in

Taman Merdeka Metro Tempat Wisata Ikonik Sebagai Simbol Kota Metro

Sumber Gambar: Instagram @26aerial_landscape

Taman Metro menjadi destinasi wisata unggulan yang ada di daerah metro. Taman tersebut juga menjadi destinasi wisata favorit bagi semua orang tanpa terkecuali. Bukan hanya itu saja, fasilitas yang disediakan di taman sangat kompleks. Selain itu spot yang ada di taman sangat unik, menari dan ikonik.

Sumber Gambar: Google Maps @Lilis Lisnawati

Lokasi Taman Merdeka Metro

Lokasi dari destinasi wisata ini sangat strategis dan berada di tengah – tengah pusat kota metro. Letaknya pun juga berada di suatu persimpangan jalan dan dikelilingi dengan gedung / fasilitas publik. Alamat lengkap dari taman ini berada di Jl AH Nasution, Imopuro, Metro Pusat, Metro.

Untuk e arah timur taman terdapat Gereja Khatolik Hati Kudus Yesus, RS Ahmad Yani Metro, Bank BRI dan Lampung. Sedangkan di arah barat terdapat Masjid Tagwa, pusat perbelanjaan modern dan tradisional, Samsat dan lain sebagainya.

Fasilitas Taman Merdeka Metro

Fasilitas yang ada di Taman Merdeka Metro bukan hanya sekedar kompleks dan memadai. Namun fasilitas yang ada sangat ikonik dan unik. Maka dari itu itu, fasilitas taman menarik perhatian banyak orang.

Berikut ini merupakan daftar fasilitas yang ada di Taman Merdeka Metro:

1. Akses free wifi

Fasilitas pertama yang ada di Taman Metro yaitu akses free wifi. Fasilitas ini menjadi salah satu faktor taman sebagai tempat nongkrong favorit. Di tempat ini pengunjung pun dapat memanfaatkan akses free wifi sepuasnya dan tanpa dikenakan biaya apapun.

Sumber Gambar: Facebook @SkyscraperCity Lampung

Di tempat ini pula menjadi area berkumpulnya / pusat gathering berbagai macam golongan, terutama bagi para pelajar. Biasanya tujuan utama para remaja berada di taman yaitu untuk menyelesaikan tugas sekolah, gaming, keperluan komunitas, hunting foto dan lain sebagainya.

2. Food court

Di taman merdeka ini juga telah dilengkapi dengan area food court dengan konsep semi outdoor. Pada area food court taman menyediakan berbagai macam menu makanan, baik yang bernuansa tradisional hingga olahan yang sedang hits. Daftar menunya mulai dari siomay, aneka jus, geprek, bakso, jagung bakar, mie ayam dan lain – lain.

Fasilitas yang ada di area food court juga sangat memadai dan teratur. Harga per porsi juga cukup murah. Apalagi saat terdapat sebuah acara di taman. Mungkin akan sale makanan besar – besaran.

3. Toilet anti mainstream

Khusus untuk fasilitas yang satu ini menjadi fasilitas yang cukup unik dan langka. Toilet yang ada di Taman Merdeka Metro sama dengan toilet pada umumnya, hanya saja ada suatu hal yang membedakan antara toilet yang satu ini dengan toilet lainnya. Hal itu adalah letak toilet.

Toilet yang ada di taman ini tidak berada di atas tanah, melainkan berada di dalam tanah. Keunikan ini menjadi hal yang cukup langka dan mungkin menjadi satu – satunya toilet bawah tanah yang ada di Kota Metro ini. Bahkan menjadi toilet bawah tanah pertama yang ada di pulau Sumatra. Untuk bangunan toilet bawah tanah ini sama seperti toilet pada umumnya. Hanya saja letak dari toilet yang tergolong cukup anti mainstream dan langka.

4. Car free day

Untuk fasilitas yang satu ini menjadi fasilitas kehidupan yang cukup eksklusive. Dimana menjadi moment yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Dengan fasilitas ini tubuh dapat benar – benar menghirup udara yang sangat bersih, segar dan tanpa adanya suatu polusi apapun walaupun hanya selama sehari.

Untuk car free day ini hanya diadakan satu hari dalam 1 minggu, tepatnya pada hari minggu. Jadi untuk mengunjungi taman merdeka di hari minggu, sebaiknya gunakan alat transportasi umum / sepeda / sepatu roda ataupun skateboard.

5. Free destination dan 24 jam non stop

Fasilitas ini juga menjadi satu satu faktor akan wisata favorit dan sangat recommend. Pengunjung dapat mengunjungi taman merdeka ini kapan pun tanpa terikat waktu. Sebab taman ini dibuka selama 24 non stop. Kemudian Taman Merdeka Metro juga menjadi salah satu tempat wisata free destination / tidak adanya akomodasi tiket masuk apapun dan bebas dari pungli.

Spot Taman Merdeka Metro

Selain fasilitas yang ada menjadi sorotan publik, spot yang ada di taman juga turut menyita perhatian. Karena spot yang ada di taman merdeka ini cukup ikonik. Beberapa diantaranya sangat legendaris dan menyimpan kisah paling bersejarah di Kota Metro.

Berikut ini adalah daftar spot yang ada di Taman Merdeka Metro:

1. Tugu meterm

Tugu yang satu ini menjadi spot utama yang ada di Taman Merdeka Metro ini. Tugu meterm menyimpan suatu kisah yang bersejarah bagi keberadan kota metro dan awal mula dari kota lama ini.

Sumber Gambar: Google Mpas @Ahmad Fikri Muzakki

Untuk kata metro sendiri diadaptasi dari bahasa Belanda dan berasal daring kata meterm. Arti dari kata meterm yaitu pusat. Awalnya kota metro ini menjadi salah satu kota yang dibangun Belanda sebagai pusat kota. Bahkan hingga Konica kota metro menjadi kota besar yang ada di Lampung, meskipun bukan sebagai pusat pemerintahan pusat

Sumber Gambar: wartawisata.id

Sehingga fungsi dari tugu meterm ini sebagai simbol dan sekaligus identitas kota metro. Bola pada tugu ini dibuat dari material perunggu dan mempunyai desain yang hampir mirip dengan trophy Liga Eropa. Proses pembangunan Tugu meterm ini mencapai ±2 miliyar rupiah.

2. Signage I love metro

Spot ini juga menjadi spot utama yang ada di taman merdeka. Hal ini disebabkan karena penggunaan huruf I love metro sangat ikonik. Kata I yang ada di signage I love metro menggunakan simbol Tugu Meterm.

Sumber Gambar: razonewane.com

Selain itu penggunaan kata love dan huruf m pada metro cukup menarik. Kata m dibuat seperti love sign. Hal tersebut juga sekaligus mewakili kata love. Perbaduan warna yang digunakan sangat cerah.

3. Asmaul husna

Sumber Gambar: razonewane.com

Di Taman Merdeka Metro terdapat spot khusus yang sangat religious. Dimana dalam spot tersebut terdapat tiang yang tersusun secara rapi. Di atas tiang tersebut tertulis Asmaul husna.

4. Prasasti bebas buta huruf

Prasasti ini menjadi salah satu bukti atas program pemerintah daerah kota metro yang telah terealisasikan dengan sangat baik. Program tersebut merupakan bebas buta huruf dan angka. Program ini dilaksanakan pada era orde baru. Pada saat orde baru, sosialisasi pendidikan masih sangat minim dan banyak orang yang mengalami buta huruf / tidak bisa membaca ataupun menulis.

Oleh karena itu pemerintah setempat pun merencakan program bebas buta huruf. Dimana setiap orang, khususnya orang dewasa dan lansia akan mendapatkan pendidikan gratis. Dalam pendidikan tersebut akan mendapatkan pelajaran tentang membaca dan menulis.

Setelah program tersebut terealisasikan dengan sempurna dan tidak ada lagi orang yang tidak mengerti untuk membaca dan menulis. Sehingga pada 1999 dibangun sebuah prasasti yang menjadi bukti salah satu program pemerintah yang sukses. Prasasti diresmikan secara langsung oleh bp Poedjono Prayonto.