in

Pantai Pulau Merah, Gambaran Eksotisme di Ujung Timur Pulau Jawa

Sumber: Instagram

Banyuwangi tak pernah kehabisan cara untuk memberikan cerita indah kepada siapa pun yang datang menyambanginya. Hamparan alam yang menawan, kebudayaan lokal yang masih lestari, hingga keramah-tamahan penduduknya menjadi alasannya. Alam Banyuwangi tak pernah ragu menunjukkan pesonanya, mulai dari air terjun yang memberikan pesan damai, pegunungan yang tinggi kokoh menjulang, hingga pantai-pantainya yang menggambarkan keeksotisan.

Banyuwangi memang memiliki sederet pantai eksotis, karena kabupaten yang dijuluki Sunrise of Java tersebut berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Pantai dengan pasir putih, lautan biru, dan ombak yang besar adalah ciri khas dari pesisir selatan Banyuwangi. Dari sekian banyak pantai, salah satu yang terkenal di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah. Ya, begitulah pantai ini disapa.

Asal Usul Nama Pantai Pulau Merah

Sumber: yukbanyuwangi.co.id

Pantai Pulau Merah adalah sebuah pantai berpasir putih lembut, yang berbatasan dengan laut yang berwarna kebiruan. Dinamakan demikian, karena sekitar 200 meter dari bibir pantai terdapat sebuah pulau kecil yang menyerupai bukit, dan tersusun dari tanah merah. Apabila dilihat dari kejauhan, pulau tersebut terlihat berwarna kemerahan, sehingga masyarakat setempat menyebutnya sebagai Pantai Pulau Merah. Apabila laut sedang surut, para pengunjung bisa dengan leluasa menuju ke pulau tersebut. Akan tetapi ketika pasang, Pulau Merah akan menjadi daratan yang terpisah dari bibir pantai.

Pura di Pantai Pulau Merah

Sumber: bimashindujatim.blogspot.com

Tidak jauh dari Pantai Pulau Merah juga terdapat bangunan suci umat Hindu, yaitu pura. Biasanya pura tersebut digunakan oleh masyarakat sekitar untuk melangsungkan upacara keagamaan Mekiyis, dan pada hari-hari tertentu juga masih digunakan sebagai tempat ibadah sebagai mana mestinya.

Sunset Cantik dan Surfing

Sumber: Instagram @nqproject

Alam Banyuwangi sungguh menawan, tak terkecuali di Pantai Pulau Merah. Pemandangan eksotis pantai seakan belum cukup, karena di sana sunset terlihat lebih romantis dengan menebar cahaya kemerahan yang merona. Beberapa pengunjung pantai bahkan ada yang sengaja datang di sore hari, demi menikmati suasana senja yang romantis di Pantai Pulau Merah.

Ombak di sekitar Pantai Pulau Merah yang cukup tinggi terkadang juga dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk bermain papan selancar, atau istilahnya surfing. Biasanya ombak di Pantai Pulau Merah memiliki ketinggian sekitar 2 hingga 4 meter, masih kalah dibandingkan dengan Pantai Plengkung dengan ketinggian ombak hingga 6 meter. Namun hal itu justru dimanfaatkan olah para peselancar pemula untuk belajar berbagai teknik dasar.

Sumber: Instagram @lostpacker

Bagi kamu yang tidak membawa papan selancar tak perlu khawatir, karena di sekitar lokasi telah terdapat berbagai penyewaan papan selancar dengan harga sekitar 50 ribu rupiah. Untuk keamanannya, Pantai Pulau Merah telah dilengkapi oleh penjaga pantai yang selalu memantau aktifitas pengunjung dari tower setinggi 5 meter, yang lokasinya tak jauh dari bibir pantai. Apabila tidak ingin basah-basahan, kamu juga bisa menyewa kursi pantai, dengan biaya sebesar 25 ribu rupiah per satu jam. Bagaimana, apakah kamu tertarik?

Rute Menuju ke Lokasi

Sumber: katalogwisata.com

Secara administratif, Pantai Pulau Merah berlokasi di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jaraknya cukup jauh dari pusat Kota Banyuwangi, kira-kira sekitar 75 km ke arah utara dengan waktu tempuh kurang lebih selama 2 jam perjalanan. Aksesnya sudah cukup memadai, yang mana jalanan sudah teraspal dengan mulus dan cukup lebar, bisa dilewati oleh kendaraan roda dua bahkan empat. Namun, yang sangat disayangkan adalah sampai saat ini tidak ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan wisatawan menuju ke lokasi Pantai Pulau Merah. Sehingga satu-satunya cara bagi traveler luar kota, untuk menuju ke sana adalah dengan menggunakan kendaraan sewa atau mengikuti open trip, yang kini mulai marak di tengah generasi milenial.

Harga Tiket Masuk

Para wisatawan yang berniat menikmati pemandangan Pantai Pulau Murah akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 8 ribu rupiah per orang, ditambah biaya parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat dan 2 ribu rupiah untuk roda dua. Harga yang cukup murah bukan? Jadi tunggu apa lagi, segera luangkan waktumu, dan persiapkan liburanmu di Pantai Pulau Merah, gambaran eksotisme di ujung timur Pulau Jawa.