in

Pantai Bahari, Raja Ampat KW yang Menyisakan Tulang Belulang Nenek Moyang

Sumber: Instsagram @cheddymotret

Bagaimana, apakah kamu sudah memiliki agenda liburan di akhir pekan? Indonesia itu indah loh, sayang kalau waktu liburmu tak dimanfaatkan untuk berkeliling ke tempat wisata alam. Dari pada bingung, ini nih ada salah satu rekomendasi tempat wisata yang cantik dan murah meriah, namanya Pantai Bahari di Buton Selatan. Pantai ini cantik, bersih, dan bahkan unik mirip seperti Raja Ampat di Papua yang terkenal itu. Bagaimana, sudah penasaran kan? Yuk, kita berkenalan dengan Pantai Bahari.

Di mana lokasinya, sih?

Sumber: Instagram @salman_abqary

Buat yang belum tahu, Pantai Bahari ini berada di Desa Bahari, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara. Mungkin karena lokasinya inilah, pantai yang satu ini dinamakan Pantai Bahari. Dari pusat kota Buton Selatan, Batauga, jarak tempuh menuju ke Pantai Bahari hanya sekitar 50 km, dan bisa ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam perjalanan darat. Jarak yang tak terlalu jauh untuk bisa menikmati surga bernama Pantai Bahari. Sementara dari kota Baubau, jarak menuju ke pantai ini juga hanya sekitar 52,3 km.

Cara menuju ke Pantai Bahari

Ada dua alternatif jalur menuju ke Pantai Bahari, melewati perbatasan Buton Selatan dengan Baubau atau juga bisa melewati jalan poros Baubau ke Pasarwajon di Buton. Tinggal pilih, sesuaikan dengan lokasimu. Nah, untuk kamu yang berasal dari luar Pulau Buton, bisa menggunakan transportasi udara menuju ke Bandara Udara Betoambari, atau bisa juga melalui jalur laut menggunakan Express Bahari menuju ke Pulau Buton.

Ini nih yang membuat pantai ini menarik!

Sumber: Facebook @Jalan2SeruButon

Seperti yang disebutkan di awal, Pantai Bahari adalah Raja Ampat kw di Buton Selatan. Tidak berlebihan pantai ini disebut demikian, karena memang Pantai Bahari memiliki sekumpulan bebatuan karst yang diselimuti tumbuhan hijau di tepi pantai. Bebatuan itu pun memiliki bentuk yang cantik, seperti payung, karena bagian bawahnya terus terkikis oleh gulungan ombak samudera. Tapi tetep bagus kok! Oh ya, ada trik khusus untuk menikmati keindahan Pantai Bahari dengan lebih sempurna, kamu bisa naik ke salah satu bukit yang ada di Desa Bahari untuk melihat pemandangan yang lebih luas. Dari atas sini, bebatuan karst akan terlihat seperti sekumpulan pulau mini, pokoknya nyaris mirip dengan Raja Ampat.

Selain itu, Pantai Bahari juga menawarkan keindahan lainnya berupa pasir putih dan air laut yang biru jernih. Alam bawah laut di pantai yang satu ini juga cukup bagus, layak lah untuk menjadi salah satu spot snorkelingmu. Tinggal kamunya saja, berani gak snorkeling!

Aktivitas seru di Pantai Bahari

Sumber: Instagram @j_adinta

Kalau kamu punya nyali dan membawa peralatan lengkap, tentunya snorkeling akan menjadi salah satu aktivitas yang menarik. Tapi kalau kamu tak bisa berenang, jangan pernah coba coba snorkeling di lautan. Mending kamu berfoto-foto saja di tepi pantai, karena banyak spot cantik yang bisa diabadikan dengan kameramu. Pokoknya cocok deh tempat ini bagi kamu yang hobi fotografi. Kalau sudah puas berfoto, boleh lah kamu main air di tepi Pantai Bahari. Airnya jernih dan seger loh! Tidak lengkap juga kalau bermain ke sini tanpa mencoba merasakan kesegaran airnya.

Sumber: Instagram @uncle_syaf

Nah, kalau sudah sore, gak ada aktifitas lain yang bisa kamu coba selain duduk-duduk santai menikmati matahari senja yang meninggalkan cahaya kuning kemerahan yang manis. Senja yang romantis!

Berkunjung ke goa berisi tulang belulang nenek moyang

Sumber: Foto by Adhy Rical

Tak jauh dari pantai, kamu bisa berkunjung ke goa-goa mungil yang berada di kaki Gunung Wanggamoose. Di dalam goa tersebut kamu bisa menemukan sisa tulang belulang nenek moyang kita yang sudah berusia ratusan tahun. Memang sih, jalan menuju ke sana cukup terjal, melewati bebatuan karang tajam, tetapi nilai sejarahnya yang tinggi membuatmu harus coba ke sana.

Fasilitas di Pantai Bahari

Jangan khawatir soal fasilitas di pantai ini, semua sudah tersedia lengkap. Pemerintah seakan sadar bahwa Pantai Bahari memiliki potensi wisata yang sangat besar, sehingga tempat wisata alam ini pun benar-benar diperhatikan. Di sana kamu bisa dengan mudah menemukan fasilitas berupa toilet, beberapa gazebo, hingga jalur tracking yang berada di bawah pepohonan kelapa. Beberapa warung penjual minuman dan makanan ringan juga terlihat di tepi pantai. Jadi jangan takut kelaparan di sini.