OUR NETWORK

Menikmati Keindahan Bangka Belitung dari Pulau Lengkuas

Tentu kamu sudah tahu bahwa Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, setidaknya ada lebih dari 17 ribu pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Setiap pulau pasti akan memiliki keunikan dan keindahan tersendiri, yang terkadang tak dimiliki oleh pulau lainnya. Seperti halnya Pulau Bali, yang disebut-sebut sebagai pulau tercantik di Indonesia dengan pemandangan alam yang melengkap.

Selain Bali, Kepulauan Bangka Belitung juga tak kalah indahnya. Bahkan di sana kamu akan menemukan deretan pantai yang eksotis dan unik dengan bongkahan batu granit raksasa di bibirnya. Selain itu, di Provinsi Bangka Belitung juga ada beberapa pulau cantik lainnya, salah satunya adalah Pulau Lengkuas.

Lokasi Pulau Lengkuas

Sumber: Instagram@erlia

Pulau Lengkuas sendiri berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Meskipun cantik dan menawan, namun butuh perjuangan yang cukup ekstra untuk bisa sampai di Pulau Lengkuas. Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk berkunjung ke Pulau Lengkuas. Untuk opsi pertama kamu bisa berangkat dari Desa Tanjung Kelayang dan opsi kedua kamu bisa berangkat dari Tanjung Binga. Untuk kamu yang beranjak dari Desa Tanjung Kelayang, kamu bisa terlebih dahulu mampir ke beberapa pulau lainnya seperti Pulau Pasir, Pulau Babi, Pulau Burung, sebelum akhirnya sampai di Pulau Lengkuas. Sementara jika berangkat dari Tanjung Binga kamu hanya bisa mampir ke Pulau Litung dan Pulau Semaju. Oh ya, semua perjalanan menuju ke Pulau Lengkuas akan menggunakan perahu.

Pesona Pulau Lengkuas

Sumber: Instagram@mytravelingplaces

Begitu sampai di Pulau Lengkuas, kamu akan langsung dihadapkan pada hamparan pasir putih dan mercusuar yang berdiri kokoh di salah satu sudut pulau. Tak jauh berbeda dengan pantai di Bangka Belitung, kamu pun akan menemukan puluhan batu granit raksasa yang berserakan di bibir pantai Pulau Lengkuas. Kamu bisa mengunjungi gugusan batu granit tersebut dengan menyebrang lautan dangkal di bibir pantai.

Sumber: Instagram @jejakanaknusantara

Selain itu di Pulau Lengkuas juga banyak ditemukan burung layang-layang yang berterbangan, terutama di sore hari ketika mereka pulang menuju ke sarangnya. Jika sedang beruntung, kamu pun bisa berjumpa dengan penyu sisik dan penyu hijau yang terkadang mampir untuk bertelur di pantai. Adanya penyu sisik dan penyu hijau sendiri menandakan bahwa perairan dan kualitas ekosistem di Pulau Lengkuas masih cukup sehat. Namun harus diingat, jangan pernah mengambil telur-telur penyu tersebut, karena mereka adalah hewan langka yang harus dilindungi dari ancaman kepunahan.

Jika kamu menyelam, kamu juga bisa melihat terumbu karang yang berwarna-warni di sekitar Pulau Lengkuas. Pokoknya lengkap banget pemandangan di Pulau Lengkuas, membuatmu betah untuk berlama-lama di sana.

Aktivitas di Pulau Lengkuas

Sumber: Instagram@oh.xiaomei

Ombak di Pulau Lengkuas yang cukup bersahabat sangat memungkinkanmu untuk berenang di sana. Bersantai di tepi laut atau bahkan duduk di atas batu granit pun bisa kamu coba ketika berkunjung ke Pulau Lengkuas. Untuk yang hobi berfoto, jangan lupa siapkan tempat penyimpanan yang besar sebelum berkunjung ke Pulau Lengkuas. Karena memang di pulau tersebut kamu akan menemukan banyak spot foto yang menarik, salah satunya di sekitar bebatuan granit.

Setelah puas bermain atau berfoto ria, kamu bisa menikmati es kelapa muda yang banyak dijual di sekitar Pulau Lengkuas untuk menghilangkan dahaga. Harganya juga tidak terlalu mahal, karena kamu hanya perlu membayar sekitar 20 ribu rupiah untuk satu buah kelapa muda.

Merasakan Sensasi Naik Mercusuar di Pulau Lengkuas

Sumber: https://i.ytimg.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa di Pulau Lengkuas juga ada mercusuar. Menurut informasi, mercusuar yang ada di Pulau Lengkuas memiliki tinggi sekitar 52 meter dan dibangun sejak tahun 1882 oleh seorang berkebangsaan Belanda bernama ZM Willem III. Untuk saat ini mercusuar 18 lantai tersebut dikelola oleh Kementerian Perhubungan di bawah tanggung jawab Dirjen Perhubungan Laut. Meskipun demikian para pengunjung masih diizinkan untuk naik ke puncak mercusuar dengan membayar sebesar 5 ribu rupiah. Sebelum masuk ke mercusuar, para pengunjung diminta untuk melepas alas kaki dan mencuci kaki.

Dari halaman mercusuar, kamu akan memasuki sebuah ruangan berbentuk lingkaran dengan pencahayaan yang cukup redup. Untuk bisa sampai di puncak, kamu harus menaiki anak tangga yang di mana pada setiap lantai akan terdapat jendela untuk melihat kondisi di luar mercusuar. Meskipun cukup melelahkan, namun semuanya akan langsung terbayar ketika sudah sampai di puncak. Dari atas ketinggian Pulau Lengkuas akan terlihat secara utuh dan semakin menawan.

Bagaimana, tertarik ke Pulau Lengkuas?

Comments

Loading...