in

Melihat Keindahan Sungai Distrik Korupun

Sungai Distrik Korupun
Sumber Gamber: Instagram @dekai_yahukimo

Koropun merupakan salah satu kampong yang berada di Distrik Korupun.  Jika membicarakan Distrik Korupun, ada satu tempat wisata yang baru dan hits di Korupun, yaitu Sungai Distrik Korupun.

Sungai Distrik Korupun merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kamu datangi ketika berada di Yakuhimo. Sungai ini tergolong masih begitu jernih karena masih belum banyak orang yang berkunjung ke sungai ini.

Selain itu banyak juga bebatuan alami yang ada di sungai ini. Kamu mungkin harus berhati-hati pasalnya aliran arus di sungai ini tergolong cukup deras, deburan air yang menghantam bebatuan terdengar cukup deras.

Meski begitu, Sungai Distrik Korupun masih cukup aman untuk dipakai sebagai area berenang. Biasanya ada banyak warga dan anak-anak dari warga sekitar yang berenang di sungai ini. Seperti sungai-sungai Papua lainnya, sungai ini masih sangat jernih tanpa terkonttaminasi oleh limbah. Jadi masih sangat aman di kalangan orang dewasa ataupun anak-anak untuk bersantai di Sungai Distrik Korupun sekedar melepat penat.

Dimanakah Lokasi Sungai Distrik Korupun?

Sungai Distrik Korupun tepatnya berada di Distrik Korupun. Sungai ini tepatnya ada di salah satu kampung di Distrik Korupun bernama Korupun. Bagi kamu yang ingin berwisata ketempat yang jarang didatangi oleh traveller lain atau kamu berwisata untuk mencari ketenangan dan menikmati keindahan alam, Sungai Distrik Korupun ini wajib kamu masukkan ke daftar perjalanan kamu.

Cara ke Distrik Korupun

Perjalanan ke Distrik ini cukup ekstrim, kamu hanya dapat melakukan perjalanan ke distrik ini dengan menaiki pesawat terbang. Pesawat harus berputar beberapa kali untuk mendapatkan lorong di antara dua ngarai sebelum masuk ke landasan untuk mendaratkan pesawat.

Landasan pesawat tidak memiliki aspal. Hanya pengerasan yang ditambah oleh warga sekitar bersama misonaris, dan bentuk landasan cenderung tidak rata dari ujung satu ke ujung lainnya. Ketika landing, pesawat seperti memasuki jalan yang menanjak, bukan tanpa alas an ini untuk menyiasati landasan yang pendek, yang panjangnya kurang lebih hanya 400 meter.

Wilayah ini termasuk wilayah yang terisolasi, karena tidak ada jalan raya meskipun hanya jalan untuk sepeda motor. Dengan menaiki pesawat terbang dari Sentani, distrik ini dapat di jangkau dalam waktu 65 menit, sedangkan dengan berjalan kaki, dapat memakan waktu sampai satu hari penuh.

Pesawat harus dalam kondisi yang prima untuk sampai ke distrik ini. Pilot pun harus  memahami kondisi wilayah di Papua yang cenderung bergunung. Beda seperti daerah yang biasanya, gunung gunung di Papua umumnya sangat terjal, kemiringannya bias mencapai 80-90 derajat. Selain itu pesawat harus melalui lorong-lorong di antar ngarai yang dalam untuk bias mendarat di landasan yang aman.

Suasana Sungai Distrik Korupun

Sumber Gambar: Instagram @lobah_yalenge

Sungai Distrik Korupun merupakan salah satu objek wisata air yang wajib kamu datangi. Air di sungai ini masih sangat jernih dan aman untuk dipakai sebagai area berenang, walaupun arus tergolong deras, akan tetapi masih banyak warga dan anak anak di sekitar yang bermain di sungai ini.

Selain menyuguhkan wisata air yang alami, sungai ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan masih asri. Kamu bisa menyegarkan mata dikarenakan kelokan hutan hutan disekitar sungai ini, dan udara yang masih sangat segar akan membantu anda melupakan sejenak akan padatnya dan kotornya udara yang ada di kota-kota besar.

Bagi kamu yang ingin mencoba berlibur ke tempat terpencit seperti sungai ini, kamu wajib mengunjungi Sungai Distrik Korupun ini.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan Di Sungai Distrik Korupun?

Sungai Distrik Korupun
Sumber Gamber: Instagram @dekai_yahukimo

Hal utama yang bisa kamu lakukan ketika berlibur ke Sungai Distrik Korupun tentunya adalah mencoba berenang di air yang masih jernih dan menyegarkan di sungai ini. Kamu juga bisa mendokumentasikan liburanmu dengan berfoto dengan latar belakang keindahan alam yang di sajikan oleh Sungai Distrik Korupun ini.

Kamu juga bisa mengajak keluarga kamu untuk berlibur kesini, karena tentunya akan lebih menyenangkan, disini kamu bisa membuat momen atau kenangan yang tak tergantikan dengan keluargamu.

Suasana yang indah dengan campuran suara khas suasana hutan dan aliran deras arus air sungai ini, tentunya dapat melepaskan penat kamu, ya misalnya sambil rebahan sambil mendengarkan suara derak arus air yang deras. Kamu bisa dengan bebas menciptakan suasana liburanmu sendiri di Sungai Distrik Korupun ini, jika kamu tidak ingin mandi ataupun basah-basahan kamu bisa mencoba tidur ataupun melakukan meditasi ringan di tepian sungai ini.

Jangan lupa juga untuk mengabadikan momen-monem berhargamu dengan bentuk foto di sungai ini. Bawalah keindahan alam yang ada di Sungai Distrik Korupun ini dengan bentuk foto atau gambar. Dengan begitu kita tidak akan merusak keindahan alam yang satu ini dengan tangan kita.

Gimana? Apakah kamu maik tertarik untuk berlibur ke Sungai Distrik Korupun?

Kamu ingin mencoba wisata air lain seperti laut, kamu bisa mencoba berkunjung ke Pantai Impendi.