OUR NETWORK

Pulau Kepayang, Surga yang Tertinggal di Pulau Belitung

Saya rasa akan menjadi cerita yang panjang jika membahas keindahan Kepulauan Bangka Belitung. Alasannya apa lagi kalau bukan karena banyaknya pesona alam yang dimiliki oleh provinsi yang beribu kota di Pangkal Pinang tersebut. Daya tarik utama Bangka Belitung adalah pantai dan gugusan kepulauan yang menawan nan eksotis. Karena memang Bangka Belitung sendiri dikelilingi oleh lautan lepas dan berhadapan langsung dengan Laut China Selatan di sebelah utara.

Di Belitung, kamu akan banyak menjumpai pantai tanpa batu karang. Bukan berarti tak indah, justru pantai di Bangka Belitung sangat unik karena dipenuhi dengan bongkahan batu granit raksasa. Untuk gugusan kepulauannya pun demikian, di mana mereka menyimpan banyak keunikan yang tak bakal ditemukan di tempat lainnya. Salah satu pulau yang cukup unik sekaligus eksotis di Bangka Belitung adalah Pulau Kepayang. Pokoknya kamu gak bakal rugi mengunjungi pulau yang satu ini. Percayalah! Jadi kalau kamu mengambil paket liburan hopping island, jangan lupa untuk mampir di pulau yang satu ini.

Lokasi Pulau Kepayang

Sumber: www.travelerien.com

Lokasi Pulau Kepayang atau yang disebut juga dengan Pulau Babi tersebut tak terlalu jauh dari pusat kota Tanjung Pandang, di mana kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 30 menit untuk bisa sampai di pulau yang eksotis tersebut. Untuk kamu yang datang dari Pantai Tanjung Kelayang, jarak ke Pulau Kepayang sekitar 2 km dan bisa ditempuh selama 15 menit dengan menggunakan boat.

Pesona Pulau Kepayang

Sumber: pusatinfowisata26.blogspot.com

Soal pesona jangan khawatir, dijamin mampu menghipnotismu untuk betah berlama-lama di sana. Pulau kepayang sendiri dibagi menjadi dua, yakni Pulau Kepayang Besar dan Pulau Kepayang Kecil, yang di mana masing-masing pulau memiliki keindahan sendiri. Namun di kedua pulau tersebut kamu sama-sama akan menemukan pemandangan yang menawan, pantai dengan pasir putih bersih berhiaskan bongkahan batu granit raksasa yang terkadang menjadi pemecah ombak.

Sumber: Instagram @sigitsaptari

Ombak di sekitar Pulau Kepayang cukup bersahabat, dengan air yang masih sangat jernih terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang lucu bisa terlihat hanya dengan mata telanjang. Pesona di Pulau Kepayang akan semakin menjadi-jadi ketika sore atau pun pagi hari, di mana cahaya matahari yang kemerahan bakal memberikan suasana yang romantis sekaligus tak terlupakan.

Oh ya, dari Pulau Kepayang kamu bisa menyaksikan kemegahan mercusuar yang berada di Pulau Lengkuas, mengingat jarak antar keduanya tidak terlalu jauh.

Snorkeling di Pulau Kepayang

Sumber: www.travelerien.com

Selain keindahannya yang menawan, di sana kamu pun bisa melakukan berbagai aktivitas yang seru dan menyenangkan. Tidak hanya bisa berenang menikmati jernihnya air laut, di sana kamu juga bisa snorkeling di laut dangkal untuk menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang lucu.

Sumber: Instagram @inelminci

Jika kamu beruntung, saat snorkeling kamu bisa berjumpa dengan penyu sisik dan ikan napoleon yang sudah mulai langka. Namun perlu diingat, jangan sesekali menyakiti atau mengganggu mereka, mengingat keberadaannya yang hampir punah.

Berkunjung ke Penangkaran Penyu

Sumber: www.travelerien.com

Di Pulau Kepayang kamu juga bisa berkunjung ke penangkaran penyu yang dikelola oleh Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB). Area penangkaran penyu sendiri lokasinya berada di areal penginapan yang berada di pulau, dan untuk masuk ke sana kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Di sana kamu bisa melihat tempat penyu bertelur, penetasan, hingga kolam-kolam tempat pemeliharaan bayi-bayi penyu, dan penyu-penyu dewasa.

Untuk kamu yang ingin berpartisipasi dalam pelestarian karang, bisa melakukannya dengan cara mengadopsi karang seharga Rp 50.000 / stek. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Fasilitas di Pulau Kepayang

Sumber: www.travelerien.com

Meskipun tak terlalu luas, namun fasilitas yang bisa kamu nikmati di Pulau Kepayang sangat lengkap. Untuk kamu yang ingin menginap di sana sudah tersedia beberapa penginapan yang sangat nyaman dan dekat dengan bibir pantai. Bisa dibayangkan, ketika bagun di pagi hari kamu akan langsung melihat pemandangan pantai yang menawan. Tidak hanya itu, di sana juga terdapat rest area yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat para pengunjung untuk melepaskan rasa lelah atau menyantap perbekalan yang telah dibawa. Untuk kamu yang tidak membawa bekal, jangan khawatir karena di sana pun banyak warung penjual aneka minuman atau pun makanan ringan.

Comments

Loading...