in

Inilah Semua Hal Menarik Tentang Saumlaki

Sumber Gambar: Youtube @ Festival Matakus

Apakah anda pernah mendengar daerah Saumlaki sebelumnya? Mungkin untuk sebagian orang daerah ini masih terdengar asing di telinga. Saumlaki merupakan ibukota dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Memiliki luas sekitar 124,1 kilometer persegi. Kabupaten ini masih tergolong anyar. karena baru diresmikan setelah terpisah dari Kabupaten Maluku Tenggara pada tahun 2002 silam. Posisi Saumlaki ini tepatnya di Pulau Yamdena. Daerah ini memiliki pengaruh kental misionaris katolik sejak tahun 1629.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda jalan-jalan ke daerah Saumlaki dan mengeksplore apa saja surga keindahan yang dimilikinya. Penasaran? Tidak perlu berlama-lama berikut ulasan selengkapnya.

Lebih dekat ke Australia Ketimbang Jakarta

Sumber Gambar: kumparan.com

Tahukah anda posisi Saumlaki ini termasuk strategis, loh, karena berada di perbatasan antara Negara Indonesia dan Australia. Lebih tepatnya lagi dekat bagian utara Australia dengan Ibukota Darwin. Jika anda membandingkan lebih jauh mana antara Jakarta-Saumlaki atau Australia-Saumlaki, ternyata jarak tempuhnya lebih dekat ke Australia. Wah, wah, kalau begini bisa sering main bolak-balik dengan mudah, ya. Hihi.

Cara Mencapai Lokasi

Jika anda berangkat melalui jalur udara dari Jakarta, maka harus singgah terlebih dahulu di Ambon yaitu di Bandara Pattimura. Estimasi waktu tempuhnya sekitar 2 jam 40 menit. Beberapa maskapai yang melayani rute perjalanan ini di antaranya adalah Batik Air, Sriwijaya Air , Lion Air dan Garuda Indonesia. Untuk harga tiket penerbangannya sendiri bervariasi mulai dari 1,4 juta rupiah.

Setelah berada di Bandara Pattimura, anda lanjutkan perjalanan dengan jalur udara kembali yakni dengan naik pesawat ATR 72-600. Maskapai yang bisa dipakai ada dua yaitu Wings Air dan Garuda Indonesia. Harga tiket pesawatnya kurang lebih sekitar 700 ribu rupiah.

Sumber Gambar: Google Maps @Agus Haryadi48

Perjalanan tersebut akan membuat anda tiba di Bandara Mathilda Batlayeri. Istirahatlah sejenak, sambil menyantap beberapa makanan dan minuman yang bisa dibeli di bandara. Jika lelah sudah mereda, anda tinggal melanjutkan perjalanan menuju pusat kota menggunakan mobil. Bisa naik angkutan umum. Namun, kami sarankan daripada membuat budget cukup membengkak sebaiknya anda menyewa mobil saja.

Carilah tempat penyewaan mobil yang memiliki kredibilitas bagus di Saumlaki. Harga sewanya berbeda-beda, namun biasanya sekitar 300 ribu rupiah saja per harinya. Dengan menyewa mobil, anda bisa lebih leluasa bepergian, dan tidak perlu repot cari angkutan umum jika ingin singgah dari satu tempat ke tempat lain yang menarik di Saumlaki.

Punya Banyak Obyek Wisata Keren

Saumlaki memiliki banyak sekali obyek wisata yang keren. Beberapa diantaranya yang sangat recommended untuk dikunjungi adalah sebagai berikut

Monumen Patung Kristus Raja

Sumber Gambar: Instagram @davidbatilmurik

Nah, obyek wisata ini merupakan icon utama di Saumlaki. Banyak orang yang bilang tidak lengkap rasanya apabila sedang berada di Saumlaki namun tidak mengunjungi Patung Kristus Raja.

Seperti yang terlihat pada gambar, patung ini memiliki bentuk yang khas ala Christ The Redeemer yang sangat terkenal dan berada di Rio de Janeiro. Patung ini tepatnya ada di Gereja Kristus Raja, Desa Olilit. Tidak terlalu jauh dari Pantai Weluan.

Jika anda mengunjungi monument ini maka bisa sepuasnya berfoto dengan latar belakang patung tersebut. Apalagi jika langit sedang cerah, dijamin hasil jepretan pun pasti semakin terlihat ciamik. Selain itu anda juga bisa menaiki bangunan patung ini, loh. Wah asyik ya!

Setidaknya ada tiga patung yang bisa anda temukan disini, yaitu Patung Yesus Memberkati, penyaliban patung serta Bunda Maria bersama Yesus. Anda bebas berfoto diketiganya. Pemandangan disekeliling monumen pun sangat indah sekali. Hal ini akan membuat anda semakin betah berada di tempat ini.

Desa Wisata Tumbur

Sumber Gambar: Instagram @ashadmaqil_18

Berikutnya adalah Desa Wisata Tumbur. Desa ini beralamat di Kecamatan Wetamrian. Kerajinan patungnya yang cantik sangat tersohor dari desa ini. Jadi jangan heran, apabila anda bertandang ke Desa Wisata Tumbur akan menemukan banyak sekali pengrajin yang menjual beragam patung kayu. Menurut data yang beredar, ada sekitar 50 lebih pengrajin yang konsisten melestarikan kesenian ini. Tidak hanya untuk menjaga warisan budaya, namun juga sebagai mata pencaharian utama.

Setiap motif ukuran pada patung, memiliki makna tersendiri. Nah, jika anda tertarik maka bisa membelinya. Harga yang dibanderol mulai dari 75 ribu saja, namun ada juga yang dijual jutaan rupiah. Hal ini tergantung bentuk serta ukuran patung yang dibuat. Ya, bisa dibilang desa ini adalah surga bagi anda penggila seni kerajinan tangan.

Pantai Weluan

Sumber Gambar: Instagram @baronda_tanimbar

Pantai Weluan adalah pantai kebanggan penduduk Saumlaki. Memiliki pasir putih serta panorama yang menawan, Pantai ini kerap kali dijadikan tempat favorit untuk refreshing bagi masyarakat setempat di sana. Jika anda mencari tempat bersantai yang asyik maka harus mengunjungi pantai ini. Jangan khawatir akan kelaparan karena banyak pedagang yang menjajakan aneka makanan dan minuman di pantai ini. Bukan hanya itu saja, banyak souvenir menarik khas Saumlaki yang bisa dibeli di Pantai Weluan dan sangat cocok dijadikan buah tangan untuk orang-orang terdekat.

Air Bomaki

Sumber Gambar: Instagram @beta_tanimbar

Apabila anda ingin mencari sesuatu yang dapat menyegarkan tubuh apalagi ketika sedang siang hari dan sang surya tengah terik-teriknya, maka mengunjungi Air Bomaki adalah alternatif yang wokey!

Di tempat ini anda bisa memanjakan diri dengan bermain air dan berendam sepuasnya. Sungai ini dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan juga tebing, sehingga akan menambah kenyamanan tersendiri bagi pengunjungnya. Suasananya asri, sejuk, anti panas, dan memiliki manfaat relaksasi yang luar biasa sehingga ampuh mengusir penat. Disini juga ada air terjun mini loh, sehingga semakin lengkap jika menghabiskan waktu untuk berlibur di tempat ini. masukkan ke dalam list kunjungan, ya.

Pantai Kelyar

Sumber Gambar: Instagram @diannoto

Pantai kelyar, Nama beken lainnya adalah Pantai Pertamina. Pantai ini sangat cantik. Ombaknya tenang dan aman sehingga cocok jika didatangi bersama anggota keluarga. Pantai ini juga merupakan tempat terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbenam. Anda bisa menikmati suasana indah dan ketenangannya sambil bersantai di gazebo atau pun ayunan yang disediakan oleh pihak pengelola.

Belum Puas? Menginap Saja!

Sumber Gambar: Instagram @aguswijaya1983

Jika anda belum puas menjajal semua pesona menarik di Saumlaki maka carilah penginapan terdekat. Beberapa penginapan dilengkapi dengan restoran terapung berpagarkan tanaman asri. Sambil menyantap hidangan lezat khas Saumlaki dari restoran terapung tersebut, anda bisa memandangai pantai atau pun melihat sang surya yang kembali berpulang keperaduannya.

Mengunjungi Pulau-Pulau Kecil

Sumber Gambar: Instagram @michaelminason

Mau yang lebih seru lagi? Anda bisa berpetualang ke pulau-pulau kecil yang ada di Saumlaki dengan menyewa speedboat. Pulau kecil yang bisa anda kunjungi adalah Pulau Nustabun dan Matakus.

Sumber gambar: travel.detik.com

Pulau Nustabun ini tanpa penghuni luasnya sekitar 100 hektar. Hamparan pasirnya sangat lembut. Namun berhati hatilah karena di sisi barat pulau ini di sesaki karang tajam dan batu-batu besar. Salah satu yang khas dari pulau ini adalah adanya batu yang bagian atasnya berbentuk seperti kanopi. Nah, biasanya wisatawan yang datang menggunakan batu tersebut untuk berteduh dari teriknya sinar matahari. Pulau ini pun juga sering dijadikan tempat persinggahan sementara bagi para nelayan Saumlaki yang terjebak cuaca buruk.

Sumber Gambar: Youtube @Festival Matakus

Jangan lupa untuk mengunjungi juga Pulau Matakaus. Pulau ini memiliki penghuni, namun populasinya kecil kurang lebih hanya sekitar 100 orang. Saat tiba di pulau ini anda akan langsung disambut oleh warga disana yang menawari ikan segar hasil tangkapan mereka. Harganya murah-murah. Tanpa butuh waktu lama, anda pun bisa langsung menggelar acara bakar-bakar ikan bersama warga disana sambil menikmati keindahan Pulau Matakus.

Menikmati Sunset

Sumber Gambar: Google Maps @F Fauzi

Selain di pantai, cara terbaik lainnya untuk menikmati sunset di Saumlaki adalah dengan melihatnya dari pelabuhan. Saumlaki memiliki dua pelabuhan yaitu Pelabuhan Pilfer dan pelabuhan khusus untuk kapal-kapal nelayan. Biasanya kapal khusus nelayan tersebut cenderung sepi sehingga acap kali dipakai sebagai tempat untuk bermain sepak bola di sore hari. Jika anda ingin lebih memperoleh hasil jepretan yang Instagramable maka bisa memilih pelabuhan nelayan, karena bisa memotret sunset lengkap beserta langit senja dan perahu perahu nelayan yang hilir mudik.

Kehidupan Malam di Saumlaki

Sumber gambar: Instagram @wili_ivakdalamf4vr

Pada malam hari biasanya banyak warga setempat yang menikmati permainan boling. Boling ini singkatan dari bola buling.

Cara permainannya seperti Russian Roulette. Jadi pemain akan mempertaruhkan keberuntungan mereka pada sebuah bola ping pong yang digulirkan ke arah lubang yang sudah diberikan angka. Sebelumnya pemain membeli kartu terlebih dahulu lalu menaruhnya di atas meja. Setelah digulirkan bola akan menggelinding tak tentu arah karena ditaruh pada meja miring lengkap dihalangi dengan botol-botol plastik.

Jika bola masuk pada lubang dengan angka yang sesuai, maka sebungkus rokok akan menjadi hadiah untuk pemain tersebut. Semarak akan keriuhan dari permainan ini pun tak terelakkan. Nah, itulah rangkuman menarik tentang daerah Saumlaki. Banyak banget, kan, yang bisa anda eksplore jika memutuskan untuk berlibur ke Saumlaki?

Akhir kata, semoga bermanfaat bagi anda dan sampai bertemu lagi pada pembahasan wisata yang lebih menarik berikutnya.

Salam.