OUR NETWORK

Menyaksikan Pesona Bangka Belitung Melalui Pantai Tikus Emas

Apa sih yang pertama kali ada di benakmu ketika mendengar Bangka Belitung? Saya yakin salah satunya adalah film Laskar Pelangi yang sempat booming tersebut. Memang tidak salah, karena film itu mengambil tempat syuting di Provinsi Bangka Belitung dan ada beberapa adegan yang diambil di salah satu pantai tercantik di sana. Selain film Laskar Pelangi, Bangka Belitung juga terkenal memiliki pantai yang sangat unik dan bahkan tidak akan kamu jumpai di tempat lainnya. Jika pantai pada umumnya berhiaskan batu karang, mayoritas pantai di Bangka Belitung justru lebih banyak didominasi oleh batuan granit raksasa berwarna hitam. Namun justru kehadiran batu-batu granit tersebut menjadikan pantai di Bangka Belitung terlihat lebih menawan.

Untuk kamu yang berencana atau bahkan sedang berada di Bangka Belitung, gak ada salahnya coba mengunjungi salah satu pantai eksotis yang ada di sana. Dari sekian banyak pantai, yang wajib kamu kunjungi ketika pergi ke sana adalah Pantai Tikus Emas. Namanya aneh bukan? Tapi tenang saja Pantai Tikus Emas tak aneh seperti namanya, pantai ini justru terlihat sangat eksotis dan menawan. Cocok untuk dijadikan sebagai destinasi liburan akhir pekanmu bersama dengan kaluarga.

Lokasi Pantai Tikus Emas

Sumber: Instagram@enungsrioktaviani

Pantai ini sendiri berada di Desa Rebo, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung. Tak sulit untuk menemukan pantai yang satu ini, karena memang lokasinya tidak jauh dari jalan utama. Dari ibu kota provinsi Bangka Belitung, Pangkal Pinang, kamu hanya perlu berkendara selama 40 menit dengan kecepatan normal untuk bisa sampai di Pantai Tikus Emas. Setelah sampai di parkiran, kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh beberapa meter untuk bisa sampai di bibir Pantai Tikus Emas.

Asal Usul Nama Pantai Tikus Emas

Sumber: Instagram@megakusuma

Oh iya, pasti kamu juga penasaran bukan kenapa pantai cantik yang satu ini dinamakan sebagai Pantai Tikus Emas. Padahal tikus adalah binatang yang menjijikkan dan sama sekali tidak merepresentasikan keindahan yang ada di Pantai Tikus Emas. Nah, menurut informasi yang didapat pantai ini dinamakan demikian karena banyak jalan setapak (jalan tikus) yang ada di sekitarnya. Karena pada zaman dahulu kawasan di sekitar pantai ini adalah lokasi para penambang timah gelap yang kemudian menyelundupkan hasil tambang mereka ke sisi pantai. Meskipun para penambang timah gelap sudah tidak ada lagi, jalan setapak yang ada di sekitar pantai masih sering digunakan oleh warga sekitar sebagai jalan pintas.

Pesona Pantai Tikus Emas

Sumber: Instagram@lupierachim

Setelah mengetahui asal usul namanya, saatnya kita menjelajahi setiap sudut keindahan di Pantai Tikus Emas. Dengan keindahannya, pantai ini disebut sebagai destinasi wisata unggulan Bangka Belitung. Di Pantai Tikus Emas kamu akan menemukan banyak batu granit raksasa yang terletak berserakan di sekitar bibir pantai. Pemandangan akan semakin terlihat eksotis ketika batu granit raksasa berpadu dengan birunya air laut dari Laut China Selatan.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Pantai Tikus Emas

Sumber: Instagram@rentalmobilaja

Banyak yang bilang bahwa waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Tikus Emas adalah di kala pagi atau sore hari. Karena di saat pagi hari kamu bisa menikmati suasana sunrise yang berpadu dengan birunya air laut, sementara di kala sore hari kamu akan mendapatkan suasana senja yang begitu romantis di Pantai Tikus Emas. Saat senja, pantulan matahari yang berwarna kemerahan menciptakan potret sempurna dalam bidikan kamera.

Berkunjung ke Kuil Megah dan Pantai di Sekitarnya

Sumber: ep-moto.blogspot.com

Jika pada umumnya di tepi pantai akan banyak para penjual makanan atau pun seafood, di Pantai Tikus Emas kamu akan menemukan pemandangan yang berbeda. Karena tidak jauh dari pantai kamu justru akan menemukan bangunan kuil yang sangat megah bernama Puri Tri Agung. Bangunan kuil ini sendiri juga menjadi salah satu daya tarik dari Pantai Tikus Emas.

Masih belum puas bermain di pantai? Kamu bisa coba berkunjung ke pantai tetangga, yang di mana lokasinya tidak jauh dari Pantai Tikus Emas. Gak perlu pakai kendaraan, kamu bisa berkunjung ke pantai sebelah dengan hanya berjalan kaki menyusuri jalan setapak.
Bagaimana, Tertarik berkunjung ke Pantai Tikus Emas? Sudah deh langsung saja ambil cuti dan pergi berlibur ke sana.

 

Sumber Featured Image: Instagram @

Comments

Loading...