in

Gunung Titi, Negeri Di Atas Awannya Kalimantan

Sumber Gambar: janganlupapiknikk.blogspot.com

Kabupaten Hulu Sungai Tengah, menjadi salah satu kawasan di Kalimantan yang mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah Gunung Titi yang menjadi destinasi Favorit wisatawan Kalimantan. Tidak terlalu tinggi memang, tetapi perjalanan ke tempat ini selalu punya kesan tersendiri.

Kawasan ini merupakan bagian dari pegunungan meratus. Pemandangannya begitu mengesankan dengan udara yang sejuk dan masih tampak asri. Apalagi, banyak wisatawan yang sepakat menyebut tempat ini sebagai negeri di atas awannya Kalimantan Selatan.

Mengenal Gunung Titi

Sumber Gambar: janganlupapiknikk.blogspot.com

Kalau dilihat dari ketinggiannya sendiri kurang lebih 313 Mdpl. Tidak tinggi memang, berbeda dengan beberapa pegunungan yang ada di Pulau Jawa. Tetapi, tempat ini begitu dinikmati oleh semua kalangan yang bingung mau kemana mengisi waktu luangnya.

Untuk jalur pendakiannya sendiri tidak terlalu sulit. Cukup ramah bagi kamu yang baru saja berlatih mendaki Gunung. Jalanan cukup lebar dan didominasi dengan bebatuan. Sehingga, saat datang kesini di musim penghujan kamu harus berhati-hati, kondisinya sangat licin lho.

Waktu tempuh untuk bisa ke atas kurang lebih 2 jam perjalanan. Tergantung dari kecepatan kamu berjalan. Bahkan, kesini kamu juga bisa menggunakan kendaraan bermotor lho. Selama perjalanan kamu akan disajikan dengan berbagai macam rumput ilalang, kerang dan juga burung yang kadang bertebangan diatas kamu.

Gunung Titi atau juga disebut dengan Bukit Titi ini mempunyai 2 buah puncak yang kontur tanahnya cukup landai. Tetapi, yang paling luas adalah puncak yang pertama. Untuk harga tiket masuknya mencapai 10 ribu rupiah. Ditambah uang parkir sebesar 5 ribu rupiah. Bagi kamu yang ingin camping disini, akan dikenakan tarif tambahan sebesar 10 ribu rupiah.

Cara Menuju Gunung Titi

Sumber Gambar: Instagram @rezkiramadhanii

Objek wisata ini terletak di Desa Hawang, Kecamatan Limpasu, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Kamu bisa masuk terlebih dahulu ke Banjarmasin melalui bandara Syamsudin Noor. Kemudian, menggunakan kendaraan melanjutkan perjalanan.

Arahkan kendaraanmu menuju ke Kota Barabai lalu, masuk ke pertigaan desa kapar, belok ke kanan hingga sampai di Birayang. Melanjutkan perjalan hingga sampai di pertigaan tugu. Pilih belok ke kiri hingga sampai ke Desa Birayang Suropati.

Kamu akan tiba lagi di pertigaan lalu ambil ke arah kanan menuju ke Kecamatan Limpasu hingga Desa Hawang. Dari sini, kamu bisa bertanya kepada warga dimana letak Jalur pendakian Gunung Titi.

Aktivitas di Gunung Titi

Sumber Gambar: Instagram @soebalf13_

Ada banyak hal sebenarnya yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke tempat ini. Salah satunya adalah camping. Hanya saja, kamu harus membawa semua peralatannya sendiri dari rumah ya, Jangan lupa pula bangun saat matahari hampir terbit.

Disini, kamu akan disuguhkan dengan sajian kabut tipis yang menutupi kawasan bawahnya. Sehingga, sebutan negeri diatas awan tidaklah salah bukan? Tidak hanya sampai disitu saja, dari kawasan ini kamu juga bakal diperkenalkan dengan berbagai gunung.

Sumber Gambar: Youtube @Barzeck Channel

Ada Gunung Kilai, Meratus, Puncak Halau-Halau, Gunung Balu, Penyulingan, Batu Sawar. Gunung Panu,Batu Gapit, Sawang Bantai. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan menawan kota paringin. Gunakan kamera atau juga teropong untuk menikmatinya ya.

Tidak hanya para pendaki saja, biasanya banyak komunitas Gowes yang juga turut naik ke atas dengan menggunakan sepeda. Butuh keahlian khusus memang, tetapi sensasinya memang sangat berbeda dan cukup seru lho. Kalau kesini, jangan lewatkan pemandangan matahari tenggelamnya ya. Pemandangan romantis yang hanya bisa kamu nikmati di kawasan ini saja. Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk menikmatinya.

Kesimpulan

Jangan lupa persiapkan benar-benar bekal kamu ya. Karena, tidak ada sama sekali warung yang jual di atas, Terutama air minum dan bahan makanan untuk menemani malam kamu. Disarankan untuk tiba kesini pukul 3 sore. Waktu yang paling tepat untuk melihat keindahan kawasan ini. Di jam ini pula sengatan sinar matahari juga sudah tidak terlalu menyengat lho.

Gunung Titi adalah bukti bahwa negeri diatas awan memiliki panorama yang luar biasa. Jangan lupa jaga kebersihan terutama sampah yang kamu bawa dari bawah. Karena, semakin bersih tempat ini, semakin menarik kawasan ini untuk dikunjungi. Jadi, sudah siap menikmati malam di tempat ini?