in

Paling Tersohor di Manado, Inilah Semua Hal Menarik Tentang Boulevard Manado

Sumber Gambar: wisatanegeri.com

Apabila Kota Balikpapan memiliki Pantai Melawai yang difavoritkan untuk berwisata pada malam hari, maka Manado punya Boulevard sebagai tempat untuk berpetualang dikala bintang dan bulan sedang muncul tersebut. Nah, jika sedang berada di Manado, rasanya tidak komplit apabila tanpa menyambangi kawasan Boulevard. Kawasan ini sangat hits di kota tersebut. Tidak heran jika pada akhirnya sesuai yang ditulis pada situs Wonderful of Indonesia, Boulevard merupakan ikon khas kota Manado.

Kawasan ini bisa diakses baik oleh kendaraan pribadi atau umum. Lokasinya pun sangat strategis dan sudah menjadi magnet yang memiliki pengaruh tinggi bagi masyarakat setempat disana. Apalagi sekarang selain mal, sudah semakin banyak pula perusahaan, hotel juga restoran baru di tempat tersebut.

Ingin tahu lebih banyak terkait obyek wisata ini? Berikut ulasan selengkapnya. Check this out!

From Time to Time Boulevard Manado

Tahukah anda Boulevard sendiri sebenarnya bukan nama yang sesungguhnya. Nama aslinya adalan Jalan Pierre Tendean, namun masyarakat lebih senang memanggilnya dengan Boulevard Manado.

Dulunya, tempat ini adalah kawasan favorit para pedagang kaki lima mencari nafkah. Mereka menjajakan beragam masakan khas Manado yang siap memanjakan lidah. Makanan tersebut dijual dalam sebuah gerobak. Mereka berjualan di sepanjang garis pantai. Namun seiring melejitnya kawasan ini kemudian berlakulah modernisasi dengan didirikannya mal dan pusat perbelanjaan di sepanjang kawasan tersebut.

Tempat ini juga merupakan kawasan reklamasi pantai paling terpanjang di Indonesia. Dulunya pada tahun 1980 hanyalah berbentuk jalan yang direklamasi pihak Pemkot Manado. Tujuannya saat itu untuk memperlancar moda transportasi. Boulevard sendiri baru diresmikan pada tahun 1993. Adapun pantai yang kemudian direklamasi untuk jalan adalah sepanjang 4,3 km dengan lebar antara 100-150 meter dari panjang garis Pantai Manado yang totalnya mencapai 18,7 km.

Sumber Gambar: Instagram @jeany.aipassa

Pengembang yang melakukan reklamasi di antaranya adalah PT Bahu Persada, PT Gerbang Nusa Perkasa, PT Sulenco, PT Papetra Perkasa Utama, PT Mega Surya Nusa Lestari dan PT Multi Cipta Perkasa Persada Nusantara.

Rata-rata bangunan di Boulevard Manado kebanyakan tidak lebih dari tiga tingkat. Kenyamanan pengunjung pun dijamin oleh para pengembang tersebut dengan tidak membuat usaha yang nantinya akan menimbulkan masalah polusi dan suara bising.

Sumber Gambar: Instagram @yusufmuthaqin

Boulevard Manado sangat mirip dengan Orchard Road yang berada di Singapura. Tidak heran jika pada akhirnya tujuan dari tempat ini adalah sebagai tempat bisnis teramai di Kota Manado. Lokasinya yang strategis sehingga dengan mudah menjadi target incaran para investor dari beragam kelas. Kawasan ini juga disebut dengan B on B alias Boulevard on Business. Siang dan malam hari selalu ramai dan dipenuhi lautan manusia. Banyak orang yang menikmati liburan, shopping, serta mencari nafkah di tempat ini. tidak heran kawasan ini pun memiliki dampak yang besar dalam terdorongnya kegiatan ekonomi di Sulawesi utara.

Shopping Sekaligus Wisata Kuliner

Boulevard Manado juga merupakan tempat shopping dan wisata kuliner yang paling digemari di Manado. Ada empat mal yang bisa anda temukan di Boulevard Manado yaitu Boulevard Mall, Mega Mall, Bahu Mall dan Mantos alias Manado Town Square. Nah, disebelah samping Mega Mall dan Bahu Mall anda juga akan mendapati kafe, warung, dan restoran yang menyajikan hidangan khas Manado serta hidangan makanan tradisional lainnya dari berbagai daerah di Indonesia, loh.

Sumber Gambar: goldennews.co.id

Makanan khas Manado di antaranya tulang iga babi panggang yang terkenal dan aneka seafood, Makanan dari daerah lainnya seperti gado-gado, bakso, coto Makasar, dan masih banyak lagi.

Pokoknya sangat siap untuk mengajak lidah anda berpetualang dan menemukan sensasi berbeda dari setiap makanan yang dicicipi. Ah, bersantap di tempat ini memang sangat menyenangkan dan terasa sangat istimewa. Apalagi anda bisa menghabiskan waktu bersama mereka yang spesial sambil menikmati suasana pantai. Jika cuacanya sedang bagus, anda juga bisa melihat Pulau Manado Tua dan Pulau Bunaken. Pulau bunaken tersebut tampak bergelombang dan menuju puncaknya dengan ketinggian 200 meter.

Oh, ya, karena kuliner ditempat ini sangat beragam dan diolah dengan daging apapun, maka bagi anda yang muslim pastikan terlebih dahulu beberapa sajian kuliner yang ada ditempat, ini, ya. Beberapa di antaranya juga sudah dilengkapi dengan logo halal supaya lebih mudah ditemukan oleh konsumen.

Oh, ya, selain itu pada moment tertentu kawasan ini juga sering dipakai sebagai arena hiburan warga untuk  mengadakan konser. Berbagai pertunjukan musik memeriahkan kawasan ini. Sejumlah artis local dan ibukota acapkali berdatangan.

Sunset indah di Boulevard Manado

Sumber Gambar: sitaro.wordpress.com

Apabila anda ingin menikmati pemandangan sunset, cobalah untuk melihat fenomena matahari tenggelam tersebut di Boulevard Manado. Sangat cantik dan begitu indah. Datanglah sebelum pukul 17.00.

Biasanya pada hari sabtu, jika anda tidak datang buru-buru seluruh kursi disana akan dipadati oleh pengunjung yang kebanyakan berasal dari luar Manado, loh. Ya, tujuan mereka juga sama ingin berbahagia di Boulevard, menghabiskan waktu bersama orang istimewa sambil menyaksikan sunset. So, jangan sampai kehabisan tempat ya. Datanglah seawal mungkin.

Penginapan di Boulevard Manado

Sumber Gambar: Instagram @winardi.16

Anda juga dapat menemukan tempat penginapan dengan mudah apabila ingin menginap di sini. Asyiknya, jika anda ingin menginap berada dekat dengan pusat Boulevard Manado, pilihan penginapannya cukup banyak. Dari mulai hotel, cottage sampai bungalow. Variasi harga yang ditawarkan pun berbeda-beda, sehingga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Saran kami, cari tahu terlebih dahulu tempat penginapan mana yang ingin anda pakai. Cari tahu bagaimana ulasannya, harga dan fasilitas yang ditawarkan, lalu booking secara online jika memang disediakan fitur demikian, supaya anda tidak perlu repot lagi mem-booking secara manual ketika berada di Boulevard Manado. Langkah ini juga sebagai antisipasi, apabila seluruh tempat penginapan sedang penuh, dan bisa membuat anda jengkel karena harus mengeceknya satu persatu. Apalagi kejadian seperti ini juga sangat mungkin terjadi, ketika anda mengunjungi Boulevard Manado di kala musim liburan panjang atau weekend. Jadi lebih baik menyiapkan antisipasinya sedini mungkin bukan?

Cari Oleh-Oleh

Tidak lengkap memang, jika berada di tempat ini apalagi jika datang dari jauh namun sama sekali tanpa membeli buah tangan. Temukan berbagai souvenir lokal atau cinderamata yang cantik dan menariK di Gedung Penyayang atau di tempat lainnya yang berada dekat Pasar 45.

Demikianlah ulasan menarik tentang Boulevard Manado. Kawasan yang begitu modern dan sangat milenial ini wajib anda jajal apabila sedang berada di Kota Manado. Anda akan menyesal jika melewatkannya begitu saja. Walau mungkin konsep yang sama bisa ditemukan juga di daerah provinsi lainnya, namun percayalah suasana setiap daerah akan selalu berbeda karena mereka punya identintas dan atmosfer unik masing-masing sehingga menciptakan kesan yang berbeda pula saat anda berlibur. Ini sama halnya ketika anda mengunjungi dari satu pantai ke pantai lain. Setiap pantai memiliki pesona dan memberikan kesan tersendiri bukan? Nah, begitupula dengan Boulevard Manado. Jadi, jangan sampai tidak dimasukkan ke dalam list kunjungan anda, ya.

Akhir kata semoga bermanfaat dan nantikan artikel ulasan wisata menarik lainnya hanya di wisato.id.