in

Intip Kisah Pantai Karang Bolong Di Serang Banten

Sumber Gambar: Google Maps @Ruhida Taufik

Mendengar nama Pantai Karang Bolong pasti sudah tak asing lagi ditelinga banyak orang, pantai cantik ini berada di Cinangka, Kabupaten Serang, Banten tepatnya di Jl. Raya Karang Bolong yakni jalan penghubung antara Carita dan Anyer. Penamaan “karang bolong” pada nama pantai tidak begitu saja disematkan melainkan ada maknanya.

Mengapa dinamakan karang bolong? Karena salah satu karang yang terdapat di pantai ini pada bagian tengahnya terdapat lobang atau bolong dan pada bagian atas karangnya ditumbuhi pepohonan lebat. Lobang dengan diameter sekitar 50 meter yang terdapat di karang tersebutlah yang hingga kini menjadi daya tarik utama sehingga banyak wisatawan datang kesana bahkan wisatawan dari luar wilayah Banten pun turut meramaikan pantai ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Nino

Bentang garis pantai dengan hamparan pasir kecoklatan di pantai ini memang sangat panjang dan hamparan pasirnya cukup lebar sehingga bisa untuk bermain air sambil bermain pasir atau sekedar duduk – duduk di tepi pantai. Tak hanya dari karangnya saja namun daya tarik lainnya datang dari deburan ombak yang sangat kencang di pantai ini, maklum saja pantai ini khas dengan ciri dari ombak pantai selatan. Biasanya pengunjung memilih untuk datang menjelang sore hari, karena pada saat tersebutlah deburan ombak kencang dan tinggi menabrak ujung – ujung tebing karang yang ada di pantai sehingga membuat suasana terlihat lebih cantik.

Di sekitar tepian pantai juga terlihat ada beberapa pedagang yang menjajakan dagangannya mulai dari makanan ringan, makanan berat, minuman, perlengkapan renang, oleh – oleh dan masih banyak lagi. Fasilitas umum yang tersedia hanya seadanya saja seperti toilet umum dan musholla. Namun, tepat di tepi pantai terdapat penginapan yang bisa pengunjung coba jika ingin bermalam yaitu Pesona Krakatau Cottage.Tepat dari hotel tersebut kamu bisa langsung menikmati suasana menginap dengan pemandangan Pantai Karang Bolong tepat di depan mata.

Untuk harga tiket masuk ke pantai ini Rp 15.000 per orang, biaya parkir motor Rp 5.000, biaya parkir mobil Rp 10.000, biaya parkir mobil elf Rp 15.000 sedangkan untuk bis seharga Rp 25.000. Lahan parkir yang disediakan juga sangat luas, lahannya berada tepat di sebrang loket dan gerbang masuk utama menuju ke pantai.

Kisah Pantai Karang Bolong

Sumber Gambar: kabarbanten.pikiran-rakyat.com

Konon pada masa Kerajaan Banten ada seseorang yang dianggap sakti kala itu, ia bernama Prabu Pangeran Suryadilaga. Suryadilaga seringkali melakukan pertapaan di kawasan Karang Bolong ini, tepatnya diatas karang yang berlubang. Hingga akhirnya tersiar kabar bahwa Prabu Suryadilaga sudah tidak sering mengunjungi tempat tersebut dan diyakini ia sudah mencapai moksa (kelepasan dari ikatan duniawi) sehingga jasadnya sampai kini tak ditemukan. Dulu sebelum bernama Pantai Karang Bolong ternyata pantai ini dinamakan Pantai Suraga atau Karang Suraga, nama Prabu Suryadilaga lah yang dikenang menjadi nama pantai ini. Kata “raga” dari nama pantai Suraga juga menggambarkan kepasrahan atau memberikan raga kepada Pencipta alam semesta.

Aktivitas Seru di Pantai Karang Bolong

  • Banana Boat

Sumber Gambar: Google Maps @asep setiawan

Aktivitas seru yang pertama adalah naik banana boat. Buat kamu yang datang ke Pantai Karang Bolong bersama rombongan bisa mencoba naik wahana ini loh! Nantinya kamu dan rombongan akan naik ke sebuah perahu karet berbentuk pisang namun perahu ini tanpa mesin, selanjutnya perahu pisang yang kamu naiki akan melaju dengan ditarik oleh perahu bermesin oleh sang pemandu. Biasanya kamu akan diajak berputar – putar di laut dengan kecepatan pelan, sedang hingga kencang. Untuk 1 perahu pisang tersebut bisa membawa hingga 10 orang, biayanya mulai dari Rp 50.000 per orang.

  • Sewa ATV

Jika kamu membawa si kecil ke pantai ini maka cobalah untuk menyewa ATV, kamu bisa naik ATV sambil memutari area Pantai Karang Bolong. Kalau ingin naik ATV bersama si kecil maka kamu cukup menyewa 1 ATV saja, tarif penyewaan mulai dari Rp 15.000.

  • Bermain pasir

Sumber Gambar: Google Maps @Yani Dianawati

Kalau si kecil belum cukup umur atau mungkin belum berani naik ATV, maka bisa mengajaknya untuk bermain pasir di bibir pantai. Pasir pantai ini sangat halus sehingga kamu tidak perlu khawatir saat si kecil bermain sendiri, selain itu si kecil juga bisa bermain air asalkan kamu harus tetap mengawasi agar ia tak sampai ke tengah laut.

  • Trekking ke atas karang

Sumber Gambar: Google Maps @Kisman2791 Kisman

Kamu bisa naik ke atas tebing karang yang ada di pinggi pantai. Tenang saja, aksesnya sudah sangat bagus kok. Untuk naik ke atas tebing karang kamu bisa menaiki anak tangga, di sisi kiri kanannya juga sudah dipagari dengan kayu sehingga aman. Dari atas tebing karang kamu bisa melihat suasana Pantai Karang Bolong dari ujung ke ujung, ditambah dengan suasana adem dari angin sepoi – sepoi. Biasanya pengunjung mengabadikan moment dengan berfoto di anak tangga berlatar laut lepas.

Geomedia - JFK 2022