in

Manjakan Mata Dengan Melihat Sunset di Pantai Sausapor Tambrauw

Sunset di Pantai Sausapor
Sumber Gambar : Instagram @Jejaksipanjang

Bicara tentang keindahan alam di Papua tentunya tidak akan ada habisnya. Bukan hanya Raja Ampat namun ada begitu banyak keindahan alam di tanah surga ini. Salah satu alam yang masih begitu alami yang ada di tanah papua adalah Pantai Sausapor.

Pantai yang terletak di Kabupaten Tambrauw, Papua Barat ini menghadirkan pesona laut yang begitu cantik. Kabupaten dengan jumlah penduduk paling sedikit di Indonesia ini telah diresmikan pada tanggal 26 November 2008. Tapi jangan salah, walaupun penduduknya sedikit, namun Tambrauw mempunyai begitu banyak keindahan alam. Salah satunya Pantai Sausapor.

Pantai yang terletak di Emaos ini memang cukup jauh dari Kota Tambrauw yang merupakan ibukota kabupaten Tambrauw. Namun tidak perlu takut, perjalanan yang traveler tempuh akan sebanding dengan keindahan alam yang ada disana.

Penasaran seperti apa Pantai Saosapor ini? Baca selengkapnya di Wisato.id

Cara ke Pantai Sausapor Tambrauw

Saya tahu traveler sudah tidak sabar melihat keindahan pantai ini. Namun ada baiknya untuk kita membahas terlebih dahulu berapa budget dan bagaimana cara untuk sampai ke pantai ini. Karena yang paling penting sebelum melakukan perjalanan adalah planning yang matang.

Ada dua pilihan tempat mendarat yang traveler bisa lakukan. Bandar udara Rendani yang ada di Manokwari, Papua Barat. Bisa juga mendarat di bandar udara Domine Eduar osok di Sorong, Papua barat. Jika traveler dari Jakarta menuju Manokwari, kocek yang perlu dikeluarkan dari sekitar Rp 2jt. Sementara Jakarta – Sorong Rp 1,6 juta.

Waktu tempuh dari Jakarta – Manokwari sekitar 9 jam dan Jakarta – Sorong 6 jam. Jika traveler mendarat di bandar udara Rendani di Manokwari, untuk menuju ke Tambrauw traveler bisa lanjut menggunakan jalur udara.

Dari Rendani traveler bisa menggunakan peswat cessna dengan hanya merogoh kocek sebesar Rp 300 ribu. Traveler juga bisa menggunakan jalur darat dari Manokwari – Tambrauw dengan ongkos sekitar Rp 200 ribu dan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Jika traveler mendarat di Sorong. Ada dua pilihan alternatif yang bisa dilakukan, jalur darat atau jalur laut. Membutuhkan waktu sekitar 4 jam jika menempuh jalur darat. Ongkos yang traveler harus keluarkan berkisar Rp 300 ribu, mobilnya tidak seperti angkutan umum di Jakarta loh.

Kapal Cepat Sausapor
Sumber Gambar : Instagram @Yudhit_Ajawalia

Nah jika traveler ingin menggunakan jalur laut. Traveler bisa menaiki kapal cepat yang langsung menuju Sausapor. Ongkos menaiki kapal tergolong murah, traveler hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 100 ribu dengan waktu tempuh sekitar 4 -5 jam.

Jarak antara pelabuhan Sausapor ke pantai hanya sekitar 2 km. Cukup dengan waktu sekitar 5 menit traveler sudah sampai di pantai.

Suasana di Pantai Sausapor

Panyai Sausapor tampak atas
Sumber Gambar : Instagram @Yudhit_ajawalia

Karena masih tergolong daerah pedalaman, Pantai Sausapor menjadi pantai yang masih begitu alami. Traveler akan disajikan hamparan putih pasir pantai dan dibalut birunya air laut yang pasti akan memanjakan mata.

Tidak hanya itu, traveler bisa meringankan beban pikiran sejenak dengan mendengar desiran ombak yang berata dipinggiran pantai. Berangkat ke pantai pagi hari sangat direkomendasikan bagi traveler yang ingin merasakan kesejukan pantai.

Sumber Gambar: google Maps @Fransisco Sedik

Nah menjelang sore hari, warga sekitar mulai aktif untuk bermain atau sekedar menghabiskan waktu di pantai. Traveler bisa melakukan interaksi dengan warga sekitar yang ada di Pantai Sausapor. Seakan tidak ada batasan, masyarakat tidak sungkan untuk berbaur dengan pendatang baru. Tawa ceria anak-anak tentunya akan menambah keseruan liburan traveler.

Traveler juga bisa berenang disekitaran dermaga bersama anak-anak penduduk lokal yang ada. Wajah ceria mereka tentunya membuat traver makin menikmati liburan. Atau traveler juga bisa bercengkrama dengan masyrakat sekitar atau sekedar mengambil momen dengan berfoto bersama mereka.

Dermaga tempat spead boat yang sudah mulai jelek ini menjadi saksi bagaimana anak-anak sekitar menjadi perenang ulung serta bertumbuh besar. Wah bagaimana, tidak ragukan untuk mengajak keluarga berwisata ke sini?

Baca Juga : Pulau Bakakang Mutiara tersembunyi di Banggai Laut
Sunset di Sausapor
Sumber Gambar : Instagram @Nila_ahp

Ketika matahari mulai turun di ufuk barat. Traveler akan mencicipi hidangan penutup di Pantai Sausapor. Tentunya traveler tidak bisa melewati indahnya sunset dipantai. Susana hangat kemerahan akan membuat traveler merasakan betapa beruntungnya telah mengunjungi pantai ini.

Langit yang mulai kemerahan juga sebagai pertanda bagi anak-anak penduduk local untuk pulang kerumah mereka. Tanpa dikomandoi, mereka mulai memakai baju dan pulang bersamaan dengan terbenamnya matahari.

Jangan takut untuk menginap di Sausapor. Disekitar pantai juga telah banyak losmen dan hotel yang tersedia yang bisa traveler singgahi. Bahkan beberapa losmen dipatok seharga Rp 100 ribu permalam. Wah sungguh murah bukan?

Ada begitu banyak tempat menginap yang traveler bisa pilih, mulai dari losmen, villa dan hotel.

Bagaimana sudah kepikiran untuk menjadi Pantai Sausapor menjadi tujuan wisata traveler selanjutnya Bersama keluarga?

Ikuti terus wisato.id untuk mendapatkan informasi dan rekomendasi wisata terbaik di Indonesia.