in

Eksotisme Pantai Segara Indah di Biak Numfor

Sumber Gambar: Google Maps @Oemar Ichsan

Saya yakin tidak ada traveler yang akan bosan jika mengunjungi tanah Papua. Kali ini saya ingin mengajak traveler pergi kebagian paling timur Papua. Mengunjungi pantai Segara Indah yang ada di sisi timur Biak Numvor.

Pantai Segara Indah atau dikenal juga dengan nama Pantai Bosnik terletak di Desa Woniki, Biak Timur, Kabupaten Numfor, Propinsi Papua. Pantai yang penuh dengan keindahan alamnya ini tidak hanya memikat wisatawan lokal saja, namun juga wisatawan Mancanegara.

Pantai yang menjadi primadona bagi masyarakat Biak ini sangat layak untuk dikunjungi traveler. Apalagi jika traveler berangkatnya tidak sendirian, melainkan Bersama teman, sahabat dan pasangan tentunya akan menjadikan momen paling berharga dihidup traveler.

Sudah siap untuk membiasakan diri mengenal Papua? Mengenal Papua yang bukan hanya Raja Ampat saja keindahannya? Yuk kita lihat lebih dalam keindahan Pantai Segara Indah di Biak Numfor.

Baca selengkapnya di Wisato.id

Cara ke Lokasi Pantai Segara Indah

Tahan sejenak hasratnya untuk mencari tahu lebih jauh tentang Pantai Segara Indah. Pertama dan yang paling penting dari berwisata. Kita bahas terlebih dahulu bagaimana cara menuju lokasi pantai dan berapa perkiraan budget yang harus traveler persiapkan untuk bisa menikmati keindahan alam Biak Numfor.

Sumber Gambar: Google Maps @rei art

Agar semua traveler pembaca setia Wisato.id bisa memahami dengan mudah. Kita akan asumsikan perjalanan traveler berawal dari Kota Jakarta. Tidak perlu takut untuk berwisata ke Biak Numfor. Apalagi mungkin sebagian traveler baru mendengar pertama kali Biak Numfor. Walaupun asing ditelinga, tapi sudah banyak maskapai yang membuka penerbangan ke Biak.

Pilihan terbaik traveler untuk menghemat waktu tempuh tentunya menggunakan pesawat terbang. Dengan hanya merogoh kocek sekitar Rp 3 juta, traveler sudah bisa duduk manis sambil mempersiapkan diri ketika sampai di Biak.

Biasanya pesawat dari Jakarta akan melakukan transit terlebiih dahulu di Bandar Udara Hasanudin, Makassar. Lama perjalanan dari Jakarta ke Makasar kira-kira hanya memakan waktu sekitar 3 jam saja. Dari Makasar ke Biak hanya membutuhkan waktu 3,5 jam.

Namun jika traveler kurang beruntung, traveler kemungkinan melakukan 2x transit yaitu di Jayapura. Jarak antara Jayapura sebenarnya sangat dekat. hanya 1 jam saja. Tapi traveler harus mempersiapkan waktu, karena biasanya membutuhkan waktu 1 hari jika transit di Jayapura. Kemungkinan menginap di bandara sangat besar jika 2x transit.

Baca Juga : Keindahan Besar di Pulau Mungil Miosindi

Dari atas pesawat traveler sudah bisa melihat keindahan Biak Numfor. Gugusan pulau beserta birunya laut membentang sepanjang perjalanan, seolah-olah menyambut traveler dengan hangat saat memasuki Biak.

Setelah sampai di Biak, traveler sudah bisa langsung menuju lokasi utama Pantai Segara Indah atau yang disebut juga Pantai Bosnik. Jarak antara pusat kota Biak dan Pantai Segara Indah hanya sekitar 15 km. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit jika menaiki kendaraan.

Pinggiran Pantai Segara Indah
Sumber Gambar : Twitter @RIvkiiii

Untuk menuju lokasi traveler bisa menaiki ojek ataupun angkutan umum. Ongkosnya juga sangat murah loh, hanya sekitar Rp 20 ribu – 30 ribu saja. Negosiasinya jangan terlalu kejam ya traveler, hitung-hitung sedekah saat berwisata.

Jika traveler membawa teman atau anggota keluarga yang banyak. Traveler juga bisa menyewa mobil untuk menuju lokasi. Biaya sewa mobil juga sangat murah, tidak beda jauh dari angkutan umum. Untuk 1 mobil yang bermuatan 5 orang, traveler dikenakan biaya Rp 350 ribu per hari. Murah sekali bukan?

Nah begitulah cara menuju lokasi utama Pantai Segara Indah. Yuk kita intip keindahan alam di Pantai Segara Indah.

Suasana Pantai Segara Indah

Suasana di Pantai Segara Indah
Sumber Gambar: Twitter @Rulandkawer

Pantai ini benar-benar dirawat oleh masyarakat sekitar dan pemerintah setempat loh. Begitu traveler turun dari kendaraan hamparan pasir putih yang bersih, birunya air laut dan suasana yang begitu bersih akan menyambut traveler.

Karena memang tempat ini dijadikan objek wisata, sehingga suasana pantai akan sangat-sangat nyaman dikunjungi. Untuk mengjungi pantai ini hanya dikenakan biaya Rp 10 ribu saja. Jauh perjalanan tentunya akan membuat traveler sedikit capek. Beristirahat sambil meluruskan kaki di saung yang ada dipinggiran pantai tentunya akan mengasyikan.

Biaya sewa saung sangat murah loh, Rp 50 ribu traveler sudah bisa menyewa saung sepuasnya. Tentunya kurang lengkap jika tidak duduk sambal meminum es kelapa segar yang dijual oleh masyarakat sekitar. Setelah capek dibadan hilang, saatnya bermain air.

Suang di Pantai Segara Indah
Sumber Gambar : Devanstorial.blogspot.com

Berenang dipantai sebersih Pantai Segara Indah tentunya akan menjadi vitamin sea bagi traveler. Lokasi pantai juga cocok banget loh untuk pakai snorkeling, terumbu karang dan ikan disekitar pantai sangat banyak. Tentunya momen menyelam menjadi begitu menyenangkan.

Nah traveler yang mungkin kelupaan membawa alat snorkeling bisa menyewa juga loh. Masyarakat sekitar banyak yang membuka jasa penyewaan. Lagi-lagi hanya Rp 10 ribu traveler sudah bisa menyewa seharian. Bahkan traveler juga bisa menyewa ban untuk menikmati bersantai diatas air Pantai Segara Indah.

Sunset di Pantai Segara Indah
Sumber Gambar : Twitter @Lowopari

Bagi traveler yang berenang dan snorkeling tetap berhati-hati ya. Karena arus di Pantai Segara Indah cukup deras. Tentunya jika traveler membawa keluarga, harus banget untuk memonitoring keluarga.

Bagaimana tertarik untuk mengunjungi sisi timur Papua? Ikuti terus Wisato.id untuk mendapatkan informasi dan rekomendasi terbaik wisata di Indonesia.