Segarkan Kepenatan Di Air Terjun Juwuk Manis Jembrana

Jika kamu berencana ingin berlibur ke Bali namun bosan berkunjung ke pantai, maka Air Terjun Juwuk Manis bisa menjadi alternatif pilihan. Dilihat dari landskapnya, Bali memang menjadi daerah dengan kekayaan sumber daya alam yang tidak akan mengecewakan. Tidak hanya memiliki puluhan pantai yang indah, objek wisata lainnya juga sangat mempesona.

Objek wisata ini berada di Dusun Juwuk Manis, Desa Manggisari, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali. Kabupaten Jembrana yang berada di wilayah Bali Barat memang tidak memiliki banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Oleh sebab itu, akan sangat sayang sekali jika kamu melewatkan air terjun yang satu ini saat sedang berada di Jembrana.

Keistimewaan Air Terjun Juwuk Manis Yang Mungil

Sjmber Gambar: Google Maps @Niftira Nastiti

Sesuai dengan yang sudah kamu baca, objek wisata ini letaknya cukup tersembunyi. Bagi mereka yang sudah menemukannya pasti akan menganggapnya sebagai surga tersembunyi di Jembrana.

Karena letaknya yang tersembunyi membuat Air Terjun Juwuk Manis sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur untuk kamu yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk kesibukan sehari-hari.

Perpaduan antara air terjun dan pemandangan sekitar akan memberikan ketenangan, kenyamanan, dan kedamaian tersendiri untuk siapapun yang berkunjung. Air Terjun Juwuk Manis memiliki beberapa daya tarik dan keistimewaan yang mampu menarik perhatian wisatawan sebagai berikut.

  • Berbentuk Mungil

Sjmber Gambar: Google Maps @komang cipta

Jika air terjun lainnya memiliki ukuran cukup besar dan tinggi menjulang yang akan membuat suara gemuruh air sangat kencang, Juwuk Manis akan berbeda. Ukurannya sangat unik, bentuknya yang tidak terlalu besar membuatnya sering dijuluki air terjun mungil. Terdapat dua air terjun yang saling berdampingan dengan ukuran yang sama.

Di bagian bawahnya terdapat kolam yang semakin mempercantik pemandangan. Kamu bisa bermain air atau berenang disini. Ukurannya yang tidak begitu besar akan justru akan membuat air terjun ini aman sebab volume air tidak akan begitu besar.

  • Masih Asri dan Alami

Sjmber Gambar: Google Maps @Ghazi Ladiba

Sebagian orang bahkan penduduk sekitar mungkin masih akan merasa asing dengan nama Juwuk Manis. Sebab air terjun ini masih menjadi objek wisata yang baru. Ini membuat pemandangan sekitar terasa masih sangat alami.

Karena belum diketahui oleh orang banyak, air terjun ini dinilai sebagai surga tersembunyi di Jembrana, Bali Barat. Untuk bisa sampai di air terjun, pengunjung harus melalui trek yang cukup sulit. Lelahnya perjalanan dan trek yang sulit akan dibayar lunas dengan pemandangan air terjun yang begitu menyegarkan.

  • Terdapat Pura di Sekitar Air Terjun

Sjmber Gambar: Google Maps @Alexander Ohl

Bali memang identik dengan bangunan pura yang bisa dijumpai kapanpun dan dimanapun. Di sekitar Juwuk Manis kamu juga akan menemukan beberapa bangunan pura yang digunakan oleh penduduk sekitar untuk melakukan sembahyang atau beribadah. Pura-pura ini menambah daya tarik dari air terjun.

Pura suci yang ada di sekitar air terjun membuat pengunjung harus bersikap sopan dan menghargai budaya dan tradisi penduduk sekitar. Bagi pengunjung yang sedang datang bulan tidak akan diperkenankan untuk memasuki Kawasan ini. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesucian lokasi wisata.

  • Ketinggian Air Terjun

Sjmber Gambar: Google Maps @wirya suta

Diatas sudah dijelaskan bahwa ukuran air terjun ini tidak begitu besar. Ukurannya hanya sekitar 6 meter saja. Meskipun begitu, airnya tetap akan terasa sangat sejuk dan menyegarkan.

Dua aliran air terjun dengan ketinggian yang sama dan kolam dibawahnya sungguh perpaduan yang sangat pas. Kamu tidak perlu khawatir saat sedang bermain air atau berenang disini. Airnya juga jernih dan bersih.

Itu dia beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Juwuk Manis, surga tersembunyi di Jembrana. Tips untuk kamu yang ingin berkunjung ke objek wisata ini adalah pantaulah cuaca terlebih dulu agar tidak menghalangi keseruan liburanmu. Jika berkunjung pada musim hujan disarankan untuk lebih berhati-hati sebab jalanan akan menjadi licin.

Karena di atas Air Terjun Juwuk Manis tidak ada penjual, kamu bisa membawa bekal makanan dan minuman. Trek yang akan dilewati akan cukup untuk menguras tenaga, untuk berjaga-jaga kamu juga bisa membawa peralatan penting seperti kotak P3K atau obat—obatan.

Jangan lupa untuk membawa sampah saat Kembali dan jangan membuang sampah sembarangan agar keindahan objek wisata ini tetap terjaga dan tidak tercemar.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.