in

Wisata Labirin Bernuansa Alam Di Dalam Goa Sanjan

Sumber Gambar: wiwilshine.blogspot.com

Goa Sanjan berada di Desa Engkangin, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Indonesia. Bagi anda yang sangat memiliki minat untuk berkunjung di tempat-tempat wisata dengan nuansa alam yang sangat alami, goa adalah salah satu pilihannya. Seperti yang kita ketahui bahawa sebuah goa terbentuk secara alami oleh alam, entah karena suatu proses pengikisan, atau karena letusan gunung berapi yang membuat bukit-bukit berlubang dan membentuk sebuah Goa.

Salah satu Goa terunik di Kalimantan Barat ini berada tepat di sebelah kanan Air Terjun Banangar. Air Terjun Banangar sendiri merupakan air terjun terbesar yang ada di Kabupaten Landak. Air Terjun ini memiliki lebar dan tinggi sekitar kurang lebih 60 meter. Dengan danau dibawahnya yang berbentuk bulat sebesar 2 hektar yang memiliki kekayaan udang dan ikan di dalamnya. Selain itu, Air Terjun Banangar ini juga dikenal sebagai Air Terjun Niagaranya Indonesia. Karena keindahannya tidak kalah menakjubkan jika dibandingkan dengan Air Terjun Niagara yang asli.

Goa Sanjan ini termasuk salah satu goa yang sangat wajib untuk anda kunjungi jika anda sedang berlibur di daerah Kalimantan Barat. Goa ini menjadi salah satu objek wisata yang sangat unik dan cukup menantang adrenalin. Bagi anda yang tidak cukup berani untuk menerima tantangan, tentu goa ini bukan tempat yang cocok untuk anda. Karena untuk bisa sampai di goa ini anda perlu melakukan perjalanan yang sangat berbeda dari perjalanan wisata anda di goa yang lainnya.

Keunikan Goa Sanjan

Jika anda telah memutuskan untuk pergi ke Goa Sanjan, maka anda harus memastikan bahwa anda sudah siap dengan segala resiko yang akan terjadi. Hal ini dikarenakan perjalanan yang akan anda lalui akan berbeda dengan kunjungan-kunjungan anda di Goa yang lainnya. Jika Goa lain bisa anda kunjungi dengan mudah dan tanpa perlu usaha yang tinggi, maka jangan harap anda akan mendapatkan hal yang sama di Goa ini.

Untuk bisa masuk di Goa ini para pengunjung harus memulai dengan berjalan tiarap, kemudian dilanjutkan dengan jalan jongkok, dan setelah itu baru bisa berdiri. Hal ini pasti akan sangat berbeda dengan goa-goa yang sudah anda kunjungi sebelumnya. Kemudian jika anda berpikir bahwa hal ini cukup mudah dilakukan maka anda salah. Perjuangan anda tidak berhenti sampai disini. Karena sebelum anda memasuki goa, badan anda harus di ikat terlebih dahulu menggunakan sebuah tali yang ujungnya akan diikatkan dengan sebuah pohon yang terletak di luar goa.

Hal tersebut dilakukan karena ketika anda sudah memasuki Goa, anda akan menemui beberapa lorong yang berjumlah cukup banyak. Dan jika tubuh anda tidak diikat dengan tali yang ujungnya diikat dengan pohon yang ada di luar Goa, anda akan merasa seperti sedang berada di dalam sebuah labirin. Anda akan kesusahan untuk menemukan jalan kembali karena banyak lorong yang akan anda jumpai di dalam goa. Tali yang diikat ditubuh anda tersebut merupakan sebuah petunjuk agar anda bisa keluar dengan selamat. Karena jika tidak berhati-hati anda dijamin tidak akan keluar dengan mudah.

Tips Untuk Berlibur Ke Goa Sanjan

Untuk bisa menikmati wisata di goa ini, anda harus mempersiapkan beberapa hal sebelum anda memutuskan untuk berangkat. Pertama, anda perlu mempersiapkan kesehatan tubuh anda. Hal ini dikarenakan untuk bisa sampai di Goa Sanjan anda memerlukan kondisi tubuh yang sehat dan stamina yang kuat. Karena anda harus berjalan kaki dan melewati beberapa tebing. Selain kesehatan, anda juga harus mempersiapkan mental. Karena objek wisata ini memang cukup menantang adrenalin. Hal yang tidak kalah penting untuk disiapkan adalah perbekalan makanan dan minuman serta obat-obat P3K untuk berjaga-jaga jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.