OUR NETWORK

Pantai Matras, Pantai dengan Garis Terpanjang di Bangka Belitung

Tidak akan ada habisnya membahas keindahan Pulau Bangka dan Pulau Belitung, yang kemudian disebut dengan Provinsi Bangka Belitung. Salah satu provinsi yang sangat indah dan menyimpan sejuta potensi wisata, jadi gak heran kalau provinsi yang satu ini mulai banyak dikunjungi wisatawan, baik asing atau pun mancanegara. Bicara soal keindahan alam Bangka Belitung, maka kamu tidak akan bisa lepas dari yang namanya pantai. Karena memang provinsi ini memiliki deretan pantai yang membentang sangat indah dan eksotis karena dikelilingi oleh lautan luas. Di sebelah utara Bangka Belitung berbatasan langsung dengan Laut China Selatan yang dikenal memiliki air sangat jernih berwarna biru. Jika pantai berpasir putih sudah biasa, maka di Bangka Belitung kamu akan menemukan banyak pantai unik yang berhiaskan batu granit raksasa.

Sumber: Instagram @babel.explore

Dari sekian banyak pantai eksotis yang ada di Bangka Belitung, kamu wajib berkunjung ke Pantai Matras yang disebut-sebut sebagai pantai dengan garis terpanjang di Bangka Belitung. Soal keindahannya juga jangan khawatir, kamu akan dimanjakan oleh banyak pemandangan alam yang menawan.

Lokasi Pantai Matras

Sumber: Instagram@petrussabarwiratno

Pantai Matras sendiri berada di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, sebelah timur Pulau Bangka. Jika datang dari ibu kota Provinsi Bangka Belitung, Pangkal Pinang, para pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 40 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Sementara jika datang dari Kota Sungailiat, para pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 7 km. Bagaimana, cukup dekat bukan dari pusat kota?

Sumber: Instagram @krys_km

Untuk bisa sampai di lokasi pantai, para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi dan bahkan kendaraan roda empat. Karena memang jalan menuju ke bibir pantai cukup lebar dan sudah teraspal mulus. Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda, para pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan umum jenis colt untuk bisa sampai ke Pantai Matras.

Pesona Pantai Matras

Sumber: Instagram@zuzu_zuri

Pantai Matras disebut sebagai pantai dengan garis terpanjang di Pulau Bangka. Karena memang pantai dengan pasir putih lembut tersebut membentang sejauh 3 km dengan lebar bervariasi antara 20 hingga 30 meter. Di sekitar pantai terdapat banyak pohon kelapa yang berdiri berjejer, seakan semakin menambah eksotis suasana pantai. Pantai Matras juga tak berbeda dengan pantai di Bangka Belitung lainnya, di mana di pantai ini kamu juga bisa menemukan bebatuan granit yang berdiri kokoh di bibir pantai.

Sumber: Instagram@riantiarno19

Saking panjangnya bibir Pantai Matras, kamu bisa melihat dua pemandangan yang berbeda di sebelah utara dan selatan. Jika kamu melemparkan pandangan ke arah utara, maka kamu akan melihat dengan jelas bentangan pasir putih yang seakan tidak berujung. Sementara di sebelah selatan kamu akan melihat tumpukan batu granit raksasa yang tersusun secara acak. Tidak hanya itu, di sekitar Pantai Matras kamu bisa menjumpai sungai dengan aliran air yang sangat bersih dan bermuara di pantai.

Aktivitas di Pantai Matras

Sumber: Instagram@_ramadhanyaya

Melihat ombak pantai yang tidak terlalu ganas, berenang atau mungkin bermain di Pantai Matras bisa menjadi pilihan. Tapi cobalah sensasi yang berbeda dengan bersantai di atas hammock yang diikatkan di antara batang pohon kelapa. Suasana yang cukup teduh dengan semilir angin laut dan suara deburan ombak, bersantai di atas hammock sembari minum air kelapa muda akan menjadi aktivitas yang sangat seru di Pantai Matras. Untuk kamu yang hobi fotografi jangan lupa siapkan ruang penyimpanan yang besar, karena di sana kamu akan menemukan banyak landscape yang indah dan mepesona.

Fasilitas di Pantai Matras

Fasilitas di Pantai Matras bisa dibilang cukup memadai, di mana kamu sudah bisa menemukan tempat penginapan hingga hotel bintang empat. Di sana juga sudah tersedia beberapa fasilitas lainnya seperti restoran, bar and grill, cafe, kolam renang, dan bahkan sport centre, yang dijamin akan semakin membuatmu betah untuk berlama-lama di Pantai Matras. Ingin membeli cindera mata khas Pulau Bangka atau Belitung? Jangan khawatir, tak jauh dari Pantai Matras juga terdapat toko cinderamata dengan harga yang cukup terjangkau.

Tunggu apa lagi, segera luangkan waktumu untuk berkunjung ke Pantai Matras. Dijamin kamu tidak akan menyesal berkunjung ke pantai yang satu ini.

Comments

Loading...