in ,

Menengok Pemandangan Kota Takengon Yang Indah Dari Atas Bur Telege

Sumber Gambar: analisadaily.com

Lagi dan lagi destinasi wisata di Aceh menjadi salah satu destinasi yang dapat kamu pilih untuk menghabiskan liburan. Seakan tak ada habis – habisnya jumlah destinasi wisata di Aceh bertambah tiap waktu. Di dominasi oleh wisata bahari tak membuat wilayah Aceh menjadi tertutup akan wisata modern nya.

Siapa nih yang akan berencana menghabiskan liburan dengan berkunjung ke Aceh? Atau mungkin bagi kamu warga Aceh mau mencoba tempat liburan baru disana? Aceh nampaknya menjadi salah satu daerah yang selalu menarik untuk kamu datangi.

Kali ini Wisato.id akan membawa kamu bersantai sejenak sembari kongkow asik bersama keluarga atau teman di Bur Telege.

Apa itu Bur Telege?

Sumber Gambar: Google Maps @Retno Anggun Pramita

Bagi sebagian banyak orang yang berasal dari luar Aceh nampaknya sedikit kebingungan dengan nama tempat wisata yang satu ini. Bur Telege? Tempat wisata apa ya kira – kira? Bur Telege berasal dari bahasa Aceh. Bur dalam bahasa Indonesia artinya bukit sedangkan telege artinya sumur atau tempat penampungan air. Konon kata warga sekitar pada zaman dahulu diatas puncak bukit ini terdapat sumber air atau sumur yang tak pernah kering itu sebabnya perbukita ini dinamakan Bur Telege.

Lokasi nya berada di area perbukitan yang ketinggiannya sekitar 1.250 MDPL(meter diatas permukaan laut). Alamat lengkap Bur Telege yakni di Desa Hakim Bale Bujang, Kabupaten Aceh Tengah.

Area perbukitan ini disulap oleh pengelola menjadi tempat wisata yang memiliki unsur modern karena bisa sebagai tempat chill nya anak muda namun juga tak menghilangkan unsur wisata alam nya. Dengan membayar tiket masuk Rp 5.000 per orang pengunjung mulai dari anak – anak hingga orangtua cocok mendatangi tempat ini.

Kegiatan Di Bur Telege

 Selama di Bur Telege kamu dapat melakukan serangkaian kegiatan yang menarik dan yang pastinya biaya yang dikeluarkan tak akan membuat mu terkejut lho! Yuk intip kegiatan nya!

  • Trekking santai

Sumber Gambar: Google Maps @Ikhsan Nashki

Dari lokasi awal masuk Bur Telege kamu bisa melakukan kegiatan trekking santai bersama teman – teman mu. Sambil melihat indahnya pemandangan sekitar Bur Telege kamu bisa sambil trekking dan menghirup udara segar.

  • Melihat Indahnya Danau Lut Tawar

Sumber Gambar: Google Maps @Rizki kiki

Dari perbukitan Bur Telege ini kamu dapat melihat indahnya Danau Lut Tawar yakni salah satu data yang terkenal di Aceh. Sambil duduk santai di bangku panjang yang disediakan disana kamu pun juga bisa melihat pemandangan kota Takengon.

  • Berfoto di berbagai spot

Sumber Gambar: Viva.co.id

Seperti yang telah kita simak di Bur Telege ini tak hanya fokus pada wisata alam saja tetapi juga wisata modern nya maka dibangun lah beberapa spot foto buat kamu anak muda yang berkunjung kesini. Berbagai spot foto tersebut misalnya spot foto di ayunan, spot foto semacam tempat nongkrong yang dibangun diatas pohon, jembatan kecil hingga spot karpet terbang.

  • Menikmati kopi gayo dari atas bukit

Cuacanya yang dingin pasti membuat pengunjung ingin sekedar menghirup sesuatu yang hangat. Di Bur Telege terdapat beberapa kedai makanan yang dapat kamu singgahi. Jangan lupa untuk memesan minuman khas dari tanah gayo yaitu Kopi Gayo untuk menemani harimu.

  • Bermalam diatas Bur Telege

Sumber Gambar: Google Maps @Muhajir ST

Bagi kamu yang mengunjungi Bur Telega menjelang senja dan ingin merasakan bermalam diatas bukit tak usah khawatir karena disini sudah tersedia villa yang cocok untuk kamu dan keluarga besar.

Villa ini bernama De Bur Telege Villa berdiri tepat di perbukitan Bur Telege. Kapasitas 1 villa muat untuk 5 – 6 orang dengan harga Rp 1.500.000 per malam. Dari villa ini kamu dapat melihat view hutan pinus, kota Takengon dan Danau Lut Tawar lebih leluasa lho!

 

RUTE MENUJU BUR TELEGE

Bur Telege tak jauh dari pusat kota Takengon. Dari kota Takengon kamu menempuh jarak sekitar 10km hingga memasuki wilayah Jl.Takengon – Bintang tak jauh dari lokasi Bur Telege ini berada. Untuk kondisi jalanannya cukup baik karena sudah beraspal namun kamu tetap harus berhati – hati karena jalanannya naik turun dan berkelok.

Lokasi perbukitan ini mudah dijangkau kok, karena kamu akan menemukan tulisan besar diatas bukit bertuliskan “Gayo Highland” yang di cat warna merah. Itu artinya kamu sudah tiba di area wisata ini dan kamu bisa segera mencari tempat parkir untuk kendaraanmu.

Apakah kamu sudah siap menjelajahi perbukitan ini? Segera atur jadwalmu dan berangkat ke Bur Telege ya!