in

Niagara Reje Ilang, Surga Tersembunyi Kabupaten Bener Meriah Aceh

Niagara Reje Ilang
Niagara Reje Ilang

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar tentang Niagara? Pasti air terjun yang namanya sudah mendunia bukan? Nah, Indonesia ternyata juga memiliki air terjun dengan keindahan yang tidak kalah lho! Namanya adalah Niagara Reje Ilang yang berada di Meriah Jaya, Digul Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Aceh.

Jika kamu menyukai objek wisata alam yang harus memerlukan usaha untuk bisa menikmati keindahannya, maka Air Terjun Reje Ilang adalah pilihan terbaik untukmu. Lelah yang kamu rasakan saat menempuh perjalanan akan hilang seketika saat  mendengar gemericik suara air terjun. Tempat ini akan sangat cocok untuk melepas penat akibat kesibukan dan hiruk pikuk kehidupan.

Daya Tarik Niagara Reje Ilang Unik dan Eksotis

Jika kamu ingin membuktikan keindahan Niagara Reje Ilang maa kamu harus berkunjung ke Kampung Meriah Jaya. Kampung ini berada sekitar 300 meter dari Persimpangan Ayun Bergang. Jika kamu kebingungan, jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar ya! Warga Kampung Meriah Jaya sangat ramah dan pasti akan dengan senang hati membantu untuk mengantarkan kamu sampai tempat tujuan.

Untuk bisa sampai di Kampung ini kamu bisa mengendarai kendaraan roda dua maupun empat. Namun kendaraan roda empat terpaksa harus diparkirkan di halaman rumah warga dan tidak bisa dibawa hingga tempat tujuan. Agar semakin penasaran, berikut ini beberapa daya tarik yang dimiliki oleh air terjun kebanggan warga Kampung Meriah Jaya.

Air Terjun Yang Sangat Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas jika keindahan air terjun Reje Ilang bak Air Terjun Niagara yang keindahannya sudah mendunia. Reje Ilang adalah air terjun yang berbentuk memanjang sekitar 50 meter denga kedalaman curuk (Loyang) kurang lebih 6 meter. Saking tingginya kamu bahkan bisa melihatnya dari jarak yang cukup jauh lho!

Air yang tumpah dari ketinggian tersebut akan turun dengan suara gemericik yang sangat menggugah selera. Begitu menyegarkan dan menenangkan. Kamu bisa bermain air, berenang, atau berfoto disini. Dijamin sangat seru deh!

Menjadi Tempat Bersejarah Nenek Moyang

Reje Ilang ternyata bukan sembarang air terjun lho! sejumlah arkeolog dari Balai Arkeologi Medan Sumatera Utara sempat berkunjung untuk mencium jejak-jejak kehidupan pra sejarah Urang Gayo. Para arkeolog beranggapan bahwa tempat ini sangat ideal untuk dihuni.

Selain bisa berlibur, berkunjung ke Reje Ilang juga bisa membuatmu menambah wawasan ya ternyata. Tempat yang indah dan menakjubkan ini ternyata menyimpan sejarah yang tidak kalah indahnya juga!

Arti Kata Reje Ilang Yang Menjadi Misteri

Jika kamu bertanya kenapa air terjun ini dinamakan dengan Reje Ilang? Biasanya air terjun akan dinamakan sesuai dengan nama tempat itu berada kan? Nah, lain halnya dengan Reje Ilang yang ternyata memiliki sejarah sendiri dari sebutannya.

Namun sayangnya hingga saat ini sebutan Reje Ilang tidak banyak diketahui oleh orang atau warga sekitar. Namun, dipercaya pada masa penjajahan Belanda ada seorang raja yang bernama Reje Ilang bersembunyi di air terjun ini. Namun hingga kini hal ini masih tergolong mitos yang belum diketahui kebenarannya dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Bisa Sembari Menikmati Beragam Produk Perkebunan Warga

Saat menuju ke air terjun, kamu akan melewati perkebunan warga sekitar. Ada beragam macam produk perkebunan yang ditanam oleh warga sekitar. Beberapa kebun yang bisa kamu jumpai seperti perkebunan kopi, perkebunan durian, perkebunan pinang, dan perkebunan coklat. Jadi perjalananmu tidak akan membosankan deh!

Jika kamu beruntung dan berkunjung pada saat musim panen telah tiba, kamu bisa mencoba berbagai produk kebun warga seperti durian. Banyak sekali pengunjung yang sengaja datang pada saat musim durian tiba. Setelah lelah bermain air kamu bisa mencicipi durian dengan cita rasanya yang khas. Buah durian dari warga disini dikenal sangat segar dan legit lho!

Nah, itu dia beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Niagara Reje Ilang. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa mengunjunginya secara langsung dan membuktikan jika Reje Ilang memang memiliki pesona yang tidak kalah dengan air terjun Niagara yang sudah dikenal oleh dunia.