in

Menikmati Keelokan Biak Numfor dari Pantai Tamasya

Sumber Gambar: Instagram @aditosan

Bisa dibilang Papua adalah tanah surga, hampir semua keindahan alam ada di provinsi paling timur di Indonesia itu. Dimulai dari kumpulan air terjun yang menyegarkan, kemudian ada pula goa-goa dengan penuh cerita sejarah, perbukitan hijau yang menyejukkan mata, dan ada pulau deretan pantai yang memanjang dengan pemandangan eksotis. Ya begitulah sekranya Papua, surga yang tertinggal di Bumi Pertiwi.

Ngomongin soal pantai di Papua, tentunya banyak yang cantik. Nah apabila teman traveler berkunjung ke sana, jangan lupa untuk mampir ke Pantai Tamasya. Pantai yang sangat cocok sebagai tempat mengusir penat. Yuk, mari berkenalan lebih dekat dengan Pantai Tamasya!

Lokasi Pantai Tamasya

Secara geografis, Pantai Tamasya ini berada di Pulau Biak, yang terletak di sebelah utara dari Pulau Japen. Nah, secara administratif pantai yang satu ini terletak di Anggopi, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Lokasinya tak terlalu jauh dari pusat Kota Biak, dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor selama sekitar 50 menit dengan jarak tempuh sejauh 30 km. Bagaimana, menarik bukan?

Keindahan Pantai Tamasya

Sumber Gambar: Google Maps @Loriyanthi Malacoppo

Setelah melalui perjalanan singkat dari Kota Biak, sesampainya di Pantai Tamasya para pengunjung akan langsung disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Hamparan laut biru akan nampak indah di depan mata, berhiaskan gulungan ombak dengan suara deburan yang mengalun merdu.

Pantai Tamasya juga memiliki pasir putih yang lembut di bagian tepinya. Tak ketinggalan, ada pula puluhan atau bahkan ratusan pepohonan rindang yang berdiri dan seakan siap melindungi para pengunjung dari teriknya paparan sinar matahari siang.

Keseruan dan Sunset di Pantai Tamasya

Sumber Gambar: Instagram @aditosan

Dengan bentang alam yang begitu menawan, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh para pengunjung di Pantai Tamasya. Berenang di birunya air laut sudah pasti harus dicoba. Namun, jika tidak membawa baju ganti yang cukup, masih ada keseruan lain yang bisa dilakukan, salah satunya adalah bermain pasir. Duduk-duduk bersantai menikmati keindahan Pantai Tamasya di tepi dan di bawah pepohonan rindang pun bisa menjadi alternatif, apa lagi ditemani dengan minuman kelapa muda. Pasti waktu tak akan terasa, mengalir begitu cepat, dan kamu pun terbuai.

Apabila ingin melihat pemandangan Pantai Tamasya lebih utuh, para pengunjung juga bisa menyewa perahu nelayan setempat. Ajak mereka untuk mengantarkanmu berkeliling membelah birunya air laut di sekitar pantai.

Sumber Gambar: Instagram @@cindycarolt

Oh ya, sunset atau pemandangan matahari tenggelam di Pantai Tamasya juga sangat cantik dan romantis. Jadi jangan heran, kalau banyak muda-mudi Biak Timur yang memilih untuk menghabiskan sore harinya di pantai itu. Harus dicoba, datang ke sana di waktu sore hari bersama pasangan halal! Pasti romantis, dan bakal jadi momen yang tak terlupakan.

Fasilitas

Kemudian soal fasilitas, memang belum terlalu memadai. Namun, di Pantai Tamasya para pengunjung sudah bisa menemukan beberapa warung penjual minuman dan makanan ringan, harganya pun tak terlalu mahal. Masih ramah dikantong. Akan tetapi, toilet dan tempat bilas yang layak masih belum bisa ditemukan di pantai yang satu ini. Sangat disayangkan sebenarnya, dan hal ini seharusnya menjadi perhatian serius dari dinas pariwisata setempat, karena Pantai Tamasya memiliki potensi wisata yang begitu besar.

Yuk ke Pantai Tamasya!

Sumber Gambar: Instagram @kartikapermatatiw

Meskipun fasilitas yang masih belum memadai, namun keindahan dari pantai yang satu ini akan sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi gak ada salahnya, kamu menjadikan Pantai Tamasya sebagai tempat untuk menghabiskan hari libur atau akhir pekan bersama dengan keluarga, teman, atau pasangan tercinta.

Selain itu, lokasi Pantai Tamsya juga dekat dengan beberapa pantai cantik lainnya di Biak Numfor, karena memang wilayah kabupaten ini berupa kepulauan yang dikelilingi pesisir-pesisir cantik. Bisalah, sepulang dari Pantai Tamasya melipir sebentar untuk menikmati keindahan dari pesisir Biar Numfor lainnya.

Tapi ingat, jaga selalu keindahan dan kelestarian alam Indonesia. Jangan mengambil apa pun kecuali gambar, jangan meninggalkan apa pun kecuali jejak, dan jangan membunuh apa pun di tempat wisata alam kecuali waktu.

Selamat Berlibur!!!