in

Jatim Park 2 Malang, Wisata Ramah Keluarga di Batu

Sumber: ngalam.co

Berkunjung ke Malang belum lengkap kalau tak mencoba berekreasi. Selain memiliki banyak pemandangan alam yang menawan, Malang juga memiliki sederet tempat rekreasi buatan yang menarik, salah satunya adalah Jatim Park 2.

Lokasi Jatim Park 2

Jatim Park 2 berada di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya tidak jauh dari Jatim Park 1, yang disebut-sebut sebagai pionir wisata modern di Malang, hanya berjarak sekitar 2 km. Lokasinya yang berada tak jauh dari pusat Kota Batu, membuat Jatim Park 2 mudah diakses dari berbagai penjuru.

Sumber: hargatiketmasuk.info

Bagi wisatawan luar daerah, mereka bisa menuju ke Jatim Park 2 dengan menggunakan kendaraan umum. Ambil contoh dari Surabaya, mereka bisa menggunakan bus dari Terminal Purabaya menuju ke Terminal Arjosari, Malang. Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot berkode AL atau ADL menuju ke Terminal Landungsari, dan dari sana wisatawan masih harus melanjutkan perjalanan dengan angkot berkode BJL menuju ke Kota Batu, sebelum akhirnya turun di depan lokasi wisata Jatim Park 2.

Bisa juga menggunakan kereta api, dan turun di Stasiun Malang Kotabaru. Transportasi selanjutnya sama seperti ketika menggunakan bus umum, yaitu angkot AL atau ADL dan dilanjutkan dengan angkot berkode BJL.

Harga Tiket Masuk Jatim Park 2

Sumber: www.hargatiket.net

Sesampainya di lokasi, para pengunjung harus membayar tiket masuk dengan harga yang bervariasi. Saat hari kerja, para pengunjung hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 100 ribu rupiah per orang, dan naik menjadi 130 ribu rupiah di hari libur atau weekend. Bisa juga membeli tiket terusan seharga 120 ribu rupiah di hari kerja dan 160 ribu rupiah di hari libur. Dengan tiket terusan tersebut, para pengunjung juga bisa berwisata di Eco Greenpark, yang lokasinya masih satu kompleks dengan Jatim Park 2.

3 Zona di Jatim Park 2

Sumber: Instagram @picoh_rayhan

Sama seperti di Jatim Park 1, luasnya area dan banyaknya wahana di Jatim Park 2 membuat pihak pengelola membaginya ke dalam 3 zona, yaitu zona Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park.

Sumber: trivindo.com

Pertama zona Batu Secreet Zoo. Seperti namanya, zona ini adalah sebuah kebun binatang dengan luas area sekitar 15 hektar, yang kemudian dibagi ke dalam 6 kategori. Mulai dari area reptil, area pasar Afrika, area savana, area aquarium, area fantasy land and adventure land, dan area tiger land.

Sumber: nativeindonesia.com

Berlanjut ke Museum Satwa, di sini para pengunjung bisa melihat berbagai binatang yang sudah punah dari bumi, seperti dinosaurus lengkap dengan fosilnya. Ada juga binatang-binatang langka yang telah mati dan kemudian diawetkan sebagai koleksi. Di Museum Satwa juga terdapat koleksi sekitar 5000 serangga yang didatangkan dari berbagai penjuru dunia.

Sumber: Eco Green Park

Yang terakhir adalah Zona Eco Green Park, yang mana para pengunjung bisa berekreasi sambil belajar. Terdapat berbagai bidang edukasi di Zona Eco Green Park, mulai dari bidang pengetahuan alam, lingkungan, dan yang lainnya, yang di sajikan dengan cara menarik melalui 35 wahana wisata.

Wahana Favorit di Jatim Park 2

Sumber: Instagram @kucinghijrah

Dari sekian banyak wahana yang ada di Jatim Park 2, ada beberapa wahana yang menjadi favorit para pengunjung, seperti aquarium, river adventure, dan galeri fosil. Wahana aquarium sendiri dibangun di bawah tanah dan berada di zona Batu Secret Zoo. Seperti Sea World, di sini para pengunjung bisa melihat berbagai koleksi hewan air, entah itu air tawar atau air laut. Koleksi yang cukup unik dan lucu di wahana aquarium adalah Axlotl, sejenis salamander asal Meksiko. Masih di Secret Zoo, kali ini di river adventure, yakni sebuah wahana yang mengajak para pengunjung untuk menyusuri sungai dengan perahu kecil, yang dikelilingi oleh hewan-hewan langka di sekitar sungai. Selain itu, para pengunjung juga akan disuguhi replika dari megahnya bahtera Nabi Nuh.

Sumber: hotelpohoninn.com

Selanjutnya adalah Galeri Fosil, yang terdapat di zona Museum. Di sana para pengunjung bisa melihat berbagai fosil binatang masa prasejarah yang pernah menguasai bumi, seperti dinosaurus. Besarnya ukuran hewan-hewan prasejarah yang telah punah jutaan tahun lalu menjadi daya tarik sendiri bagi para pengunjung.