in

Pantai Balekambang, Gambaran Tanah Lot di Malang Selatan

Source Image: djrnl.com

Tahu gak, tentang Pantai Tanah Lot yang ada di Bali? Pantai dengan sejuta keindahan yang mempesona, berpadu dengan keeksotisan pura megah yang dibangun tepat di atas batu karang kokoh. Cantik memang, jadi tak mengherankan apabila Tanah Lot selalu dikunjungi ratusan bahkan ribuan wisatawan di setiap hari. Namun tidak semua traveler beruntung bisa menikmati keindahan Tanah Lot, lokasinya yang jauh di Pulau Dewata menjadi alasannya, butuh budget jutaan rupiah untuk menyambangi pantai yang ada di sebelah barat Pulau Bali tersebut.

Sumber: Instagram @fikri.abdulhalim

Akan tetapi, bagi kamu warga Jawa Timur, khususnya warga Malang, tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati keindahan Pantai Tanah Lot. Di kabupaten Malang, tepatnya di sebelah selatan ada sebuah pantai yang keindahannya menyerupai Pantai Tanah Lot, lengkap dengan bangunan pura di atas karang. Nama pantai tersebut adalah Pantai Balekambang, yang secara administratif terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Akses Menuju ke Pantai Balekambang

Dari pusat Kota Malang, butuh waktu tempuh sekitar 2 jam dengan jarak sejauh 70 km untuk bisa sampai di Pantai Balekambang. Tak perlu risau soal akses menuju ke lokasi, karena para wisatawan akan dimanjakan oleh jalan yang cukup lebar dan telah teraspal mulus, ditambah dengan pemandangan perbukitan khas Malang. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau pun roda empat untuk menuju ke Pantai Balekambang, karena sampai saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan langsung para traveler menuju ke lokasi pantai. Bagi para traveler dari luar kota, kalian bisa menggunakan motor sewaan untuk menuju ke Pantai Balekambang, dengan tarif sekitar 75 ribu rupiah per hari.

Pantai Balekambang yang Unik

Sumber: Instagram @dewo_sa

Pantai Balekambang memiliki tiga pulau kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Hanoman, dan Pulau Wisanggeni. Di atas Pulau Ismoyo terdapat sebuah pura kecil, yang bernama Pura Amerta Jati. Para wisatawan, kecuali wanita yang sedang datang bulan, bisa memasuki area pura dengan menyebrangi jembatan kira-kira sejauh 100 meter. Apabila air laut sedang surut, Pulau Ismoyo dan daratan terlihat seperti menyatu, menyisakan kemunculan bebatuan karang dan ikan-ikan kecil yang berwarna-warni di sekitarnya.

Sumber: Instagram @guidemalang

Kemudian, pihak pengelola juga telah membangun jembatan baru menuju ke Pulau Hanoman. Padahal sebelumnya jembatan yang dibangun menuju ke Pulau Hanoman selalu rusak, entah itu karena faktor alam atau pun faktor lainnya. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, di Pulau Hanoman ada seorang pertapa, dan pembangunan jembatan menuju ke pulau tersebut tidak akan pernah berhasil, kecuali sang pertapa tersebut telah menyelesaikan perjalanan spiritualnya. Setelah pembangunan jembatan baru selesai, diketahui tidak ada yang istimewa di Pulau Hanoman, hanya berupa pulau karang dan beberapa pepohonan rindang yang menyelimutinya.

Berkemah dan Bermain Flying Fox

Sumber: pantaipedia.com

Tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai selatan, para pengunjung Pantai Balekambang juga bisa menikmati wahana permainan Flying Fox, yang hanya akan dibuka pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu. Bagi mereka yang ingin bermalam di sekitar pantai juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah, tidak ada biaya tambakan yang dibebankan kepada mereka.

Penginapan di Pantai Balekambang

Apabila tidak membawa peralatan kemah, para pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas penginapan yang telah tersedia di sekitar Pantai Balekambang. Salah satunya adalah Villa Wisma Berbunga, Dhilpratis, hingga Wibisono, yang bisa disewa dengan tarif mulai dari dari 150 ribu per malam, tergantung fasilitas yang ditawarkan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Umum

Sumber: Instagram @kelluynafzi_

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Balekambang, para pengunjung hanya dipungut biaya tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah per orang, ditambah 10 ribu rupiah untuk biaya parkir kendaraan roda empat dan 5 ribu rupiah untuk roda dua. Di sekitar Pantai Balekambang, para pengunjung bisa dengan mudah menemukan toilet, kamar bilas, tempat ibadah, kios penjual makanan dan minuman, hingga kios-kios yang menjual aneka souvenir khas Malang.

Bagaimana, apakah kamu sudah berencana untuk berlibur di Pantai Balekambang? Oh ya, ganasnya ombak di pantai selatan membuat para pengunjung dilarang berenang di sekitar Pantai Balekambang demi keselamatan.