Intip Berbagai Aktivitas Seru di Situ Cihuni!

Ingin liburan atau sekedar jalan -jalan? Tapi terhalang biaya dan waktu yang tidak leluasa? Rasanya tak perlu bingung lagi, sebenarnya berliburan tak melulu harus mengeluarkan biaya yang besar atau waktu yang panjang untuk berpergian jarak jauh. Justru sebaliknya, kini liburan bisa saja terlaksana tanpa memerlukan biaya sama sekali alias gratis dan dalam waktu yang singkat. Bagaimana caranya ya? Sebenarnya untuk sekedar “healing” di kala akhir pekan tiba kamu bisa saja datang ke wisata gratis yang ada di sekitarmu.

Bagi kamu warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya bila sekedar ingin refreshing atau melepas penat tetapi tidak terhimpit dengan waktu yang mepet maka salah satu cara untuk menikmati liburan yakni kamu bisa memilih untuk datang ke salah satu tempat wisata yang ada di Cihuni, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten.

- Advertisement - From Korea With Love Concert

Wisata yang satu ini berbentuk danau buatan bernama Situ Cihuni, walau terkesan wisata sederhana tapi danau buatan ini bisa menjadi spot untuk sekedar melepas penat kala akhir pekan tiba. Ingin tau seperti apa penampakannya serta kegiatan seru apa saja yang bisa dilakukan disana? Yuk, simak ulasan lengkap dari Wisato.id berikut ini !

Wisata Danau Buatan Situ Cihuni

Sumber Gambar: Google Maps @Aris Setiawan

Wisata danau buatan bernama Situ Cihuni yang memiliki luas hingga mencapai 32 hektar ini pada awalnya dibuat untuk berbagai macam tujuan, seperti misalnya sebagai cadangan air di kala kemarau datang atau sebagai sumber pengairan bagi wilayah di sekitar danau. Area danau buatan ini sebelumnya ternyata menyatu tetapi kini berpisah namun letak keduanya masih tetap berdekatan, hal ini terjadi karena seiring berjalannya waktu tak menutup kemungkinan terjadi pendangkalan. Berbeda dari danau buatan pada umumnya yang memiliki warna air keruh, Situ Cihuni ini memiliki air danau yang terbilang cukup bersih walaupun letaknya berada di dalam kawasan perumahan. Sekeliling danau ini banyak ditumbuhi pepohonan rindang dan hamparan rumput yang alami sehingga suasana disekitarnya tidak terlalu terik pada siang hari.

5 Kegiatan Seru di Situ Cihuni

  • Spot favorite untuk memancing

Sumber Gambar: Google Maps @ramadya Purnomo

Memiliki air danau yang terbilang cukup bersih maka menjadi salah satu nilai tambah bagi Situ Cihuni karena masih banyak ditemui berbagi jenis ikan air tawar seperti ikan gabus, ikan patin atau ikan mujair.  Hal ini membuat para pecinta kail dan umpan seringkali datang berkunjung ke Situ Cihuni entah siang hari atau sore hari sekedar mencoba peruntungan. Bila wisatawan ingin datang dengan tujuan ingin memancing maka sebaiknya mempersiapkan perlengkapan tambahan lainnya seperti tikar dan bekal agar bisa dipergunakan setelah memancing. Sekedar informasi, untuk mengakses kawasan Situ Cihuni wisatawan tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

  • Spot Gowes

Sumber Gambar: travel.detik.com

Di sekitar kawasan Situ Cihuni terdapat trek yang seringkali ramai dikunjungi para pecinta sepeda yang ingin gowes sejak pagi hari hingga ke sore hari. Trek sepedahan di kawasan situ terbilang cukup esktrim karena berkelok, melewati area persawahan hingga jembatan bambu sehingga memicu adrenalin bagi para pecinta sepeda.

  • Agrowisata

Sumber Gambar: ihategreenjello.com

Bagi para wisatawan yang tidak gemar memancing dan bersepeda atau mungkin membawa si kecil saat berwisata di Situ Cihuni maka bisa mencoba kegiatan agrowisata. Wisatawan bisa mencoba bercocok tanam dan memanen hasil – hasil kebun, selain itu wisatawan bisa sambil berbelanja sayur mayur dan buah – buahan segar dengan harga terjangkau. Beberapa jenis buah dan sayur yang biasanya ditemui disana misalnya tomat, timun, semangka, melon dsb.

  • Menikmati kuliner di saung

Setelah lelah berjalan – jalan, menikmati pemandangan Situ Cihuni, gowes bersama kawan hingga mencoba kegiatan agrowisata maka jangan lupa untuk mengisi perut. Tak perlu jauh – jauh, masih di area yang sama yakni di sekitar Situ Cihuni terdapat rumah makan yang desainnya berupa saung – saung tradisional dan terletak diatas kawasan danau buatan atau Situ Cihuni tersebut. Menu masakan tradisional pun menjadi andalannya, beberapa diantaranya seperti hidangan ikan laut mulai dari ikan gurame, ikan patin, ikan kue, cumi – cumi, udang, cah kangkung, sayur toge, lalapan, sambal dan masih banyak menu lain yang akan menggugah selera.

Must Read

Related Articles

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.