OUR NETWORK

Mencari Kedamaian di Wisata Sungai Maranting Balangan

Source Image: infopublik.id

Kalimantan adalah surganya bagi flora dan fauna di Indonesia, karena di sana ada ribuan hutan hujan tropis yang lebat. Selain itu, Pulau Borneo yang dihuni oleh tiga negara itu juga memiliki banyak sungai-sungai besar yang menyimpan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Sungai Martapura dengan pasar apungnya yang ikonik itu, kemudian ada juga Sungai Barito dengan Jembatan Rumpiang yang unik. Kemudian di Loksado ada juga Sungai Amandit dengan aktivitas bambu rafting yang sangat menarik.

Ngomong-ngomong soal sungai, apabila kamu datang ke Kalimantan Selatan, jangan sampai melewatkan kunjungan ke Sungai Maranting. Walau pun tempat wisata yang sederhana, namun di sana kamu akan disuguhkan oleh pemandangan yang mengesankan dan bisa membuatmu langsung jatuh hati.

Lokasi Sungai Maranting

Sumber: infopublik.id

Pesona terbaik yang dihadirkan oleh Sungai Maranting bisa kamu nikmati di Desa Gunung Batu, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Jaraknya kira-kira 30 km dari ibu kota Kabupaten Balangan, Paringin, yang mana kamu bisa menempuhnya dengan perjalanan selama kurang lebih 45 menit hingga 1 jam. Walau pun lokasinya sedikit berada di pelosok Kalimantan Selatan, kamu tak perlu risau soal akses menuju ke Desa Gunung Batu, karena kamu akan dimanjakan dengan kondisi jalan yang lebar dan telah teraspal mulus. Selama di perjalanan kamu akan disuguhi oleh pemandangan perkebunan karet milik warga, jalan yang berkelok-kelok dan naik turun sedikit akan memacu adrenalinmu. Oleh sebab itu, sebelum berkunjung ke Desa Gunung Batu pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima, terutama rem dan tekanan angin ban roda.

Berpadu dengan Pesona Gunung Hantanung

Sumber: dinaspariwisatabalangan.com

Setelah melalui perjalanan yang cukup jauh, setibanya di Sungai Maranting kamu akan disambut dengan suasana khas pedesaan yang damai, lengkap dengan udara yang segar dan menyejukkan. Menikmati pesona Sungai Maranting, berarti kamu sekaligus menjadi saksi atas kegagahan Gunung Hantanung yang menjulang.

Sumber: inakoran.com

Ya, tidak jauh dari sungai tersebut, berdiri sebuah gunung kapur berongga yang diselimuti oleh tumbuhan hijau, yang dinamakan dengan Gunung Hantanung. Dari Sungai Maranting, kamu bisa dengan jelas melihat pesona Gunung Hantanung.

Sungai Maranting yang Jernih

Sumber: Instagram @rindangyuliani

Lokasinya yang berada di pedalaman membuat Sungai Maranting masih memiliki air yang jernih dan menyegarkan. Sungai ini terlihat semakin cantik dengan keberadaan bebatuan yang tersebar acak di tengah sungai. Ketika air surut, warga setempat dan para wisatawan bisa dengan leluasa bermain air dan merasakan kesegaran Sungai Maranting. Apabila tidak ingin basah-basahan, duduk di atas bebatuan di tepi sungai sembari menghirup udara sejuk dan menikmati pemandangan Gunung Hantanung, juga bisa menjadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu di sana.

Potensi Besar untuk Bambu Rafting

Sumber: Indonesiakaya.com

Berdasarkan kontur yang ada, Sungai Maranting sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi bambu rafting seperti di Sungai Amandit. Bambu rafting adalah sebuah olahraga arung jeram dengan menggunakan bambu sebagai rakit, yang dikemudikan oleh seorang skipper dengan menggunakan bambu sepanjang 2 hingga 3 meter sebagai tongkat pengemudi. Hanya saja potensi wisata di Sungai Maranting belum dikelola secara maksimal, sehingga bambu rafting pun masih belum tersedia di sana.

Fasilitas di Sungai Maranting

Objek wisata Sungai Maranting biasanya akan menyedot banyak pengunjung saat akhir pekan atau hari libur nasional. Namun, yang sangat disayangkan adalah fasilitas di sana masih sangat minim, karena memang lokasi wisata ini hanya dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Masih sulit menemukan toilet di sekitar Sungai Maranting, padahal itu adalah fasilitas utama di tempat wisata.

Namun, di sana kamu bisa menjumpai banyak warung-warung sederhana yang menjual aneka minuman dan makanan ringan untuk wisatawan, tentunya dengan harga yang ramah di kantong. Biasanya banyak pengunjung yang memilih untuk duduk-duduk di warung sambil menyantap makanan dan menikmati kesejukan udara dan pesona alam yang disajikan oleh Sungai Maranting.

Itulah sekilas cerita tentang Sungai Meranting, sebuah sungai yang menyajikan pemandangan alam yang menawan dan lengkap dengan kegagahan Gunung Hantanung. Ingat, selalu jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di tempat wisata alam.

Selamat Berlibur!!!

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…