spot_img

Keindahan Panorama Alam Bendungan Benel Jembrana Bali

Dari sekian banyaknya objek wisata yang ada di Bali, salah satu yang sangat direkomendasikan adalah Bendungan Benel. Bendungan ini berada di Dusun Palasari, Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali. Tempat ini merupakan tempat favorit wisatawan untuk menikmati keindahan alam saat hari libur.

Bendungan ini awalnya dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan air warga setempat. Pada saat musim penghujan, bendungan akan digunakan untuk menyimpan debit air agar saat musim kemarau datang masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan air.

Bendungan ini juga sudah berusia cukup lama , dibangun pada tahun 1986 di atas tanah seluas 100 hektar.

Beberapa Hal Yang Menarik Dari Bendungan Benel Jembrana

Bendungan yang dibangun di atas tanah seluas 100 hektar ini mampu menampung debit air hingga mencapai 8 juta meter kubik. Ukurannya yang cukup luas juga dimanfaatkan untuk usaha perikanan air tawar.

Tak heran jika kamu akan menjumpai beragam jenis ikan air tawar seperti ikan mujair, nila, gabus, lele, karper, dan masih banyak lagi lainnya di Bendungan Benel.

Melihat adanya potensi untuk dijadikan sebagai objek wisata yang menjanjikan, sejak bertahun-tahun yang lalu bendungan ini mulai dibuka untuk umum. Tempat seperti ini akan sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Akan ada banyak sekali aktvitas atau kegiatan seru yang bisa dilakukan.

Bendungan ini seolah dibangun di tempat yang sangat tepat. Terletak dekat dengan hutan lindung membuat suasana dan udara di bendungan menjadi sangat sejuk. Berikut ini beberapa hal menarik yang dimiliki oleh Bendungan Benel.

  • Terletak di Daerah Pegunungan

Sumber Gambar: Google Maps @Dhennie Semegah

Selain letaknya yang berdekatan dengan hutan lindung, bendungan ini juga berada di daerah pegunungan. Sehingga udara segar dan sejuk akan menyambutmu. Perpaduan dari udara sejuk dan pemandangan bendungan yang cukup luas akan mampu membuatmu betah untuk berlama-lama disini.

Sumber Gambar: Google Maps @Dhennie Semegah

Letaknya yang cukup jauh dari keramaian juga sangat cocok dikunjungi bagi siapapun yang ingin mendapatkan suasana sepi dan tenang saat liburan. Hiruk pikuk kesibukan sehari-hari seketika akan hilang disini. Semua kepenatan dan rasa stress akan digantikan dengan kesejukan dan kesegaran.

  • Tempat Terbaik Untuk Memancing

Sumber Gambar: Google Maps @L K

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika bendungan ini juga dimanfaatkan untuk budidaya ikan. Sehingga tempat ini akan sangat cocok untuk kamu yang hobi memancing. Memancing disini tidak hanya akan menenangkan, namun juga akan menyenangkan.

Kamu bisa memancing di tepi bendungan atau menyewa perahu kecil yang disediakan untuk bisa memancing di tengah bendungan. Beragam jenis ikan air tawar akan siap untuk menyantap umpanmu.

  • Pemandangan Area Persawahan Terasiring

Sumber Gambar: Google Maps @Ariantika Yana

Selain pemandangan bendungan yang dibangun dengan apik dan cantik, bendungan ini juga menawarkan pemandangan area persawahan terasiring. Seperti yang sudah diketahui jika Bali memiliki area persawahan dengan bentuk terasiring yang sangat indah.

Bendungan ini seolah akan menawarkan panorama alam yang sangat sempurna. Semua yang dibutuhkan untuk bisa menyegarkan tubuh dan pikiran ada disini. Sunggguh tempat yang sangat tepat untuk menghabiskan masa libur.

  • Tidak Ada Tiket Masuk

Kapan lagi bisa menikmati keindahan objek wisata tanpa harus membayar tiket masuk? Yup, benar! Keindahan bendungan ini bisa kamu nikmati secara cuma-cuma alias gratis lho!

Namun untuk beberapa hal seperti menyewa perahu, toilet umum, dan fasilitas umum lainnya kamu akan dikenakan biaya. Namun biaya yang akan dikenakan tidak akan mahal, masih sangat murah dan terjangkau. Ada banyak aktivitas dan kegiatan yang bisa kamu lakukan disini tanpa perlu mengeluarkan biaya sepersenpun.

Jika kamu berminat ingin kesini, bendungan ini terletak kurang lebih 10 kilometer di sebelah barat pusat Kota Negar dan bisa ditempih dengan waktu kurang dari 20 menit.

Sepanjang perjalanan kamu tidak akan dibuat bosan sebab pemandangan sawah yang begitu menghijau dan jalan yang berkelok-kelok selalu menemani perjalanamu.

Nah, itu dia beberapa hal menarik yang dimiliki oleh Bendungan Benel. Bendungan ini juga menjadi area untuk berburu foto.

Setiap sudut di bendungan ini sangat instagramable, sehingga tidak heran banyak kalangan anak muda yang berkunjung untuk sekedar berfoto-foto atau duduk di tepi bendungan menikmati keindahan panorama alam yang begitu menyegarkan.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.