in

Pemandian Air Panas Mengeruda, Bersantai Dengan Suara Alam

Sumber Gambar: Google Maps @Irina Co

 

Salah satu hal paling asik untuk bersantai setelah selesai beraktifitas adalah dengan berendam, apalagi jika dilakukan dengan air hangat. Merasakan kehangatan air di seluruh tubuh sambil mendengarkan musik favorit atau hanya dengan memejamkan mata dan menikmati ketenangan yang dirasakan sungguh terasa seperti di surga. Nah, sekarang bayangkan jika ada sebuah tempat dimana kita dapat menikmati merendam di air panas dengan ditemani hijaunya pepohonan yang rindang dengan udara bersih yang segar, ah sungguh terasa nikmat. Saat membayangkan pemandian air panas yang pertama muncul di pikiran adalah negara jepang, tetapi di indonesia sebenarnya juga terdapat pemandian air panas yaitu Pemandian Air Panas Mengeruda.

Pemandian air panas ini dapat kalian temui di Mengeruda tepatnya di Desa Piga Kecamatan Soa, Kota Bajawa Kabupaten Ngada, Pulau Flores NTT. Kalian dapat mencapai tempat ini dengan berangkat dari kota Bajawa atau kalian juga dapat menempuh perjalanan dari Labuan Bajo selama kira-kira 8 jam dengan menggunakan mobil atau kendaraan bermotor lainnya.

Sumber Gambar: Google Maps @Zeky Wardana

Sumber air panas ini pertama kali muncul di tengah perkampungan desa Mengeruda sehingga membentuk kolam air panas alami yang kemudian dijadikan sebuah obyek wisata pada sekitar tahun 1997. Saat ini terdapat kolam yang merupakan kolam air panas alami dan kolam air panas buatan yang dapat kalian pilih atau coba. Pemandian disini memiliki berbagai suhu yang berbeda-beda dimana ada yang memiliki suhu hangat kuku dan cocok bagi kalian yang kurang atau tidak tahan dengan suhu panas sampai yang paling tinggi suhunya tidak sampai suhu mendidih tentu saja adalah aliran air panas yang berbentuk seperti sungai yang mengaliri setiap kolam. Jadi disini kalian dapat memilih sendiri kolam mana yang pas dan sesuai dengan selera kalian masing-masing. Sebagian besar kolam disini memiliki kedalaman sekitar pinggang orang dewasa jadi kalian dapat bersantai dengan berendam di kolam pemandian tetapi jika kalian membawa anak kecil kalian tetap harus berhati-hati walaupun kedalam pemandian tidak terlalu dalam.

Sumber Gambar: Google Maps @mrkryner

Semua kolam yang berada di pemandian ini bersumber dari Gunung Inelika yang terletak di Bajawa jadi dijamin alami dan memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh. Saat mengalir dari sumber mata air dikatakan bahwa air panas tersebut memiliki suhu hingga sampai sekitar 44 derajat Celcius dan ketika mengalir sampai Pemandian Air Panas Mengeruda suhu air panas kemudian menurun hingga menjadi sekitar 36 derajat celcius. Dapat dikatakan hal inilah yang menyebabkan suhu air di kolam aliran sungai menjadi yang paling panas di pemandian. Untuk khasiat yang ada di air panas, pemandian air panas disini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti misalnya penyakit kulit karena tingkat panas dari air pemandian ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai media terapi. Selain karena tingakat suhu air panasnya, air pemandian mangeruda memiliki kandungan belerang serta zat vulkanis lainnya yang berasal dari magma bumi sehingga membuat air panas disini dapat memberikan khasiat yang menyehatkan bagi tubuh.

Sumber Gambar: Google Maps @Ruud Malgo

Jika kalian ingin berkunjung disarankan untuk datang di penghujung musim hujan atau saat musim berganti dari musim hujan menjadi musim kemarau. Karena aliran air panas di pemandian ini dapat menjadi sangat deras seperti jeram terutama saat musim hujan tetapi jika saat sedang musim kemarau aliran air panas terkadang menjadi sedikit dan menyebabkan kolam menjadi kering. Selain itu kalian juga dapat membawa bekal makanan dan minuman untuk dinikmati disana jika kalian ingin walaupun terdapat rumah makan yang dapat kalian singgahi jika kalian tidak membawa bekal. Fasilitas lainnya di pemandian ini terdapat toilet dan kamar mandi yang dapat kalian gunakan hanya saja sama seperti kebayakan di tempat wisata lainnya kebersihan kamar mandi tersebut sayangnya kurang terjaga dan terawat dengan baik. Selain itu juga terdapat kawasan berkemah yang dapat kalian gunakan untuk menginap jika kalian ingin dan menikmati kegiatan alam bebas dengan sebuah hutan yang hijau dan rindang dengan jalan setapak yang dapat kalian jelajahi sebelum atau sesudah berendam di Pemandian Air Panas Mengeruda.