in

Gerdaris Nyama, Pantai Terpanjang Di Pulau Moa Maluku

Sumber Gambar: republikwisata.com

Jika kamu ditanya pernah berlibur ke pantai atau tidak? Jawabannya pasti pernah. Ya, kebanyakan orang pasti pernah berlibur ke pantai. Tapi, apakah kamu pernah melihat pantai terpanjang? Jika belum, kamu harus pergi berkunjung ke Kota Maluku. Gerdaris Nyama sebutannya, pantai terpanjang di pulau Moa Maluku.

Pulau Moa adalah salah satu pulau yang terletak di Maluku, tepatnya di Maluku Barat Daya. Mungkin kamu belum pernah mendengar bahwa di daerah Maluku Barat Daya ini memiliki keindahan alam yang cukup mengagumkan.

Bahkan tempat ini menyimpan begitu banyak hal menakjubkan yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Tidak heran jika daerah ini disebut-sebut sebagai surganya para traveler.

Pesona Pantai Gerdaris Nyama yang Nyaris Tak Tersentuh Wisatawan

Penasaran kan bagaimana pesona pantai ini? Yuk baca artikel di bawah, dijamin bakal bikin kamu terpesona dalam bayang-bayang.

  • Peta lokasi

Pantai terpanjang yang belum dikenal masyarakat luas dan nyaris tak tersentuh ini berada di pulau Moa, tepatnya di dusun Nyama Kabupaten Maluku Barat Daya. Bisa ditempuh kurang lebih 30 menit dengan jarak 25 kilometer dari kota Tiakur. Sayangnya, di daerah ini masih minim sekali transportasi umum. Jadi, jika ingin berkunjung kesini pastikan kamu membawa kendaraan pribadi sendiri ya.

  • Suasana dan keindahan pantai

    Sumber Gambar: Facebook @chiko.miko

Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, saat tiba di sana kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan pasir putih berpadu merah yang menawan. Bagaimana tidak, pantai ini memiliki panjang kurang lebih 7 sampai 9 kilometer.

Wah, cukup luas bukan? Sejauh mata memandang kamu juga akan melihat ombak yang tenang disertai birunya air laut. Selain itu kamu bisa menikmati keindahan tersebut dari tempat singgah yang disediakan, seperti gazebo atau pondok-pondok yang berdiri di sepanjang pantai.

  • Tempat pacuan kuda paling eksotis

Selain pemandangan pantainya yang cantik, kamu juga akan melihat kuda-kuda berkeliaran di sana. Yups, pantai ini kerap dijadikan sebagai tempat pacuan kuda oleh warga setempat. Pantai ini juga sempat terpilih sebagai tempat kegiatan Baku Dapa Anak dan Remaja Seklasis GPM Maluku dan Maluku Utara  tahun 2018 yang lalu. Dan juga, pantai ini biasa digunakan untuk bermain bola loh. Sangat asyik kan?

  • Saksi bisu Perang Dunia II

Di balik keindahannya yang sangat memanjakan mata, ternyata ada peristiwa besar yang pernah terjadi di pantai terpanjang pulau Moa. Siapa sangka tempat ini pernah menjadi saksi bisu Perang Dunia II. Ya, tempat ini dijadikan landasan pesawat oleh pihak Jepang dan Amerika Serikat pada saat perang tersebut. Sayangnya, jejak-jejak bersejarah itu kini sudah menghilang. Jadi, cerita-cerita tersebut bisa kamu dengar kembali dari warga setempat.

  • Surga yang tersembunyi

Meskipun disebut-sebut sebagai surganya para traveler, tetapi pada kenyataannya tempat ini sangat asing bagi mereka. Hal ini bisa terjadi karena sangat sulitnya akses komunikasi maupun transpotasi di daerah tersebut. Akibatnya daerah ini kurang dijamah serta dipromosikan oleh wisatawan yang datang. Padahal potensi alam yang ada bisa dijadikan sebagai tempat pariwisata paling populer di Maluku.

Wah, terbayang sangat mengagumkan sekali ya. Itu tadi beberapa poin yang menggambarkan tentang pantai terpanjang di pulau Moa. Tempat ini bisa banget kamu masukkan ke dalam list perjalanan liburanmu loh. Surga tersembunyi yang bakal bikin kamu betah berlama-lama disana.