OUR NETWORK

Cerita Danau Biru Tabur yang Berkhasiat di Kalimantan Selatan

Source Image: deeanpersonalblog.wordpress.com

Alam Kalimantan tidak akan pernah berhenti menyuguhkan berbagai cerita yang menarik, entah itu soal pantainya yang eksotis, air terjun dengan alam dan suasananya yang damai, atau mungkin tentang goa-goa alami yang menawan. Oh ya, Kalimantan juga memiliki banyak danau buatan dengan air yang berwarna biru, yang terbentuk dari lahan bekas galian tambang yang telah ditinggalkan. Oleh sebab itu, bagi kamu yang mengaku sebagai para pecinta alam dan sang petualang, tentunya tidak lengkap apabila belum menjelajahi setiap sudut Kalimantan, mengingat banyaknya potensi wisata alam yang dimiliki.

Apabila kamu berkunjung ke Kalimantan Selatan, jangan lupa untuk berkunjung ke Danau Biru Tabur. Selain memiliki danau berwarna biru, di sana kamu juga akan disuguhi dengan pesona alam sekitar yang sangat menawan. Belum lagi soal cerita air Danau Biru Tabur yang berkhasiat. Minimal sekali dalam seumur hidup, pokoknya kamu harus pernah berkunjung ke Danau Biru Tabur.

Lokasi Danau Biru Tabur

Sumber: wisatasia.com

Secara administratif, Danau Biru Tabur berada di Desa Tayur, Kecamatan Amuntai Utara, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Jaraknya kira-kira 8 km dari pusat kota Amuntai, sementara dari Banjarmasin yang tak lain adalah ibu kota Kalimantan Selatan, kamu masih harus menempuh jarak sejauh 185 km menuju ke arah timur laut dengan waktu tempuh 4 hingga 5 jam perjalanan darat.

Soal akses tidak perlu khawatir, karena jalanan sudah teraspal mulus, sehingga bisa dilewati oleh kendaraan roda dua atau bahkan roda empat. Hanya saja beberapa km jelang sampai lokasi, kamu masih akan menemukan jalanan yang berlubang dan belum teraspal. Namun, di sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan oleh pesona alam khas Kalimantan Selatan, berupa perbukitan hijau hingga areal persawahan milik penduduk. Sesekali kamu juga akan melewati hutan yang cukup lebat.

Warna Air Biru

Sumber: deeanpersonalblog.wordpress.com

Seperti namanya, air di Danau Biru Tabur memang memiliki warna kebiruan. Menurut penelitian para ahli, warna biru yang dihasilkan oleh air danau tercipta akibat proses geologi serta adanya senyawa kimia yang ada di dasar danau.

Sumber: deeanpersonalblog.wordpress.com

Kemudian, pada waktu-waktu tertentu juga terjadi perubahan warna air danau, yang disebabkan oleh intensitas pantulan cahaya matahari serta adanya populasi bakteri di dalam air.

Air Danau yang Berkhasiat

Sumber: deeanpersonalblog.wordpress.com

Sementara itu, menurut kepercayaan warga sekitar, air di Danau Biru Tabur memiliki khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Oleh sebab itu, beberapa warga sekitar dan bahkan para pendatang sering mengambil air danau untuk diminum, ada juga yang memilih menceburkan diri ke dalamnya dengan maksud untuk menyembuhkan penyakit reumatik yang diderita. Hanya saja sampai saat ini masih belum dilakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai khasiat air Danau Biru Tabur, seperti yang dipercaya oleh beberapa warga sekitar.

Pesona Alam Sekitar Danau Biru Tabur

Sumber: deeanpersonalblog.wordpress.com

Selain keunikan dari warna airnya, danau yang satu ini juga memiliki pesona alam yang cukup cantik. Di sekitar danau kamu akan menemukan deretan pepohonan yang rindang, seakan-seakan siap untuk menjadi pelindung wisatawan dari teriknya sinar matahari. Melihat pesona yang menjanjikan dan warna air danau yang cantik, tidak heran apabila Danau Biru Tabur sering menjadi tujuan wisatawan untuk menghabiskan libur akhir pekan mereka. Selain itu, lokasi dari Danau Biru Tabur juga sangat strategis, karena tidak jauh dari Lapangan Golf Air Tawar dan Taman Makam Pahlawan Tabur.

Harga Tiket dan Fasilitas Danau Tabur

Danau Biru Tabur memiliki jam buka antara pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat atau Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA). Untuk bisa menikmati keindahan dari Danau Biru Tabur, para wisatawan hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar 10 ribu rupiah per orang. Bagaimana, sangat bersahabat di kantong bukan?

Sementara soal fasilitas, walau pun masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar, namun fasilitas di Danau Biru Tabur sudah cukup lengkap. Di sana kamu bisa menemukan beberapa fasilitas dasar seperti toilet dan tempat sampah. Tersedia juga beberapa warung yang menjual aneka minuman dan makanan ringan dengan harga yang cukup terjangkau dan ramah di kantong.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…