in

Ke Bau-Bau? Jangan Lupa ke Cagar Alam Wakonti, Ini Alasannya

Sumber Gambar: seringjalan.com

Pulau Sulawesi Tenggara, khususnya di Bau-Bau memang tak pernah mengecewakan para wisatawan yang datang. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di sana salah satunya adalah Cagar Alam Wakonti. Tempat yang satu ini harus dan wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke Bau-Bau.

Alasan Mengapa Kamu Harus Berkunjung ke Cagar Alam Wakonti

Memangnya kenapa sih harus ke sana? Tentunya ada alasan yang kuat yaitu sebagai berikut:

  1. Pemandangan Alamnya Sangat Indah

Alasan pertama dan yang paling utama mengapa kamu harus datang ke Cagar Alam Wakonti di Bau-Bau ini adalah keasrian alamnya. Khususnya kamu yang memiliki tempat tinggal atau pekerjaan di kota yang penuh dan sesak dengan polusi, tempat ini bisa jadi yang terbaik.

Sumber Gambar: seringjalan.com

Objek hutan lindung ini menyajikan keindahan flora dan fauna yang sangat terjaga keasliannya. Tentu saja banyak oksigen yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung sehingga bisa menjadi healing place terbaik.

Suara kicauan burung, gemercik air, udara sejuk, dan gesekan dahan yang segar membuat kamu betah berlama-lama di sini. Nah, untuk kamu yang menyukai kegiatan meditasi atau yoga pasti akan lebih bermakna.

  1. Terdapat Kekayaan Flora yang Langka

Hutan Lindung di Wakonti, Bau-Bau ini memiliki kekayaan flora yang beragam bahkan juga banyak yang langka. Ya, bisa jadi tumbuhan yang kamu lihat di sana adalah tumbuhan pertama yang kamu lihat seumur hidup.

Sumber Gambar: rri.co.id

Di hutan lindung Wakonti ini, kamu bisa menemukan anggrek liar yang tumbuh di sana. Tentunya ini menjadi momen terbaik untuk mengabadikan keindahannya di habitat aslinya. Tak hanya itu saja, hutan ini juga memiliki pohon loreng yang memiliki ciri khas loreng-loreng seperti baju tentara.

Menurut legenda masyarakat di sekitar sana, pohon loreng yang tumbuh di hutan lindung ini merupakan sebuah kutukan. Zaman dahulu, sekitar pohon tersebut adalah tempat tinggal dari orang-orang Belanda yang mana kita tahu mereka menjajah Indonesia. Kutukan tersebut konon diberikan kepada mereka karena sudah masuk dan menginjakkan kaki di tanah Buton.

  1. Terdapat Kekayaan Fauna yang Langka

Tak hanya floranya saja yang dibiarkan hidup dengan natural, banyak fauna yang juga dilestarikan di sini. Bahkan beberapa di antaranya termasuk dalam kelompok hewan langka yang jumlahnya sedikit bahkan tak ada di daerah lain.

Di sini kamu akan menemukan hewan seperti Kuskus, Kera, Burung Kakak Tua, dan Kupu-kupu yang sangat indah. Di sini kamu tak hanya menemukan burung Kakak Tua saja melainkan berbagai jenis burung lainnya.

Oleh karena itu, banyak ilmuan-ilmuan yang datang ke sini untuk melakukan penelitian mengenai hewan-hewan dan juga tumbuhan di sana. Sebab, ada beberapa di antaranya yang langka dan memiliki ciri khas tersendiri di daerah Sulawesi Tenggara.

Tidak Jauh dari Kota dan Memiliki Akses Jalan yang Mudah

Alasan yang terakhir yaitu lokasinya yang berada di kawasan Wakonti, Kelurahan Kadolokatapi, Kecamatan Wolio ini sangat dekat dengan pusat Kota Bau-Bau. Jaraknya hanya 6 kilometer saja dari kota Bau-Bau dan untuk akses jalannya juga sudah sangat bagus.

Jadi, itulah beberapa alasan mengapa kamu harus berkunjung ke Cagar Alam Wakonti di Bau-Bau. Tempat ini bisa menjadi tujuan untuk menambah ilmu yang bermanfaat sekaligus bisa berinteraksi dengan alam. Tempat yang satu ini cocok banget untuk kamu yang suka bertualang di alam liar.