setiap orang yang berkunjung di Metro dan penduduk Kota Metro itu sendiri. Terlebih lagi di wisata bendungan tidak ada tiket masuk apapun. Beberapa diantaranya ada spot wisata gratis dan ada pula yang berbayar.

Sumber Gambar: Instagram @lucktygs

Di bawah ini merupakan daftar dari spot wisata Bendungan Dam Raman yang berbayar, selain daftar spot wisata yang ada di bawah ini merupakan spot wisata gratis. Berikut ini merupakan daftar spot wisata tersebut :

1. Kolam renang

Kolam renang menjadi menjadi menjadi salah satu spot wisata berbayar yang ada di Bendungan Dam Raman. Besarnya tarif akses masuk di kolam renang yaitu 15.000 IDR untuk weekday dan ±20.000 IDR pada weekend.

Sumber Gambar: Google Maps @Maida Lestari

Kolam renang yang ada di wisata bendungan ini merupakan jenis kolam olympic. Tetapi tidak mempunyai kedalaman yang curam. Kondisi kolam renang sangat jernih dan bersih. Di sepanjang tepi kolam telah tersedia bangku dan dilengkapi dengan atap.

2. Area panahan

Spot yang kedua ini juga menjadi spot berbayar. Besarnya tarif panahan dalam 30 menit yaitu sebesar 15.000 IDR per orang. Sedangkan untuk tarif panahan selama ±1 jam yaitu sebesar 25.000 IDR per orang.

Sumber Gambar: Instagram @suharni.lilis

Memanah bukan merupakan hal yang asing di Indonesia dan telah ada sejak masa kerajaan HIndu Buddha. Hanya saja akhir – akhir ini, memanah menjadi salah satu aktivitas yang banyak diminati. Bahkan ada beberapa destinasi wisata yang menyediakan spot panahan.

Baik untuk tarif 15k IDR dan 25k IDR, masing – masing orang akan memperoleh fasilitas yang sama. Fasilitas tersebut berupa sebuah busur panah dan 3 buah anak panah. Sehingga jika anak panah telah habis maka ambil anak panah yang jatuh / telah tertancap di area panah.

3. Outbound

Sedangkan untuk spot yang ketiga juga termasuk jenis spot yang berbayar. Hanya saja untuk spot yang satu ini ada 2 buah pilihan. Pilihan pertama yaitu single outbound, yang mana hanya dapat memainkan satu buah permainan saja. Untuk tarif dari 1 buah permainan outbound ini dibandrol mulai dari 10.000 IDR per orang. Bahkan ada beberapa permainan outbound yang gratis.

Untuk pilihan yang kedua yaitu paket wisata outbound. Wisata paket outbound ini ada suatu persyaratan, yaitu peserta minimal 50 orang. Daftar permainan outbound yang akan dimainkan meliputi flying fox, trust fall, spider net, blind walk, two line bridges, ball river, transfer water, human bridge, critical tower, big foot dan japanese war.

Untuk paket ini tersedia dalam 2 macam. Paket yang pertama yaitu paket 100k, dengan fasilitas wisata alam, perlengakapan kegiatan, makan 1×, 1 botol air mineral, trainer, P3K, dokumentasi (dalam bentuk disc dengan format video dan gambar). Sementara untuk paket yang kedua yaitu paket 150k dengan fasilitas sama dengan paket pertama, hanya saja untuk paket yang kedua akan mendapatkan kaos eksklusive Dam Raman.

4. Hammock

Spot hammock ini menjadi spot khusus untuk bersantai dengan berbaring di hammock. Bagi yang berminat untuk bersantai di hammock harus menyewa terlebih dahulu. Besarnya tarif sewa hammock untuk 1 jam sebesar 5.000 IDR.

5. Perahu bebek

Spot ini menjadi spot yang tidak boleh untuk dilewatkan. Sebab spot perahu bebek menjadi spot paling sempurna untuk eksplorasi luasnya Bendungan Dam Raman. Bendungan Dam Raman. Oleh karena itu darurat semua spot yang ada, spot perahu bebek merupakan spot utama yang ada di bendungan ini. Karena pada dasarnya wisata Dam Raman merupakan wisata bendungan yang memiliki area air yang luas.

Sumber Gambar: Google Maps @Nurma Tanjung

Untuk spot ini juga menyediakan berbagai macam jenis perahu. Ada yang berbentuk hewan seperti bebek, angsa, katak dan lain sebagainya. Ada pula yang mempunyai bentuk biasa / oriental dan hanya berupa perahu yang dilengkapi dengan atap.

Besarnya tarif untuk spot perahu bebek ini tidak terlalu mahal. Harga sewa perahu mulai daring 5.000 IDR per 2 orang. Sebuah perahu hanya dapat membuat 2 orang. Tarif sewa tersebut berlaku dialamatkan kurun waktu 15 menit. Jika hendak menyewa perahu bebek lebih lama, maka harus mengeluarkan biaya tambahan.

6. Camping ground

Selain dijadikan sebagai destinasi wisata bendungan, Dam Raman juga sangat cocok untuk camping. Suasana bendungan yang telah dipenuhi dengan tumbuhan, membuat pesona bendungan bak danau.

Hal ini membuat Dam Raman sangat sempurna sebagai camping. Apalagi fasilitas yang ada di bendungan ini sangat kompleks. Lalu letak dari bendungan yang tidak begitu terpencil, dapat dengan mudah untuk mencari makanan dan minuman. Dapat pula melakukan order melalui e-commerce.