in

Pulau Bakakang Mutiara Tersembunyi di Banggai Laut

Pulau Bakakang
Sumber Gambar: Instagram @anto.scout

Banggai laut merupakan salah satu kabupaten di tenggara Indonesia yaitu tepatnya di Sulawesi Tengah. Daerah ini merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Banggai Kepulauan yang diresmikan pada tahun 2012 lalu. Namun sangat disayangkan, daerah ini belum terekspos dengan baik sehingga belum banyak orang yang menyadari keindahan dari Banggai Laut. Salah satu mutiara yang tersembunyi didaerah ini adalah Pulau Bakakang.

Saya yakin sebagian traveler pasti baru pertama kali mendengar nama pulau ini. Kabupaten Banggai Laut sendiri ditinggali sekitar 70 ribu jiwa. Pulau yang terletak ditengah Sulawesi ini memiliki potensi wisata alam yang sungguh luar biasa. Bahkan pemerintah setempatpun sedang menggalakan promosi wisata ke pulau ini dari fasilitas maupun akses menuju ke lokasi wisata.

Kondisi cuaca disekitaran Banggai Laut sangat hangat. Cocok sekali bagi traveler yang ingin menikmati luang sambal memanjakan kulit dengan melakukan tanning. Sebenarnya Banggai Laut memiliki beberapa pulau yang bisa traveler jadikan tujuan wisata selanjutnya.

Namun saat ini kita akan membahas pulau nan ekosotis bak mutiara yang tersembunyi di Banggai Laut. Penasarankan keindahan apa yang ada di Pulau Bakakang? Baca selengkapnya untuk mengetahui cara, akomodasi dan suasana yang ada di pulau ini.

Cara Menuju ke Pulau Bakakang

Pulau Bakakang
Sumber Gambar: Instagram @Pilot_Swallow

Rasanya tidak tepat jika kita membahas keindahan sebuah tempat wisata tanpa mengetahui bagaimana cara dan pekriraan budget yang diperlukan untuk mencapai lokasi tujuan. Nah sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Pulau Bakakang, traveler harus tahu terlebih dahulu bagaimana caranya ke pulau ini.

Kali ini saya mengambil jalan tengah dengan start point Jakarta. Jika kita berangkat dari Jakarta sangat direkomendasikan traveler untuk menggunakan pesawat menuju Luwuk yang merupakan pusat Kabupaten Banggai.

Ongkos dari Jakarta ke Luwuk terbilang cukup murah, traveler hanya pelru merogoh kocek sekitar Rp 1 juta. Waktu tempuh dari Jakarta ke Luwuk hanya sekitar tiga jam tiga puluh menit tanpa transit. Dari luwuk traveler langsung lanjut menempuh jalur laut dengan menggunakan kapal motor. Cukup Rp 100 ribu traveler sudah bisa menyebrang ke Pulau Banggai.

Sesampainya di Pulau Banggai ada dua jalur alternatif yang bisa traveler gunakan. Jika traveler menggunakan jalur laut traveler bisa menaiki spead boat dengan waktu tempuh hanya 30 menit. Namun jika menggunakan jalur darat, waktu cukup lama yaitu sekitar 3 jam. Perkiraan ongkos yang traveler yang harus dikeluarkan mulai dari Rp 25.000 – Rp 150.000 saja.

Dikarenakan pulau ini terpisah dari Banggai Laut, traveler bisa menggunakan kapal nelayan setempat untuk menyeberang ke Pulau Bakakng. Disini skill negosiasi traveler sangat dibutuhkan.

Suasana di Pulau Bakakang

Sumber Gambar: Instagram @anthhyanthy

Pulau kecil ini sangat eksotis persis seperti zamrud. Pulau yang masih memiliki pepohonan hijau yang sangat memanjakan mata traveler. Cuaca disekitar pulau cukup hangat, sehingga sangat cocok bagi traveler yang ingin berjemur dan mencoklatkan kulit traveler.

Disepanjang pulau terbentang pepohonan tropis hijau dengan tepi bibir pantainya yang tak terlalu luas sangat cocok untuk traveler bersantai sambil melihat pasit putih yang terhampar sepanjang bibir pantai.

Salah satu hal yang tidak boleh traveler lewatkan adalah membawa peralatan snorkeling. Pulau ini memiliki air yang tenang dan sangat bersih. Dengan peralatan snorkeling yang traveler punya, kalian bisa melihat biota laut yang hidup di Pulau Bakakang. Misalnya terumbu karang dan ikan laut yang begitu indah.

Bahkan traveler bisa mencoba memancing menggunakan benang untuk menangkap beberapa ikan yang bisa langsung traveler panggang di pantai. Tapi ingat ya, selagi memancing jangan sampai merusak biota laut yang ada disana. Setelah berjemur sejenak dengan menangkan pikiran traveler bisa mencoba aktifitas lain.

Banyak nelayan disekitar yang juga menyewakan kapalnya untuk berwisata berkeliling pulau. Karena pulau ini berdekatan dengan beberapa pulau lainnya, traveler bisa berkeliling menggunakan kapal sambil melihat pemandangan pulau yang ada disekitar Pulau Bakakang.

Baca Juga ATM (Alun-alun Taman Merdeka) Tempat Nongkrong Asyik di Pangkal Pinang – Bangka Belitung

Sayangnya dikarenakan pulau ini tidak berpenghuni, traveler tidak bisa bermalam dipulau. Namun tidak masalah, karena traveler bisa menginap dihotel yang tidak jauh disekitaran pantai.Ada banyak pilihan hotel di Banggai Laut. Bahkan harga untuk menginap satu malam terbilang cukup murah. Traveler hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 150 ribu saja.

Bagaimana apakah traveler tertarik menjadikan pulau ini sebagai salah satu destinasi wisata traveler selanjutnya? Pulau ini memiliki keindahan dan masih sangat alami. Well, walaupun pulau ini belum sangat terekspos ke selutuh Indonesia. Namun tidak ada salahnya bagi traveler untuk mencoba trip sendirian maupun bersama keluarga ke pulau ini.

Ikuti terus Wisato.id untuk bisa mendapatkan informasi terkini dan rekomendasi wisata terbaik di Indonesia.