Liburan Tak Perlu Mahal, Ke Pantai Lontar Saja!

Tidak hanya dikenal dengan julukan “Kota Santri”, Serang juga pantas mendapat julukan lain terkait keindahan pantai – pantainya. Memiliki sederet pilihan kawasan pantai membuat provinsi Banten menjadi salah satu opsi untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan bahkan liburan panjang. Beberap contoh pantai di daerah Banten yang namanya selalu dikenal banyak orang adalah Pantai Anyer dan Pantai Carita, kedua pantai tersebut tak perlu diragukan lagi keindahannya.
Tapi sebenarnya masih banyak sekali pantai Рpantai lainnya di Banten yang memiliki kecantikan tak kalah dari dua pantai kenamaan itu, pantai Рpantai tersebut memiliki ciri khas masing Рmasing yang pastinya akan membuat wisatawan ingin datang lagi. Pernahkah kamu mendengar nama Pantai Lontar ? Pantai yang satu ini berada di Lontar, Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten yang jaraknya hanya sekitar 1,5 Р2 jam bila ditempuh dari Ibukota Jakarta.

Sumber Gambar: Google Maps @Paulus Sumaryanto

Pantai yang satu ini menawarkan pemandangan pantai yang ramai dengan aktivitas nelayan berlalu – lalang mencari ikan dan juga pemandangan dari banyaknya tambak warga disekitar pantai. Selain itu, kamu juga bisa melihat kawasan hutan mangrove (hutan bakau) tak jauh dari kawasan pantai. Pantai ini cocok untuk kamu yang ingin bersantai ditemani suasana yang adem khas pesisir, sambil menikmati keindahan laut lepas dihadapamu maka kamu bisa membeli hasil tangkapan dari para nelayan di tepi pantai yang pastinya masih segar dan harganya tergolong jauh lebih murah.
Namun, sayangnya pantai ini tidak cocok untuk kamu yang ingin berenang karena jarang sekali wisatawan datang kesini untuk berenang karena pantai ini ramai dengan arus bolak – baliknya kapal nelayan. Fasilitas umum yang tersedia bisa dibilang cukup memadai mulai dari adanya toilet umum dan warung di sekitar pantai yang menjajakan jajanan. Untuk masuk ke pantai ini harga tiketnya tidak mesti, biasanya dipatok harga mulai dari Rp 5.000 saja berupa biaya parkir kendaraan.

Rute ke Pantai Lontar Tirtayasa

Sebaiknya jika kamu akan menuju ke Pantai Lontar bisa menggunakan kendaraan roda dua saja karena kondisi jalanannya semakin masuk ke pantainya maka jalanan akan semakin sempit dan rusak sehingga bisa dipastikan akan menjadi kendala bila ada dua mobil berpapasan dari arah berlawanan. Rute terbaik yang bisa kamu gunakan bila memulai perjalanan dari Jakarta dengan kendaraan roda 4 maka kamu bisa lewat ruas Tol Jakarta – Merak dan keluar di pintu Tol Ciujung, dari pintu tol tersebut jaraknya sekitar 75 km atau sama dengan 1 jam 15 menit berkendara melewati Jl. Sultan Agung Tirtayasa hingga menuju ke Desa Lontar tempat pantai ini berada. Seperti yang sudah dijelaskan, jika kamu memang tak ada pilihan lain dan harus berkendara dengan kendaraan roda 4 maka sebaiknya berhati – hati karena jalanannya sempit.

Kegiatan Seru di Pantai Lontar

  • Mengunjungi Hutan Mangrove

Sumber Gambar: Facebook @ExploreSerang

Kawasan pantai ini sebagian besar ditumbuhi tanaman bakau hingga akhirnya menjadi hutan mangrove. Kamu bisa menyempatkan diri untuk berkunjung kesana, di hutan mangrove kawasan Pantai Lontar ini terdapat spot yang ramai dikunjungi umumnya oleh warga sekitar yaitu jembatan pelangi, jembatan ini adalah jembatan kayu yang dicat berwarna – warni seperti pelangi. Kamu bisa menuju ke dalam hutan mangrove dengan melewati jembatan pelangi tersebut, jembatan ini sebagai jalan bagi para pengunjung melewati celah – celah hutan bakau yang sangat rimbun. Sambil menyusuri hutan mangrove kamu bisa sambil berfoto dan merasakan sensasi adem akan terasa saat memasuki hutan bakau. Harga tiket masuk ke hutan mangrove hanya Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak – anak, jaraknya dari Pantai Lontar hanya 1 km saja.
  • Memancing

Pantai Lontar merupakan spot terbaik untuk memancing, maka bagi kamu pecinta kail dan umpan harus mencoba peruntungan disini. Banyak juga pengunjung yang sengaja datang hanya sekedar memancing, jenis ikan yang biasanya banyak didapatkan yaitu ikan belanak ekor kuning yang pastinya bisa untuk dikonsumsi. Jangan lupa, siapkan kail dan umpan terbaikmu agar strike dengan hasil yang memuaskan!
  • Menunggu sunset

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Sumber Gambar: Google Maps @isnen panglong

Jika kamu datang menjelang sore hari maka sebaiknya luangkan waktu mu hingga sunset tiba sekitar pukul setengah 6 sore. Proses matahari terbenam bila dilihat dari sepanjang Pantai Lontar sangatlah indah, kamu bisa melihat langit berubah warna menjadi oranye keunguan.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.